BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 57 Menit 53 Detik 

Algoritma Data Science, Harta Karun Bagi Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 23-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/11ecfdeb7049f5155c1d18ab3c6f1f4c_x_Thumbnail800.jpg

Halo Sahabat DQ, bagi kalian penggemar drama korea apakah pernah mengetahui drama Start Up yang pernah booming beberapa waktu lalu? tahukah kalian bahwa di dalam drama tersebut menerapkan kompetensi algoritma data science


Algoritma data science adalah suatu metode atau prosedur yang digunakan untuk mengolah data science. Algoritma data science ini merupakan hal penting yang diperlukan terutama di era digitalisasi industri 4.0 dimana data menjadi salah satu hal yang penting dalam perkembangan bisnis.


Ketika seorang praktisi data menganalisis data perusahaan, tentunya memiliki kumpulan data, permasalahan data, dan tujuan atau solusi untuk permasalah data tersebut. Dalam penerapannya, praktisi data baik itu data scientist atau data analyst menggunakan algoritma data science agar proses pengolahan data lebih efektif serta lebih akurat. 


Algoritma data science ini sudah diterapkan pada berbagai bidang bisnis, seperti bidang kesehatan, bidang pendidikan, ekonomi, dan masih banyak lagi. Ada apa sajakah algoritma data science yang sering digunakan? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Pengertian Algoritma

data science

Istilah algoritma tentunya sudah tidak asing lagi di dunia pemrograman, bahkan hal ini merupakan salah satu kunci bagi programmer. Algoritma adalah kumpulan instruksi, tata cara serta panduan untuk memecahkan masalah dalam sistem yang perlu dilakukan secara terurut. Aturan ini lah yang digunakan untuk menjalankan atau memberi perintah pada komputer. 


Algoritma ini sudah hadir dalam keseharian kita terutama bagi pengguna smartphone, namun seringkali hal ini tidak disadari oleh pengguna. Sebagai salah satu contoh, instagram atau facebook dapat memilihkan konten yang tepat untuk pengguna, hal ini salah satunya adalah karena mungkin saja pengguna telah mengetikkan salah satu keyword sehingga memunculkan konten yang berkaitan dengan hal yang pernah dicari oleh pengguna.


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


2. Algoritma Data Science

data science

Algoritma data science adalah algoritma yang digunakan untuk mengolah data science. Algoritma data science ini dapat dikatakan sebagai harta karun bagi data scientist. Dengan adanya algoritma data science, data scientist akan sangat terbantu dalam menyelesaikan permasalahan datanya dengan lebih efisien serta akurat.


Algoritma data science secara umum terdiri dari berbagai macam, yaitu supervised learning (classification models), unsupervised learning (clustering analysis), dan semi supervised learning. 


3. Algoritma R

data science

R merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk membaca, mengkalkulasi, menganalisis sampai memvisualisasikan data. Software ini bersifat gratis dan open source sehingga mudah diakses dan digunakan oleh siapapun. R biasanya berfokus pada analisis data, statistik dan pemodelan grafis. 


Selain itu R pun memiliki IDE yang jelas serta tools statistik yang lengkap serta memiliki komunitas yang besar dan StackOverflow yang aktif. Perlu diketahui bahwa R menjadi salah satu software yang penting di era data science ini, hal ini dikarenakan mengolah data dan menganalisis data saat ini menjadi suatu kebutuhan dalam kemajuan bisnis.


4. Algoritma Python

data science

Python adalah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Guido van Rossum dan dirilis pada tahun 1991. Python menyediakan library yang banyak untuk mendukung proses data science yaitu meliputi pengumpulan data, manipulasi data. 


Bahasa python saat ini merupakan bahasa pemrograman yang cukup banyak dipelajari terutama oleh para pemula. Hal ini dikarenakan bahasa python adalah bahasa yang mudah dipahami dan dipelajari, serta sintaks didalamnya pun sederhana.


Baca juga: Beasiswa Data Science yang Bisa Diikuti untuk Upgrade Skill Datamu


5. Yuk, Mulai Belajar Data Science di DQLab!

Data science saat ini menjadi salah satu bidang ilmu yang paling dibutuhkan di masa kini. Data science ini bukanlah ilmu yang berdiri sendiri, melainkan gabungan atau kombinasi dari beberapa ilmu seperti matematika, statistika, bahasa pemrograman dan manajemen bisnis. Nah, semua materi dasar itu dapat kita pelajari di DQLab loh, terutama bagi para pemula. 


DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Praktek belajar di DQLab menggunakan livecode dapat kita terapkan pada data sekunder lohh. 


Untuk lebih memudahkan dan memahaminya, yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :