[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 46 Menit 17 Detik 

Tutorial Belajar Python pada Module Gratis dan Premium DQLab

Belajar Data Science di Rumah 09-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/67c6b884c86632fd3f388471377c8e83_x_Thumbnail800.jpg

Belajar Python gratis, siapa yang tidak tertarik? Bahasa pemrograman ini terbilang cukup banyak dibahas di berbagai platform media sosial. Python sebelumnya biasa digunakan developer untuk mengembangkan berbagai program baik yang berbasis web hingga mobile. Namun tidak hanya itu, Python juga populer digunakan untuk Data Science. Yap, ilmu Data Science yang sedang naik daun ini merupakan ilmu yang dibangun dengan tujuan mempermudah proses pengolahan data. Proses ini menggunakan metode-metode tertentu agar menghasilkan informasi yang berguna dan dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan.


Belajar Python secara otodidak bukanlah hal yang mustahil. Apalagi di zaman serba digital seperti sekarang, dimana teknologi sudah berkembang sangat pesat, waktu dan tempat tidak lagi menjadi hambatan untuk belajar sesuatu. Belajar Python dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Hanya dengan modal internet dan laptop atau komputer, kita sudah bisa belajar apapun mengenai Python. Bahkan kita bisa belajar mengaplikasikan Python secara langsung dari rumah. 


Salah satu kursus Data Science Online yang sangat direkomendasikan untuk belajar Python adalah DQLab. Paket kursus serta modul yang ditawarkan oleh DQLab bervariasi mulai dari gratis hingga berbayar maupun paket platinum. Materi kursus yang diajarkan disesuaikan dengan kebutuhan industri dan praktisi data di antaranya meliputi tiga bahasa pemrograman seperti R, Python, dan SQL. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencoba modul platinum seperti Excel dan Digital Marketing. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara yang efektif untuk memulai belajar bahasa Python.


Artikel ini tentunya dapat menjawab rasa penasaran khususnya bagi kamu yang baru akan memulai belajar Data Science. Selamat belajar dan jangan lupa untuk diterapkan, ya!


1. Belajar Python dengan Kursus Online DQLab

Mengawali belajar Python dari konsep merupakan langkah yang sangat tepat dan cerdas. Ibarat ingin membangun sebuah rumah maka dibutuhkan pondasi yang kokoh, sama halnya dengan mempelajari Data Science. Seperti yang sudah kita paparkan sebelumnya, bahwa bahasa pemrograman Python merupakan bahasa komputer yang hampir sama dengan R yang dirancang sebagai bahasa pemrograman komputer yang sebenarnya.


Python adalah bahasa pemrograman yang diciptakan untuk menguji, mengolah, dan menganalisis data statistika, grafik, Data Science, dan sejenisnya. Selain itu, Python sangat mudah dipelajari oleh pemula jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain seperti C++ dan Java. Bahasa pemrograman ini digunakan oleh berbagai perusahaan, baik perusahaan startup maupun perusahaan raksasa seperti Google dan Meta. 


Di DQLab kamu bisa mengambil kelas sesuai dengan ketertarikanmu menggunakan pilihan bahasa pemrograman R, Python ataupun SQL. Semua kelas dirancang terstruktur dimulai dari kelas persiapan hingga kelas penerapan di Industri.

  • Kelas Persiapan


    python


    Di kelas ini kamu akan mempelajari hal-hal yang sifatnya sangat dasar. Sebenarnya, di kelas ini akan lebih mengarah ke perkenalan, baik itu perkenalan Python, perkenalan Data Science maupun cara menggunakan Data Science dengan Python secara basic.


  • Kelas Fundamental

    Selanjutnya di kelas yang kedua ada Kelas Fundamental. Di kelas ini berisi modul-modul yang sifatnya fundamental atau dasar dari Data Science khususnya menggunakan Python. Perbedaannya dengan kelas persiapan, di kelas fundamental akan lebih berat karena tidak lagi tentang perkenalan melainkan sudah masuk ke tahapan pembahasan modul secara mendetail. Saat ini ada 15 modul Python yang ada di kelas Fundamental.

    python


  • Kelas Penerapan Industri

    python

    Di kelas yang terakhir ini, kamu akan lebih banyak mengerjakan studi kasus yang umum ditemukan di dunia industri. Studi kasus ini bisa kamu kerjakan dengan baik setelah menyelesaikan kelas Persiapan dan Fundamental karena kebanyakan materinya berasal dari kelas tersebut. Hingga saat ini, telah ada 8 modul yang tersedia di kelas penerapan di industri.


Baca juga: Tips dan Cara Membuat Portfolio Data dari Python Streamlit


2. Module Python Gratis DQLab

python

DQLab memiliki berbagai modul, baik modul gratis maupun modul premium. Modul gratis DQLab terdiri dari beberapa chapter yang berisi penjelasan Python secara singkat, library dasar Python, struktur bahasa Python, fungsi print, variable pada Python, comment pada Python, dan ilmu-ilmu dasar Python lainnya. Setiap modul Python dilengkapi dengan live code editor sehingga kita bisa mencoba sintaks Python secara langsung pada platform DQLab dan tidak perlu menginstall software tambahan.


3. Module Python Premium DQLab

python

DQLab menyediakan modul premium yang berisikan berbagai materi lengkap Data Science mulai dari pembelajaran dari dasar hingga yang lebih kompleks. DQLab menyediakan kompetensi dasar seperti bahasa pemrograman, yaitu R, Python, dan SQL. Modul premium merupakan modul yang sifatnya berbayar dan berlangganan dalam rentang waktu tertentu. Sehingga ketika masa berlangganan habis, kita tidak bisa lagi mengakses modul tersebut. 

Saat ini, modul terbanyak yang disediakan oleh DQLab merupakan modul premium. Sehingga modul ini terbagi untuk masuk ke semua jenis kelas, baik kelas persiapan, kelas fundamental, maupun kelas penerapan di industri. Eits, tapi tenang saja, meskipun berbayar namun harganya sangat terjangkau. Jika sedang tidak promo, kamu cukup membayar Rp32,500 per bulannya, dan  jika berhasil mendapatkan harga promo tentu akan jauh lebih murah!


4. Latihan Tanpa Ribet dengan Live Code Editor



Salah satu keunggulan yang disediakan oleh kursus Data Science DQLab adalah metode pembelajaran menggunakan live code editor. Pasti bagi kalian penasaran dengan apa itu live code editor? Dengan fitur live code editor yang disediakan DQLab kamu bisa mulai belajar Data Science tanpa perlu menginstal software terlebih dahulu. Selain itu, dengan fitur yang satu ini kamu dapat dengan mudah langsung mempraktekan kode yang dipelajari, langsung pada browser yang digunakan. Dengan kata lain, fitur ini merupakan simulasi saat kamu memasukkan berbagai kode atau sintaks pada bahasa pemrograman.

Jangan khawatir bagi kamu sahabat data pemula, fitur yang dimiliki DQLab ini, terbilang mudah dipahami dan dipraktekkan. Sangat simple dan anti ribet karena live code editor akan langsung terkoneksi dengan dataset yang akan kamu gunakan untuk dianalisis. 


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Mahir Belajar Python Bersama DQLab

Mahir Data Science bisa dari mana saja di seluruh Indonesia. Kursus Data Science online banyak dicari orang-orang yang tertarik dengan data. Salah satu alasannya adalah fleksibel dalam pembelajarannya. Dengan mengikuti kursus online kamu bisa mengatur jam belajarmu sendiri, bisa pagi, siang, atau malam. Jadi waktu belajar tidak bentrok dengan aktivitas lainnya. Yuk, gabung di DQLab.id untuk belajar Data Science sampai mahir! Bersama mentor data profesional, kamu bisa belajar secara intensif dan fokus upgrade skill yang dibutuhkan di industri.


Bersama DQLab, bukan hanya fitur live code editor saja yang bisa kamu dapatkan. Kamu juga berkesempatan untuk sharing dengan sejumlah senior pakar data untuk saling bertukar pengalaman dan bertanya seputar modul yang kamu pelajari. Metode belajar yang praktis memudahkan kamu untuk belajar dimana dan kapan pun sesuai kebutuhanmu. Jadi, kamu bisa tetap produktif di sela waktu senggangmu tanpa harus ribet ke sana kemari, sahabat data!


Penulis : Salsabila MR

Editor : Annissa Wdiya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!