GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 7 Jam 47 Menit 29 Detik 

Persiapkan Diri, Belajar Python dengan Modul Gratis DQLab

Belajar Data Science di Rumah 13-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2c4cb818966362e91021774373f07ac5_x_Thumbnail800.jpg

Data Science merupakan salah satu ilmu yang sedang naik daun. Populernya bidang ini sejalan dengan meningkatnya kebutuhan Data Scientist untuk mengolah Big Data yang dibutuhkan hampir semua lini industri. Perannya yang penting dalam menganalisa data dengan skala yang besar, menuntut Data Scientist untuk dapat menghasilkan insight yang menarik bagi perusahaan. 


Berkenalan dengan Data Science tentu tidak awam dengan bahasa pemrograman Python. Kemampuan dalam mengolah data tentu menjadi kunci utama bagi kamu yang ingin berkarir sebagai praktisi data. 


Sebagai platform edukasi Data Science, DQLab menghadirkan modul-modul yang bisa kamu pelajari dan bersifat GRATIS untuk meningkatkan kompetensi Python-mu. Python merupakan salah bahasa pemrograman yang cocok bagi kamu yang baru mempelajari pengolahan data. Untuk menghasilkan insight yang baik tersebut tentu membutuhkan pemahaman dalam penggunaan bahasa pemrograman.


Dengan mempelajari modul ini, kamu akan memahami dunia Data Science dan juga akan memahami bahasa Python, bahasa yang digunakan secara luas di dunia Data Science. Jadi, bagi pemula bisa belajar data secara bertahap sehingga pemahamannya akan lebih baik.


Salah satu modul gratis yang diberikan oleh DQLab adalah Introduction to Data Science yang terbagi atas dua kelas gratis lainnya yaitu yang menggunakan bahasa pemrograman R dan Python. Namun kali ini DQLab akan membedah khusus modul Introduction to Data Science with Python untuk kamu! Pastikan simak baik-baik dan keep scrolling on this article guys!


1. Modul Gratis Bahasa Pemrograman Python

python

Module ini akan memperkenalkan bahasa pemrograman Python sebagai salah satu bahasa pemrograman yang digunakan secara luas dalam ranah Data Science. Sama halnya dengan R, Python juga masuk ke dalam bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh praktisi data. Bahasa pemrograman yang satu ini bersifat multipurpose sehingga bisa digunakan untuk banyak project, tidak hanya Data Science. Python memiliki berbagai library powerfull yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan. 


Selain itu, bahasa pemrograman Python juga bersifat open source sehingga bisa digunakan untuk tujuan komersial maupun non komersial. Jika kamu belum pernah menggunakan Python, jangan khawatir karena DQLab memiliki free modul yang bisa kita akses sebelum belajar Python lebih jauh.


Untuk menggunakan Python, kita harus memahami bagaimana cara atau kaidah dalam menulis script code Python. Cara dan aturan penulisannya sedikit berbeda dengan script code pada R. library yang digunakan pun berbeda-beda walaupun tujuan akhirnya sama. Agar kita terbiasa menulis script code python, kita bisa mulai belajar dengan modul gratis dari DQLab ini. 


Baca juga: Tutorial Menggunakan Fungsi Array Python, Ilmu Dasar Bagi Pemula


2. Latihan Tanpa Ribet dengan Live Code Editor

python

Salah satu keunggulan yang disediakan oleh kursus Data Science DQLab adalah metode pembelajaran menggunakan live code editor. Pasti bagi kalian penasaran dengan apa itu live code editor? Dengan fitur live code editor yang disediakan DQLab kamu bisa mulai belajar Data Science tanpa perlu menginstal software terlebih dahulu. 


Selain itu, dengan fitur yang satu ini kamu dapat dengan mudah langsung mempraktekan kode yang dipelajari, langsung pada browser yang digunakan. Bisa dibilang metode ini simulasi saat kamu memasukkan berbagai kode atau sintaks pada bahasa pemrograman.


Jangan khawatir bagi kamu sahabat data pemula, fitur yang dimiliki DQLab ini, terbilang mudah dipahami dan dipraktekkan. Sangat simple dan anti ribet karena live code editor akan langsung terkoneksi dengan dataset yang akan kamu gunakan untuk dianalisis. 


3. Membedah Modul Introduction to Data Science with Python

Modul Introduction to Data Science with Python ini bisa dibilang sangat bersahabat untuk dipelajari oleh pemula. Kamu akan menerima materi-materi fundamental bahkan sebelum mulai ngoding kamu juga akan dikenalkan tentang bahasa pemrograman Python.


Pada chapter pertama, kamu akan mengenal metode belajar dengan Live Code Editor dan dasar-dasar pemrograman Python. Mulai dari list library pada Python, struktur bahasa Python hingga penggunaan variables dan comments dalam Python. 

python

Adapun list library yang disediakan pada Python yaitu pandas, numpy, scipy, matplotlib, seaborn dan scikit-learn. Masih banyak library lainnya yang memiliki kemampuan yang sama atau lebih dari yang telah dijelaskan. Tetapi list library ini adalah library dasar yang wajib dikuasai oleh pemula dalam Data Science sebelum menggunakan library lainnya.


Sedangkan, pada chapter kedua modul ini lebih banyak membahas tentang tipe data pada Python dan menerapkan teknik memanggil library pada Python.


Setelah belajar tipe data Python, di chapter ini kamu juga akan belajar cara menggunakan library Python. Sebelum library Python dapat diakses, kamu harus mengimport library-nya dulu. Ada dua cara untuk mengimport library yaitu menggunakan perintah import nama_library atau import nama_library as alias.

python


4. Sertifikat Gratis DQLab Sebagai Portofolio yang Menjual

python

Setiap penyelesaian modul di DQLab kamu akan mendapatkan sertifikat completion secara gratis. Sertifikat ini sebagai pencapaian bahwa kamu telah berhasil menyelesaikan modul dan memahami kompetensi tersebut. Sertifikat DQLab yang kamu peroleh bisa diunggah di media sosial seperti LinkedIn atau Instagram untuk menarik perhatian recruiter. Apalagi jika kamu memang ingin berkarir di bidang data. Sertifikat bisa juga kamu unggah bersamaan dengan penjabaran hasil pembelajaranmu berdasarkan module terkait. 


Sertifikat-sertifikat yang kamu dapatkan memang tidak menjamin kamu akan diterima bekerja sebagai praktisi data, namun ini menjadi nilai tambah dirimu dari sisi recruiter karena kamu antusias mempelajari ilmu data dan terus upgrade skill di bidang data. 


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


Bagaimana apakah sudah terbayang mau mulai belajar Data Science mulai dari mana?


Materi yang tersedia di DQLab sangat terstruktur mulai dari yang paling dasar hingga tingkat lanjut. Dengan konsep belajar self-paced learning kamu dapat menyesuaikan kebutuhan belajarmu dan bisa akses modulenya dimanapun kapanpun.


Praktek belajar di DQLab menggunakan Live Code Editor lho, jadi Sahabat DQ tidak perlu repot lagi untuk instalasi software tambahan. Untuk lebih memudahkan dan memahaminya, yuk langsung saja Sign Up di DQLab.id dan nikmati modul gratis dari DQLab!


Penulis : Salsabila MR

Editor : Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :