FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 59 Menit 43 Detik 

Modifikasi Array Python Simpel, Pemula Wajib Tahu

Belajar Data Science di Rumah 24-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ded17afb3ae18edeb30242e6dca41a2d_x_Thumbnail800.jpg

Array didefinisikan sebagai kumpulan item yang diurutkan pada lokasi yang berdekatan. Array bisa diilustrasikan seperti wadah yang menampung beberapa jenis item yang serupa, yang bisa digunakan untuk membuat perhitungan menjadi mudah dan lebih cepat. Kombinasi array dapat membantu mengurangi ukuran keseluruhan program. Misalnya, kita memiliki list item yang disimpan dalam beberapa variabel, seperti 

  • Hewan1 = “Anjing”

  • Hewan2 = “Harimau”

  • Hewan3 = “Singa”

  • Hewan4 = “Gajah”


Dari list hewan di atas, kita dapat menggabungkan semua item dalam satu variabel dalam bentuk array. Di python, array dapat olah dengan modul python yang disebut "array" yang berguna jika kita ingin memanipulasi satu jenis nilai data.


Ada dua istilah penting yang dapat membantu kita dalam memahami konsep array. Pertama adalah elemen yang didefinisikan sebagai setiap item yang disimpan dalam array. Kedua adalah indeks yang didefinisikan sebagai lokasi setiap elemen yang ditentukan oleh nilai numerik. Setiap elemen dalam array memiliki nilai indeks yang dapat diidentifikasi. 


Array python ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan dengan fungsi tertentu. Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa cara untuk memodifikasi array python dengan code sederhana dan mudah dipelajari.


1. Membuat Array Python

Pada Python, array dapat dibuat dengan mengimpor modul array. Kita dapat membuat array menggunakan array.array(). Namun cara ini cukup panjang dan harus dilakukan secara berulang. Oleh karena itu, kita bisa mengimport array dan mendefinisikan aliasnya, misalnya seperti array as arr. Alias ​​ini bisa diubah sesuai preferensi kita. Di bawah ini merupakan tabel tipe array yang perlu kita definisikan ketika membuat array pada python.

python


Baca juga: Coding Python Simpel untuk Operasi Matematika


2. Contoh Membuat Array Python

Secara umum, array python ditulis sebagai variable_name = array(typecode, [value_list]). Contoh di bawah ini kita akan membuat array dengan jenis data integer sehingga kita menggunakan type code ‘i’.

python


3. Mengakses Elemen Array Python

Kita dapat mengakses elemen Array dengan menggunakan index. Hal yang perlu diingat adalah indeks selalu bilangan bulat. Secara umum, untuk melihat elemen array pada python kita bisa menuliskan kode berikut variable_name [index_number]. Biasanya index array dimulai dengan angka nol.


Misalnya, kita ingin melihat elemen array ke 4 sehingga index arraynya adalah 3. Agar lebih mudah dipahami, yuk perhatikan contoh di bawah ini.

python


4. Mengubah Elemen Array

Jika kita ingin mengubah satu elemen dalam array, kita dapat mengubahnya dengan menggunakan indeksnya. Misalnya kita ingin mengubah elemen ke 1 dan ke 3 pada contoh poin 3 dengan angka 25 dan 45, maka kita bisa menuliskan kode pythonnya sebagai berikut.

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


Setelah mengetahui cara memodifikasi array dengan mudah, sekarang waktunya kamu untuk praktik langsung menggunakaan array python tanpa install python.


Yuk akses modul DQLab dan eksplor cara menggunakan array python! Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE MODUL ‘Introduction to Data Science Using Python’ sebagai perkenalan menggunakan environment live code editor DQLab yang mirip dengan bahasa pemrograman Python.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :