PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 6 Menit 32 Detik 

4 Persiapan Belajar Data Science Gratis untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 26-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8b32f965045dd024f959b7b86839e232_x_Thumbnail800.jpg

Pada era digitalisasi ini secara sadar atau tidak sadar, profesi yang berkaitan dengan digital pun semakin dibutuhkan. Mengapa demikian? Hal ini tentunya manusia secara tidak langsung dituntut untuk semakin berkembang pula, salah satunya dalam bidang data. Profesi dalam bidang data yang saat ini sedang populer adalah data scientist. Data scientist memerlukan keahlian dalam menguasai data science atau biasa disebut pula dengan ilmu data. Sekarang tersedia pula berbagai platform yang menyediakan belajar data science gratis sehingga dapat menjadi kesempatan emas bagi para peminat data science.


Data science saat ini dapat dikatakan sebagai ilmu pokok dalam beberapa bidang. Salah satu contohnya adalah dalam bidang pemasaran atau data. Penerapan data science digunakan sebagai bahan pertimbangan pengambilan keputusan, menyelesaikan permasalahan data, dan berbagai tujuan lainnya. jangan khawatir sobat data, belajar data science pun bisa dilaksanakan tanpa mengeluarkan biaya alias gratis. Namun dengan demikian tetap saja kita harus bisa mempersiapkan diri ya agar lebih cepat dan mudah dalam memahaminya.


1. Mempelajari Materi Dasar

Data science adalah ilmu yang terdiri dari beberapa kombinasi bidang ilmu, yaitu seperti matematika, statistika, sistem informasi, machine learning, pemahaman bisnis, dan lainnya. Ketika ingin belajar data science gratis, alangkah baiknya kita mengenali serta mempelajari materi dasar data science seperti di atas. Mengapa demikian? Hal ini tentunya akan memudahkan kita dalam proses belajar nantinya, baik itu menghemat waktu belajar atau bia memahami materi secara lebih dalam dan bertanya kepada mentor ketika menjumpai kesulitan dalam belajar. 

Data Science


Baca juga : Algoritma Data Science, Harta Karun Bagi Data Scientist


2. Mengembangkan Softskill

Memahami materi data science bukalah satu-satunya keahlian yang perlu dimiliki oleh calon data scientist. Selain hard skill, kemampuan menguasai soft skill pun harus selalu diasah demi kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan. Terdapat beberapa soft skill yang perlu dimiliki oleh calon data scientist, yaitu komunikasi yang baik, memiliki kerjasama yang baik, berpikir kritis, mampu mengambil keputusan, problem solving, pengetahuan bisnis, cepat beradaptasi, dan lainnya.

Data Science


3. Mengenali Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau biasa dikenal dengan sebutan bahasa komputer merupakan kumpulan kode yang berisi instruksi untuk dapat dijalankan oleh komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan salah satu skill yang wajib dikuasai oleh calon data scientist. Supaya tidak terlalu awam dengan bahasa pemrograman pada saat belajar data science, alangkah baiknya kita mengenali terlebih dahulu macam-macam bahasa pemrograman serta keunggulannya digunakan untuk menyelesaikan masalah apa. Beberapa bahasa pemrograman yang biasa digunakan oleh data scientist antara kain Python, R, SQL, Scala, Julia, JavaScript, Matlab, C, C++.

Data Science


4. Mengenali Karakteristik Data

Apakah kalian mengetahui istilah big data? Big data adalah data yang berukuran sangat besar dan jumlahnya terus bertambah bahkan dalam waktu yang singkat. Big data memiliki empat karakteristik, yaitu volume, variety, velocity dan varicity. Big data ini tidak terlepas dari peran seorang data scientist dan tentunya dengan menerapkan ilmu data science. Dengan mengenali karakteristik data, jenis data, sifat data, dan karakteristik data tentunya akan memudahkan kita dalam belajar data science yang nantinya akan dihadapkan dengan berbagai macam dan bentuk big data. 

Data Science


Baca juga : Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


5. Yuk Belajar Data Science dari Dasar di DQLab!

Belajar data science secara gratis merupakan salah satu solusi bagi kamu yang ingin belajar data science loh! Jangan khawatir, walaupun tidak memiliki background IT kamu tetap memiliki kesempatan yang sama untuk memulai karir menjadi praktisi data. 


Bagi para pemula yang masih bingung ingin memulai dari mana, tenang saja, materi data science tersedia di DQLab loh. 


DQLab menyediakan materi berupa modul yang dapat diakses secara gratis maupun berbayar. Dan nilai plusnya lagi adalah di DQLab sesi belajarnya sudah secara live code sehingga pengguna tidak perlu menginstal software untuk memulai belajar. Sangat praktis bukan? Caranya sangat gampang, langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :