Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Intip Module Data Science DQLab dari Dasar Hingga Tingkat Lanjut

Belajar Data Science di Rumah 23-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/aec48d45c2b939453e3e8d4c4025d92d_x_Thumbnail800.jpg

Data science adalah suatu bidang ilmu yang digunakan oleh para data scientist. Data science adalah gabungan atau kombinasi dari beberapa ilmu seperti matematika, statistika, bahasa pemrograman, sistem informasi, manajemen bisnis, dan lainnya. 


Saat ini belajar data science pun bisa dilakukan secara otodidak, hal ini dikarenakan sudah banyak media yang menyediakan module data science, salah satunya adalah DQLab. Module data science ini tentunya akan sangat membantu baik bagi pemula maupun tingkat lanjut sebagai referensi pengolahan data. 


DQlab merupakan salah satu lembaga yang menyediakan kursus data science yang dapat diakses secara gratis. Hal ini tentunya merupakan kesempatan besar bagi semua yang memiliki minat untuk belajar data science. 


Modul-modul data science terdiri dari beberapa chapter serta mempelajari dari dasar-dasarnya. Selain itu, di DQLab juga menyediakan beberapa ebook sebagai referensi dan sistem belajar secara live code sehingga tidak hanya materi saja, akan tetapi langsung praktik juga. 


Beberapa bahasa pemrograman yang dapat dipelajari diantaranya adalah R, SQl, Python dan Excel. Yuk, kita intip bersama beberapa modul di DQLab!


1. Introduction to Data Science with R

R merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh data scientist. Di DQLab, terdapat beberapa modul R yang bisa diakses baik secara gratis maupun yang bersifat premium. Salah satunya adalah modul Introduction to Data Science with R.


Pada modul ini pengguna akan mempelajari beberapa materi dasar bahasa pemrograman R seperti cara menuliskan sintaks, praktek perhitungan sederhana, variabel dalam R, comment pada R, vektor pada R serta penggunaan fungsi Summary.


Baca juga: Algoritma Data Science, Harta Karun Bagi Data Scientist


2. R Fundamental for Data Science

data science


Setelah mengenal bahasa pemrograman R secara dasar, selanjutnya adalah mempelajari dasar pemrograman R untuk data science. Beberapa materi yang akan dibahas pada modul ini adalah terkait apa hubungan R dengan data science, mengapa data scientist menggunakan bahasa pemrograman R, praktek mengaplikasikan teks, angka, dan rumus perhitungan, menggunakan fungsi print, function, variabel, mengenali dan mempraktekkan konsep tipe data seperti vector,list dan data frame, serta mempelajari secara singkat tentang cara membuat visualisasi data dengan ggplot2.


3. Introduction to Data Science with Python

data science


Selain belajar mengenai bahasa pemrograman R, di DQLab juga menyediakan modul bahasa pemrograman python. Khususnya pada modul ini akan mempelajari dan mempraktekkan dasar-dasar bahasa python, yaitu pengenalan python, hubungan antara data science dengan python, list library pada python, struktur bahasa python, variabel dalam python comments dalam python, tipe data python, serta akan diberi tugas praktek terkait materi dan praktek yang telah dipelajari dalam satu modul ini.


4. Fundamental SQL with SELECT Statement

data science


SQL adalah software pengolahan database yang sering digunakan oleh data scientist. Pada modul ini akan dibahas mengenai beberapa hal seperti konsep sistem database relasional, struktur penyimpanan RDBMS,  mengenali perintah SELECT dalam SQL, mempraktekkan perintah SELECT lebih lanjut untuk mengambil kolom-kolom tertentu dari table, penggunaan SELECT terhadap penulisan identitas nama kolom dan table dengan menggunakan prefix dan alias, menggunakan filter, serta mereview ulang materi yang telah dipelajari.


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


5. Yuk, Mulai Belajar Data Science di DQLab!

Bagaimana apakah sudah terbayang mau mulai belajar data science mulai dari mana?


Materi yang tersedia di DQLab sangat terstruktur mulai dari yang paling dasar hingga tingkat lanjut. Dengan konsep belajar self-paced learning kamu dapat menyesuaikan kebutuhan belajarmu dan bisa akses modulenya dimanapun kapanpun.


Praktek belajar di DQLab menggunakan livecode lho, jadi Sahabat DQ tidak perlu repot lagi untuk instalasi software tambahan. 


Untuk lebih memudahkan dan memahaminya, yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!