TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 17 Jam 41 Menit 21 Detik 

Yuk, Kenali Empat Library Python Terpopuler 2022

Belajar Data Science di Rumah 04-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a8a161e8b9602ceacec1a045dd07e785_x_Thumbnail800.jpg

Seseorang yang berprofesi sebagai praktisi data baik seorang data analyst, data scientist, ataupun data engineer menggunakan bahasa pemrograman dalam menyelesaikan tugasnya. Salah satu bahasa pemrograman yang digunakan adalah python. Seseorang yang mengenali python dan fungsinya akan menemukan beberapa kelebihan seperti mudah dipelajari, bahasanya yang sederhana, dan memiliki banyak library. Library dalam python berisikan sekumpulan kode yang dapat digunakan berulang kali dalam program yang berbeda.


Library dalam python akan sangat membantu programmer dalam menyelesaikan permasalahan data. Selain lebih mengefisienkan waktu, penggunaan library pun dapat meminimalisir error atau kesalahan dalam proses coding. Python dikenal dengan library nya yang sangat banyak dan dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti penggunaan machine learning, visualisasi data, memanipulasi data, dan masih banyak lagi. Kira-kira apa saja ya library python yang populer digunakan? Yuk, simak di artikel berikut ini!


1. NumPy

NumPy, atau singkatan dari Numerical Python, merupakan salah satu library dalam Python yang dapat digunakan untuk banyak kasus dalam data science. Library ini dapat digunakan secara gratis. NumPy biasanya digunakan untuk menghitung operasi matematika pada array. Adapun cara mengimport library ini adalah dengan mengetikkan import numpy as np. NumPy dapat digunakan untuk membuat vektor, matriks, memilih elemen,mencari nilai maksimum dan minimum, menghitung nilai rata-rata, varian dan standar deviasi  serta dapat melakukan transpose dan menghitung determinan.

python


Baca juga: Yuk Coba Coding Variabel dan Tipe Data dalam Python


2. Pandas

Library python lain yang populer dan sering digunakan adalah Pandas. Pandas merupakan library dalam python yang bersifat open source yang dapat digunakan untuk membuat tabel, mengubah dimensi data, mengecek data, manipulasi data, pembersihan data dan lainnya. Struktur data dasar pada Pandas dinamakan Data Frame. Library ini menyediakan struktur data tingkat tinggi yang bersifat fleksibel dan mendukung berbagai jenis operasi seperti penyortiran, penggabungan, konversi data, dan lain-lain.

python


3. Matplotlib

Ketika menganalisis data, kita akan memerlukan proses visualisasi data. Dalam Python terdapat beberapa library untuk memudahkan proses visualisasi data, salah satunya ada;ah library matplotlib. Library matplotlib dapat digunakan untuk membuat plot grafik satu sumbu atau lebih. Selain itu, pengguna dapat mengkustomisasi grafik pada matplotlib untuk menyesuaikan kebutuhan dan keinginan data. Pada library matplotlib ini memiliki sejumlah colormaps bawaan yang dapat diakses melalui matplotlib.cm.get.cmap.

python


4. TensorFlow

Bahasa pemrograman python seringkali digunakan untuk menyelesaikan permasalahan data dengan menggunakan algoritma machine learning. Salah satu library python yang dapat digunakan untuk machine learning adalah TensorFlow. Library ini dapat digunakan untuk membuat model deep learning. TensorFlow memberikan kemudahan bagi para pengguna karena bekerja secara efisien dan melibatkan array multidimensi. Bahkan TensorFlow pun dapat digunakan pada software lain selain python seperti R, C++, Golang, dan Javascript.


Baca juga:  Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Mulai Belajar Dasar Python di DQLab!

Bahasa python merupakan salah satu bahasa dasar yang digunakan oleh para data scientist. Siapapun bisa mulai belajar data science menggunakan python bahkan belajar dari dasar-dasarnya.


DQLab menyediakan materi berupa modul yang dapat diakses secara gratis maupun berbayar. DQLab pun dapat dipelajari secara live code sehingga peserta tidak perlu menginstal software secara terpisah. 


Menarik bukan? Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab secara praktis & aplikatif. 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!