[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 55 Menit 45 Detik 

Belajar Otodidak Pemrograman Python Pemula, Mulai dari Dasar

Belajar Data Science di Rumah 29-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a2285592b276263e32cab4a8591c5ba2_x_Thumbnail800.jpg

Sudah lama ingin belajar Python secata otodidak, tapi masih ragu harus mulai dari mana? Udah googling berhari-hari, namun karena terlalu banyaknya informasi justru membuat kamu semakin bingung? Belajar Pemrograman Python secara otodidak alias non formal adalah belajar yang tidak ada aturan tertentu. Jadi tidak ada urutan pasti mana yang harus kita pelajari terlebih dahulu. Dan ini menjadi tantangan bagi kamu yang ingin memulai belajar secara otodidak.


Dengan munculnya kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligence), Python mulai tumbuh dan berkembang dengan pesat. Python adalah bahasa pemrograman umum untuk pengembangan web dan bahasa pendukung untuk pengembang perangkat lunak. Python dapat digunakan secara luas dalam komputasi ilmiah, pengolahan data hingga Machine Learning.


Berbicara tentang kemudahan belajar, sebenarnya dibandingkan dengan kebanyakan bahasa pemrograman lainnya, Python lebih mudah dipelajari. Tata bahasanya yang jelas dan tidak banyak konsep yang rumit, sehingga Python cocok untuk dipelajari oleh pemula. Oleh karena itu, DQLab merupakan tempat yang tepat untuk kita bisa belajar Python bersama. Bagi kamu yang masih bingung harus memulai dari mana, jangan khawatir! DQLab akan berbagi pengetahuan dasar tentang Bahasa Pemrograman Python yang wajib kamu tahu sebelum mulai belajar menggunakan coding Python!


1. Pengertian Python

Python adalah salah satu bahasa pemrograman paling serba guna dan paling banyak digunakan di dunia. Bahasa ini sangatlah populer di kalangan pemula di bidang pemrograman. Python juga memberikan pengguna kemungkinan untuk mencoba bidang coding mana pun yang diinginkan. Guido van Rossum adalah sosok di balik bahasa pemrograman Python. Bahasa pemrograman ciptaan Rossum ini sering dipakai dalam pembuatan berbagai jenis program. Diantaranya seperti program GUI (desktop), aplikasi mobile, internet of things (IoT), web, game, dan program untuk hacking.

Jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain, berikut keunggulan dari bahasa pemrograman Python:

  • Python memiliki sintaksis yang sederhana dan lebih mirip dengan Bahasa Inggris.

  • Python dapat berjalan di berbagai macam sistem operasi.

  • Python berjalan di dalam sistem interpreter, artinya bahasa baris kode bahasa pemrograman ini akan segera dieksekusi setelah ditulis.

  • Python dapat diperlakukan dengan cara prosedural, cara berorientasi objek atau cara fungsional.

  • Python memiliki sintaks yang memungkinkan pengembang untuk menulis program dengan ringkas daripada bahasa pemrograman lain.


Baca juga: Belajar Coding Python : Pemula, Yuk Kenali Macam Librarynya


2. Persiapan Belajar Python

Sebelum memulai ke tahap download dan instalasi Python, berikut beberapa tools yang harus dipersiapkan untuk belajar Pemrograman Python. Tools ini diwajibkan ada untuk bisa mempraktekkan kemampuan dalam menggunakan Bahasa Pemrograman Python.

  • Python: Interpreted Bahasa Python yang menerjemahkan bahasa Python ke bahasa mesin dengan mengeksekusi baris per baris kode sehingga program bisa dijalankan. Kamu bisa mendapatkannya dengan download dari website resmi Python yaitu python.org. Selanjutnya klik menu download seperti di bawah ini.

Python

Disana akan muncul pilihan sistem operasi yaitu Windows, MacOS, Linux/UNIX, dan platform lainnya. Pilihlah sesuai sistem operasi yang terpasang di komputer atau laptop. Misalnya kita akan download untuk Windows. Maka akan muncul beberapa versi yang bisa kita download. Disarankan bagi kamu untuk mendownload versi paling terbaru.

  • Teks Editor/IDE: Program yang digunakan untuk menulis kode program Bahasa Python, seperti Pycharm, Spyder, Anaconda dan lain-lain. Pada materi ini kita akan menggunakan Anaconda sebagai IDE untuk penulisan Bahasa Python.


3. Cara Menggunakan Python

Pengujian Bahasa Pemrograman Python dengan CMD

Setelah menginstall Python pada windows maupun OS lainnya. Selanjutnya, kita akan melakukan uji coba menggunakan CMD dengan cara klik windows+R kemudian ketik cmd lalu enter atau klik OK. Coba jalankan perintah di CMD seperti berikut:

python –version

Python  

Pengujian Bahasa Pemrograman Python dengan Python Shell

Alternatif lainnya selain menggunakan CMD, kamu juga bisa menggunakan Python Shell yang sudah otomatis terinstall saat selesai melakukan instalasi aplikasi Python. Proses uji coba dengan Python Shell juga sama langkah-langkahnya dengan CMD. 

  • Pertama-tama cari dan buka Python Shell, jika pada windows, ketika perintah ‘python shell’ pada fitur windows search.

  • Setelah ketemu, klik kanan pada Python Shell, lalu run as administrator.

  • Jika command sudah terbuka, selanjutnya inputkan perintah Python untuk mengecek versi Python. Lalu ketik perintah print(“Hello World!”) sebagai uji coba. 


4. Contoh Program Sederhana Python

Sesudah memastikan Python telah terinstall dengan baik di perangkat. Langkah selanjutnya adalah melakukan percobaan beberapa eksekusi program Python. Mari kita coba membuat program sederhana dengan Python. Bagi yang pernah belajar pemrograman pada awalnya akan diajari membuat program menentukan bilangan ganjil genap. Untuk itu kamu bisa menuliskan perintah di Python seperti dibawah ini:

Python

Selanjutnya output yang akan muncul adalah tulisan “Masukkan bilangan: “, selanjutnya masukkan angka yang ingin kamu periksa apakah termasuk bilangan genap atau ganjil. Contoh jika memasukkan angka 10 maka outputnya seperti berikut:

Python

 

Kemudian coba lagi untuk memasukkan angka 7, maka akan menghasilkan output seperti berikut:

Python


Baca juga:  Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Belajar Menggunakan Python di Dunia Industri

Salah satu kegunaan Python adalah untuk Data Science. Ada berbagai library yang bisa digunakan untuk Data Science. Karena banyaknya library tersebut, kita perlu banyak berlatih agar dapat mengingat penggunaan setiap library dengan baik. Yuk belajar menggunakan Python bersama DQLab! DQLab memiliki berbagai modul mulai dari basic hingga penerapan Python dan Data Science di berbagai bidang industri. Klik button di bawah ini untuk signup atau kunjungi DQLab.id dan nikmati modul gratis DQLab “Introduce to Data Science” sebelum belajar bahasa pemrograman Python lebih lanjut.

 

Penulis : Salsabila MR

Editor : Annisa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!