Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Ingin Belajar Pyhton? Yuk Kenali Dasar-Dasarnya

Belajar Data Science di Rumah 22-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bcbeab85b1fdd8249e4383a7a350abc0_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa pemrograman saat ini menjadi salah satu keahlian yang diperlukan terutama di era perkembangan teknologi yang semakin pesat ini. Penggunaan bahasa pemrograman secara sadar maupun tidak sadar sudah kita gunakan dalam aktivitas keseharian kita. Sebagai contoh penggunaan e-commerce atau belanja online, di dalamnya pun menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang dapat kita gunakan sangat banyak, salah satunya adalah Python. Sebagai langkah awal belajar bahasa pemrograman, kita bisa mengikuti beberapa tutorial Python dasar terlebih dahulu.


Python merupakan bahasa pemrograman yang cukup populer pada masa kini. Bahasa pemrograman ini cukup mudah dipelajari dan bersifat open source. Python dikenal dengan sintaksnya yang sederhana serta memiliki banyak library. Saat ini pun telah banyak perusahaan besar yang menggunakan bahasa Python untuk pengembangan bisnis, seperti YouTube, Netflix, Spotify, Instagram dan beberapa perusahaan lainnya. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa hal yang dipelajari bagi pemula yang dipelajari dalam bahasa Python. 


1. Pengenalan Python

Python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang didirikan oleh Guido van Rossum. Bahasa ini bisa digunakan untuk pengembangan aplikasi web, games, program hacking, dll. Python pun dikenal sebagai bahasa pemrograman yang cukup mudah dipelajari dikarenakan struktur sintaksnya yang sederhana dan rapi sehingga mudah dipahami. Terdapat beberapa alasan kenapa kita perlu belajar Python, antara lain cepat dan efektif, mudah dipelajari, banyak digunakan di perusahaan besar, menambah ilmu dan menjawab rasa keingintahuan.


Baca juga : Yuk Cari Tahu Perbedaan Python R dan SQL


2. Cara Menginstall Python

Python memiliki dua versi, yaitu versi 2 dan 3. Saat ini yang paling sering digunakan adalah versi 2. Sedangkan versi 3 merupakan pengembangan dari versi 2. Bagi pengguna Linux, Python tidak perlu diinstal, cukup mengetikkan perintah python --version di terminal. Adapun bagi pengguna windows, cara menginstall Python (versi 3) adalah sebagai berikut:

  1. Buka file python-3.msi

  2. Pilih pengguna, pilih install for all users

  3. Tentukan lokasi instalasi

  4. Kostumisasi fitur-fitur yang akan diinstal

  5. Klik next.

  6. Selesai


3. Aturan Penulisan Sintaks Python

Setelah menginstall python dan akan menggunakannya, kita perlu mengetahui aturan penulisan pada python. Aturan penulisan masing-masing bahasa pemrograman tidak semuanya sama, memiliki karakteristik masing-masing. Adapun aturan penulisan python sebagai berikut:

  1. Penulisan statement python tidak diakhiri dengan tanda titik-koma, namun jika ingin menulis lebih dari satu statement dalam satu baris maka memisahkannya dengan titik-koma

  2. Penulisan string pada python dibungkus dengan tanda petik tunggal maupun ganda

  3. Penulisan case pada python bersifat sensitif (huruf kapital akan berbeda dengan non kapital)

  4. Penulisan blok program python harus ditambahkan indentasi (tab atau spasi 2x / 4x)

  5. Penulisan komentar pada python, bisa menggunakan tanda pagar (#) atau tanda petik (‘).


4. Mengenal Variabel dan Tipe Data dalam Python

Variabel merupakan tempat penyimpanan data, variabel bersifat mutable atau nilainya bisa berubah-ubah. Sedangkan tipe data merupakan jenis data yang tersimpan dalam variabel. Cara mengisi nilai variabel ditentukan dengan jenis datanya. Terdapat beberapa jenis tipe data, yaitu:

  1. Tipe data angka, yang terbagi menjadi beberapa jenis antara lain int (integer), float (bilangan pecahan)

  2. Tipe data teks,yang terbagi menjadi dua jenis antara lain char (karakter) dan string (kumpulan karakter)

  3. Tipe data boolean, yang hanya memiliki dua nilai yaitu TRUE dan FALSE atau 0 dan 1.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


5. Yuk, Kejar Mimpi Menjadi Data Scientist!

Data scientist masa kini merupakan salah satu profesi yang sedang naik daun. Berbagai latar belakang pendidikan tertarik untuk menjadi data scientist lohh. Apakah kamu salah satunya? Untuk mengetahui lebih lanjut terkait data scientist kita dapat mempelajarinya di DQLab lohh. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mengakses module gratis dari R, Python atau SQL!



Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!