GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 17 Menit 56 Detik 

Belajar Python Dasar dengan Modul DQLab, GRATIS!

Belajar Data Science di Rumah 19-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b15ea52412d3297f9148da3b655293f3_x_Thumbnail800.jpg

Selain sebagai salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang cukup powerfull bagi para profesional untuk melakukan pengembangan website, Internet of Things, game hingga data science. Python juga codefriendly untuk pemula, itu alasan yang mendasari mengapa python memiliki penggemar fanatik. Penulisan sintaks yang lebih ringkas dan singkat juga menjadi faktor lain mengapa kamu harus belajar python terutama ketika kamu ingin mulai berkarir sebagai seorang data scientist. 


Untuk memulai mempelajari segala sesuatu adalah dari fundamental atau dari konsep dasarnya, begitu pula jika kamu ingin belajar python. Dalam artikel ini kamu akan mendapatkan pemahaman konseptual tentang dasar-dasar pemrograman python, melalui modul DQLab secara gratis yaitu modul introduction data science dengan bahasa pemrograman python. Nah, kira-kira apa saja ya materi yang akan kamu dapatkan di modul tersebut? Yuk, simak artikel dibawah ini sampai selesai!


1. Sekilas Tentang Python!

python

Modul introduction to data science with python ini bisa dibilang sangat bersahabat untuk dipelajari oleh pemula. Kamu akan menerima materi-materi fundamental bahkan sebelum mulai ngoding kamu juga akan dikenalkan tentang bahasa pemrograman python.


Dengan menerapkan narasi yang mudah dipahami dan komunikatif, rasanya akan membantu kamu dalam memahami materi-materi yang akan disuguhkan nantinya. Di materi pertama kamu akan dikenalkan tentang python yang merupakan bahasa pemrograman yang ditujukan untuk general purpose programming dan termasuk dalam kategori high level programming language yang berbasis object dan fungsional.


Baca juga: Sekelimut Tentang Array Python, Pemula Wajib Tahu


2. Struktur Sintaks dalam Python

python

Source: https://academy.dqlab.id/


Sebelum ngoding kamu harus memahami terlebih dahulu struktur bahasa python. Yang terdiri dari; 1) Statements yaitu, suatu instruksi yang diberikan secara baris per baris, 2) Variabels yaitu, digunakan untuk menampung atau bertindah sebagai wadah untuk data atau informasi yang kamu miliki, 3) Literals yaitu, suatu simbol yang dapat kamu gunakan untuk mengisi suatu variabel, 4) Operators yaitu, simbol yang digunakan untuk mengubah nilai suatu variabel dengan menggunakan satu atau lebih variabel dan literal, 5) Reseverd word yaitu, kumpulan kata yang memiliki makna khusus, seperti true, false for, dan return. 6) Whitespace, yang mana dalam python spasi dan tab memiliki arti yang bisa mempengaruhi program dan bisa juga disebut sebagai indentasi, dan 7) Comments, yang merupakan sekumpulan teks yang tidak mempengarhui hasil sebuah program. Jangan khawatir, kamu tidak perlu menghafal semua itu karena semua ada di dokumentasi python.


3. Pendeklarasian Variabel di Python

python

Suatu bahasa pemrograman juga memiliki wadah sebagai tempat menyimpan value data mereka. Nah, variabel adalah wadah untuk menyimpan value data tersebut. Sebenarnya, karena kesederhanaan python pendeklarasian variabel tidak terlalu diperlukan. Tetapi, jika kamu membuat proyek yang besar maka variabel akan sangat diperlukan sehingga source code kamu lebih rapi. Pendeklarasian variabel untuk setiap bahasa pemrograman memiliki aturan yang berbeda-beda. 


4. Comment di Python

Selanjutnya kamu juga akan mempelajari dan mempraktekkan langsung bagaimana cara mengimplementasikan comments agar code kamu lebih readable. Lantas, comment sendiri adalah sekumpulan teks yang dituliskan dalam sebuah program dan tidak akan mempengaruhi hasil dari sebuah program yang telah kamu buat. 


Tapi, meskipun tidak mempengaruhi hasil program, comments adalah komponen yang penting dalam pengembangan program. Karena itu dapat kita gunakan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja lainnya, atau sebagai reminder untuk diri sendiri sehingga code kita lebih terstruktur. Untuk lebih jelasnya, perharikan gambar dibawah ini, pada gambar tersebut #contoh pendeklarasian variabel merupakan contoh penerapan comment. 


python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


Dengan modul dan materi yang update, belajar python menggunakan bahasa menjadi lebih mudah dan terstruktur bersama DQLab. Karena terdiri dari modul-modul up-to-date dan sesuai dengan penerapan industri yang disusun oleh mentor-mentor professional. Yuk, belajar terstruktur dan lebih interaktif caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:


  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup atau isi form dibawah ini ya!

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium! cukup dengan Sign up sekarang di DQLab.id untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :