BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 26 Menit 28 Detik 

Cara Membuat Website Portofolio untuk Calon Talent Data

Belajar Data Science di Rumah 11-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a357675311cf43ddd2d1edbd17b01f25_x_Thumbnail800.jpg

Dalam membangun karir sebagai data scientist maupun data analyst, selain memahami teori, ada baiknya kamu untuk mengerjakan sejumlah project data. Hal ini akan memperkaya portofolio datamu yang bisa kamu jadikan nilai jual kepada perusahaan saat melamar pekerjaan. Penyajian portofolio pun beragam, salah satu yang banyak dilakukan oleh para praktisi data adalah dengan menampilkan portofolio mereka dalam sebuah website yang dibangun khusus kebutuhan portofolio data. Kira-kira Sahabat DQ sudah tahu belum cara membuat website? Kalau belum, simak informasi selengkapnya, yuk!


1. Kenapa Website Portofolio Penting untuk Data Scientist dan Data Analyst?

Dalam praktiknya, kebanyakan data scientist dan data analyst memilih menggunakan website sebagai platform penyajian portofolio data mereka. Hal ini karena melalui website, semua informasi yang ingin disampaikan bisa terangkum dalan satu website tersebut. Selain itu, penyajian portofolio data melalui website juga memudahkan rekruter, tidak hanya dapat melihat portofolio yang tercantum, tetapi juga bisa mendapatkan informasi seputar pemilik portofolio. Penggunaan website dalam menyajikan portofolio data juga memudahkanmu pada saat proses perekruten, yakni cukup dengan mengirimkan link websitemu kepada reskruter. Tentunya, dengan menggunakan website kamu juga bisa mengetahui seberapa banyak orang yang mengunjungi website dan melihat portofoliomu. 


Baca juga : Bermodal Kompetensi Data Cleansing, Rahmat Buktikan Dirinya Berhasil Berkarir sebagai Data Analyst di Era Pandemi


2. Membangun Website dengan R dan Python

Salah satu komponen terpenting dalam pembuatan website adalah proses coding. Secara sederhana coding dimaknai sebagau cara berkomunikasi kita dengan komputer. Melalui sejumlah kode yang kita masukkan, kode akan memberi tahu kepada komputer apa yang harus dilakukan sesuai dengan instruksi. Nah, R dan Python sebagai bahasa pemrograman yang umumnya dipelajari hampir semua orang yang mulai mempelajari data science ini, bisa kamu pilih sebagai tools dalam pembuatan website.


3. Bikin Website Anti Ribet? Kamu Bisa Mencobanya di Dewaweb!

Jika kamu belum memahami coding secara keseluruhan, tenang saja, kamu tetap bisa kok membuat website sendiri! Dewaweb, salah satu penyedia web hosting ini bisa jadi pilihanmu yang ingin membuat website secara praktis. Kamu tinggal kunjungi Dewaweb dan ikuti langkah-langkahnya seperti berikut:

  • Memilih Jenis Website yang Diinginkan

    Dari beragam jenis website yang tersedia, kamu bisa memilih jenis portofolio. Sesuai dengan namanya, website yang akan dibangun adalah website yang khusus menampilkan sebuah karya dalam bentuk apapun. 

  • Pilih Platform Website yang Tepat

    Content Management System (CMS) adalah sebutan untuk platform website yang merupakan sebuah sistem pengelolaan seluruh konten yang diperlukan dalam membuat sebuah website, seperti gambar/foto, video, teks, logo, dan semacamnya. Software CMS inilah yang memudahkanmu dalam pembuatan website, tanpa harus memiliki pengetahuan teknis. Salah satu CMS yang direkomendasikan adalah WordPress. Sebab, saat ini WordPress telah menguasai pasar CMS dan sudah digunakan lebih dari 40% dari seluruh website yang ada di dunia.

  • Install WordPress

    Ketika kamu memutuskan untuk memilih WordPress sebagai platform websitemu, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan melakukan instalansi WordPress secara bertahap pada perangkat kerasmu. 

  • Pilih Hosting & Tentukan Nama Domain

    Langkah terakhir dalam pembuatan website sebelum mengatur tampilan website adalah memilih web hosting dan menentukan nama domain. Nama domain adalah alamat URL yang digunakan untuk mengakses website, contohnya seperti www.dqlab.id atau  www.dewaweb.com. Jika nama domain sudah kamu tentukan, maka pilihlah web hosting sesuai kebutuhan. Hosting adalah ruang penyimpananan dalam server yang dapat disewa untuk menyimpan file yang dibutuhkan website. Jika kamu kebingunan memilih hosting yang aman dan bersertifikat, maka Dewaweb bisa jadi solusinya!


Baca juga : 6 Bulan Menjadi Fresh Graduate, Wahyu Berhasil Berkarir di Masa Pandemi Sesuai dengan Passionnya


4. Yuk Belajar di DQLab untuk Mengenal Coding dalam Pembuatan Website!

Sebagai praktisi data, alangkah baiknya jika kamu paham secara utuh tentang coding. Hal ini tentukan akan memudankan pekerjaanmu, Sahabat DQ! Kamu bisa mempelajarinya secara bertahap di DQLab. Materi pembelajaran  yang dapat diakses secara gratis di DQLab.id dikemas ke dalam bentuk modul. Selama mempelajari modul, kamu akan ditemani fitur Live Code Editor. Sehingga kamu akan lebih mudah memahami setiap modulnya. Yuk, semangat belajar dan mulai sekarang juga bersama DQLab!


Penulis: Sandi Sabar Rahman

Editor: Annissa Widya Davita

 


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :