DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 10 Jam 8 Menit 3 Detik 

Belajar Python Gratis dari Dasar Bersama DQLab, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 07-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/da53b45a74b640ba65f3dffacbdaf96e_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang powerfull bagi para programmer yang digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk pengembangan website, Internet of Things, game hingga data science. Itu alasan yang mendasari mengapa python memiliki penggemar fanatik. Penulisan sintaks yang lebih ringkas dan singkat juga menjadi faktor lain mengapa kamu harus belajar python terutama ketika kamu ingin mulai berkarir sebagai seorang data scientist.


Lantas, kamu bertanya “Saya masih pemula, dan pengalaman ngoding saya menggunakan python sebatas ‘Hello World’ saja. Bingung harus mulai belajar python dari mana?” Jangan khawatir, selagi ada kemauan pasti ada jalan sobat data. Karena saat ini kamu berada di artikel yang tepat untuk kamu yang ingin belajar python gratis pula.


Untuk memulai mempelajari segala sesuatu adalah dari fundamental atau konsep dasarnya, begitu pula jika kamu ingin belajar python. Dalam artikel ini kamu akan mendapatkan pemahaman konseptual tentang dasar-dasar pemrograman python, seperti penulisan variabel dalam python, operator dalam python, percabangan dan perulangan, serta modul dan package. Jadi, persiapkan cemilan dan juga IDE python atau Text editor favorit kamu ya!


1. Pendeklarasian Variabel dalam Python

Suatu bahasa pemrograman juga memiliki wadah sebagai tempat menyimpan value data mereka. Nah, variabel adalah wadah untuk menyimpan value data tersebut. Sebenarnya, karena kesederhanaan python pendeklarasian variabel tidak terlalu diperlukan. Tetapi, jika kamu membuat proyek yang besar maka variabel akan sangat diperlukan sehingga source code kamu lebih rapi. Pendeklarasian variabel untuk setiap bahasa pemrograman memiliki aturan yang berbeda-beda. Seperti dalam python ada do’s and don’ts dalam pendeklarasian variabel, antara lain sebagai berikut:


python


Baca juga : Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Operator Bahasa Pemrograman Python

Dalam pembuatan proyek menggunakan bahasa pemrograman tertentu terkadang kamu juga akan membutuhkan operator tertentu. Tapi, apakah operator itu? Dalam bahasa pemrograman, operator artinya simbol-simbol yang digunakan untuk melakukan operasi tertentu dan cenderung lebih sering digunakan dalam fungsi matematika.

Adapun operator dalam bahasa pemrograman python antara lain: operator aritmatika untuk menghitung operasi matematika, operator perbandingan untuk membandingkan antara dua nilai yang dioperasikan oleh operator, operator penugasan untuk memberikan tugas terhadap nilai variabel, operator logika yang digunakan untuk mengembalikan nilai dengan tipe data yang sama yaitu boolean, operator keanggotaan yang terdiri dari dua jenis yaitu in dan not in, serta operator identitas.


python


3. Percabangan dan Perulangan

Python memiliki tipe data boolean yang isinya true atau false dan tadi juga sudah sempat disebutkan ada yang namanya operator logika. Nah, untuk mengkombinasikan variabel bertipe data boolean dan operator logika diperlukan kondisi percabangan. Beberapa percabangan yang bisa digunakan dalam python antara lain pengkondisian if, pengkondisian if else, dan pengkondisian if elif else. Adapun penulisan sintaks untuk percabangan:


python


Selain percabangan kamu juga akan memerlukan loop control atau kondisi perulangan guna melakukan serangkaian aksi, selama suatu kondisi yang telah ditetapkan bernilai benar. Dalam python terdapat dua jenis perulangan yaitu, perulangan for, dan perulangan while.


python


python


4. Modul dan Package

Sederhananya modul dalam python adalah suatu file yang berisi skrip python dan memiliki ekstensi .py. Sementara package atau paket dalam python adalah metode atau cara yang digunakan untuk mengelola dan mengorganisir modul-modul python dalam bentuk direktori, yang memungkinkan modul tersebut dapat diakses menggunakan “namespace” dan dot lokasi. Untuk dapat menggunakan package kamu perlu mengimport package tersebut seperti pada gambar dibawah ini:


python


Baca juga : Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


5. Belajar Python Lebih Terstruktur dengan Modul DQLab yang Interaktif, Yuk!

Dengan modul dan materi yang update, belajar python menggunakan bahasa menjadi lebih mudah dan terstruktur bersama DQLab. Karena terdiri dari modul-modul up-to-date dan sesuai dengan penerapan industri yang disusun oleh mentor-mentor berpengalaman dibidangnya dari berbagai unicorn, dan perusahaan besar seperti Tokopedia, DANA, Jabar Digital dan masih banyak lagi.


Yuk, belajar terstruktur dan lebih interaktif cukup dengan Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!