DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 37 Menit 15 Detik 

Ingin Lebih Mahir Bahasa Python? Intip Tutorial Simplenya

Belajar Data Science di Rumah 03-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/05dc3c8af24d29bdc9962f6756714b75_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan bahasa pemrograman yang saat ini sudah tidak asing lagi bagi para programmer bahkan para peneliti. Bahasa python ini memiliki beberapa kelebihan yang mana beberapa diantaranya adalah bahasanya yang lebih mudah untuk dipelajari dan bersifat open source. Selain itu python juga sudah mulai dimintai dari berbagai kalangan sehingga tidak mengherankan jika saat ini terdapat banyak tutorial python untuk memudahkan pengguna terutama pada tingkat pemula.


Python termasuk bahasa pemrograman tingkat tinggi, hampir sama seperti bahasa C, C++, Java dan Pascal. Dengan menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, proses membuat program atau aplikasi akan lebih cepat dan lebih mudah dimengerti oleh programmer. Oleh karena itu saat ini sudah banyak aplikasi yang dirancang menggunakan dasar bahasa python. Sebelum memahami penerapan python pada pembuatan aplikasi, maka alangkah baiknya kita memahami tutorial dasar python sebagai langkah awal.


1. Variabel dan Tipe Data

Pada bahasa pemrograman, nilai merupakan salah satu komponen dasar yang akan kita input. Nilai tidak selalu berupa angka, angka tetapi dapat pula berupa huruf atau kata. Misalnya kita ingin menampilkan output angka 7 dan tulisan ‘Selamat Pagi’. Angka 7 dan kata ‘Selamat Pagi’ merupakan dua jenis tipe data yang berbeda. Angka 7 termasuk ke dalam tipe data integer sedangkan ‘Selamat Pagi’ masuk ke dalam tipe data string. 

python

Tipe data merupakan isi yang kita masukkan ke dalam variabel. Adapun variabel adalah nama yang memiliki nilai. Proses penamaan variabel memiliki aturan tertentu seperti tidak boleh menggunakan tanda garis bawah di awal kalimat (boleh digunakan sebagai penghubung antara dua kata) dan tidak boleh memberi nama variabel dengan kata kunci yang memang sudah ada di dalam python.


Baca juga: Mau Belajar Python Gratis? Kenali Dasar Bahasa Pemrogramannya


2. Penulisan Statement

Statement adalah instruksi berupa kalimat perintah yang diberikan kepada komputer untuk dieksekusi. Pada bahasa python, penulisan statement tidak perlu diakhiri dengan tanda titik koma (;), akan tetapi tanda titik koma (;) bisa digunakan jika ingin menuliskan lebih dari satu statement dalam satu baris. Penulisan lebih dari satu statement ini tidak ada larangannya, namun kurang dianjurkan karena akan mempersulit cara membacanya. Untuk memudahkan cara membaca, disarankan mengganti baris jika satu statement telah selesai. 

python


3. Penulisan Komentar

Pada bahasa pemrograman terutama untuk para pemula, adakalanya perlu menuliskan sesuatu sebagai keterangan agar lebih mudah dipahami. Akan tetapi keterangan tersebut tidak perlu dieksekusi oleh python. Nah, barisan kode yang tidak akan dieksekusi oleh python disebut dengan komentar. Terdapat beberapa cara menuliskan komentar pada python, antara lain dengan menggunakan tanda pagar (#), menggunakan tanda petik (“), menggunakan triple tanda petik (”””).

python


4. Mengambil Input dan Output

Input adalah masukan yang kita berikan ke program, adapun output adalah hasil inputan yang telah diproses oleh program. Setiap bahasa pemrograman memiliki cara atau kode yang berbeda dalam pengambilan input dan output. Pada bahasa python, pengambilan input dapat menggunakan fungsi input() dan raw_input().

Perbedaan dari input() dan raw_input() adalah input() digunakan untuk mengambil data angka sedangkan raw_input digunakan untuk mengambil data teks. Sedangkan untuk menampilkan output adalah dengan cara menggunakan fungsi print().


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Perdalam Belajar Bahasa Python di DQLab!

Python sata ini menjadi bahasa pemrograman yang populer dan sering digunakan oleh para praktisi data dari berbagai kalangan. Bahasa python tergolong bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. Nah, perlu diketahui bahwa DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Cara bergabungnya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :