MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 1 Menit 24 Detik 

4 Tips Mahir Belajar Python Secara Otodidak

Belajar Data Science di Rumah 08-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/72bd8e242393cb2d9a4845bad771178d_x_Thumbnail800.jpg

Python pertama kali diciptakan oleh Guido Van Rossum pada tahun 1990 di Amsterdam. Meskipun telah ada sejak lama, namun Python tetap mampu berkompetisi dengan saingannya. Hal ini terbukti dengan Python yang menjadi salah satu bahasa pemrograman utama yang digunakan oleh kebanyakan Data Scientist. Bahkan di beberapa lowongan pekerjaan untuk menjadi praktisi data, salah satu kualifikasi yang harus dipenuhi adalah mampu menguasai Python dengan baik. Tentu hal ini tidaklah mengherankan, mengingat Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang cukup fleksibel dan bisa menyelesaikan banyak pekerjaan, seperti analisis data, IoT, pembuatan game, dll.


Salah satu cara untuk bisa menguasai Python dari basic adalah dengan belajar secara otodidak. Namun tentunya tidak semua orang akan cocok dengan cara ini karena proses belajar otodidak akan terasa lebih tricky karena tidak adanya mentor yang mengawasi proses pembelajaran. Jika tidak sanggup belajar secara otodidak, maka cara lain yang bisa diambil adalah dengan mengikuti kursus. Namun jika kamu adalah orang yang bisa belajar dengan cara otodidak, berikut 4 tips yang bisa membuat proses belajar Python mu menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Yuk, simak artikelnya!


1. Menggunakan Sumber Belajar yang Mudah Terjangkau

python

Saat ini, sumber yang bisa dimanfaatkan untuk belajar secara otodidak sangatlah banyak, tidak hanya terbatas di buku cetak. Hal ini juga dipengaruhi oleh perkembangan internet yang sangat cepat, sehingga platform yang bisa dimanfaatkan sangatlah banyak, misalnya melalui artikel, video Youtube, podcast, dll. Tentunya ini menjadi kabar baik bagi kamu yang tidak memiliki mengalokasikan biaya lebih dalam proses belajar Python ini. Kamu bisa memanfaatkan sumber yang mudah untuk dijangkau. Namun kamu tetap harus memperhatikan materi-materi yang diberikan apakah relevan atau tidak. 


Baca juga: 4 Tips Coding Python Bagi Beginner, Coba Yuk!


2. Menguasai Fundamental Python

python

Fundamental merupakan hal dasar yang memang harus kita kuasai dengan benar, begitupun dalam proses belajar Python. Pada dasarnya, ketika kamu ingin menguasai pemrograman yang cukup rumit, maka kamu harus tau hal yang paling fundamental dari bahasa pemrograman yang sedang kamu gunakan. Beberapa contoh hal fundamental tersebut adalah variabel, tipe data, fungsi input & output, looping (perulangan), array, fungsi, percabangan dengan IF, IF ELSE, SWITCH, serta objek dan class.


3. Terapkan Metode Learning by Doing

python

Jika kamu memutuskan untuk belajar secara otodidak, maka salah satu teknik belajar yang bisa kamu manfaatkan adalah learning by doing. Dalam proses belajar tanpa praktek, bisa saja hal yang disampaikan akan terdengar rumit dan membosankan, padahal sebenarnya tidak sesulit itu setelah dicoba. Dengan menggunakan teknik belajar learning by doing, ingatan mu akan lebih menempel karena kamu akan berusaha memecahkan error yang kamu temui. Ingat, dalam belajar bahasa programming, semakin banyak error yang pernah kamu temui, maka kamu akan semakin mahir. Tapi bukan berarti error dengan kesalahan yang sama ya!


4. Latihan Membuat Program

python

Salah satu cara untuk menguji sudah sejauh mana kemampuanmu adalah dengan mencoba membuat program. Kamu bisa memulainya dengan program yang sederhana, baru setelah lancar kamu bisa meningkatkan kemampuanmu untuk membuat program yang lebih rumit. Tips ini sebenarnya juga berkaitan erat dengan tips sebelumnya. Tentunya dalam proses pembuatan program sendiri, kamu akan menyadari apa yang yang belum terlalu kamu kuasai serta bagian mana yang bisa kamu kuasai dengan baik. Jangan lupa, hasil program yang telah dibuat juga kamu jadikan sebagai portofolio ya!


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Tertarik Belajar Python? Yuk, Coba Modul Gratis Di DQLab!

Ingin mahir Python tapi masih bingung mau kursus dimana? DQLab  siap memberikan solusi yang cukup menarik dengan adanya free modul. 

Kamu bisa mulai mengakses free modul Python untuk memastikan bahwa kamu tidak akan rugi jika belajar di DQLab. Tidak hanya free modul Python, DQLab juga menyediakan free modul untuk bahasa R dan juga Excel. Kamu cukup mencari modul dengan label “gratis”. 


Nah, tunggu apa lagi? Yuk, signup di DQLab dan nikmati free modul yang tersedia!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!