PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 5 Jam 38 Menit 38 Detik

4 Step Mudah Cara Menggunakan AI Chat GPT

Belajar Data Science di Rumah 05-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-09-2023-10-07-073729_x_Thumbnail800.jpg

Akhir-akhir ini, dunia teknologi menghadirkan salah satu teknologi canggih yaitu chatbot yang dapat menjawab pertanyaan dan juga keperluan dari setiap orang. Salah satu teknologi chatbot yang cukup populer adalah Chat GPT.


Chat GPT saat ini sudah banyak sekali orang yang menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti tempat bertanya rumus matematika, membuat rumus pada excel, dan lain sebagainya. Dengan kemunculan Chat GPT ini dapat membantu pekerjaan kita sehari-hari. 


Chat GPT merupakan salah satu produk kembangan dari perusahaan Open Ai yang memang menjadi inisiator chatbot pintar ini. Cara kerja dari Chat GPT ini juga cukup cepat, jadi ketika kita memberikan sebuah pertanyaan, Chat GPT akan langsung memproses dan menghasilkan output berupa jawaban dari pertanyaan yang kita ajukan sebelumnya secara lengkap.


Nah, penasaran bukan kalian bagaimana cara kerja dan juga bagaimana cara menggunakan Chat GPT ini? Langsung saja kita simak pembahasannya di bawah ini ya!


1. Apa Itu Chat GPT?

Chat GPT atau singkatan dari Generative Pre-training Transformer adalah sebuah kecerdasan buatan yang memiliki cara kerja dengan memakai format percakapan. Jadi kalian hanya memberikan pertanyaan kepada AI ini dan secara otomatis kalian akan memperoleh jawabannya dalam waktu yang cepat.


Chat GPT ini hampir mirip dengan obrolan untuk layanan pelanggan yang biasa kalian temui pada marketplace. Proses pelatihan Chat GPT ini melibatkan penggunaan metode pembelajaran penguatan dengan mengumpulkan feedback dari manusia serta menerapkan model untuk menilai respons terbaik.


Artificial Intelligence

Credit by Wikipedia


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner



2. Cara Kerja Chat GPT

Sebagai bagian dari platform AI, Chat GPT ini menggunakan format percakapan dua arah antara bot dengan para penggunanya. Pada kolom chatnya, kalian bisa memberikan pertanyaan apapun dan pasti akan langsung diberikan jawaban oleh AI dalam hitungan detik saja.


Kecanggihan dari Chat GPT ini tidak berhenti disitu saja, karena Chat GPT ini dapat mengoreksi jawabannya sendiri jika ia merasa jawabannya kurang begitu tepat, menolak jawaban yang kurang pantas, dan juga memberikan jawaban menggunakan bahasa yang sama dengan apa yang dipertanyakan. 

Artificial Intelligence

Credit by Brookings Institution


3. Cara menggunakan Chat GPT

Untuk cara menggunakan Chat GPT ini cukup mudah, kalian hanya membutuhkan Google Chrome, Firefox, atau browser desktop lainnya yang kalian punya.

  • Pertama, kalian bisa membuka websitenya yaitu chat.openai.com untuk mengakses halaman login dari Chat GPT ini, jika kalian belum memiliki akun, kalian dapat memilih tombol daftar untuk membuat akun. 

  • Setelah kalian membuat akun, kalian akan langsung masuk ke dalam halaman utama dari Chat GPT ini untuk memulai percakapan dengan AI.

  • Ketikan pertanyaan atau topik yang ingin kalian ketahui pada kolom percakapan

  • Dalam hitungan detik saja, Chat GPT akan memberikan informasi yang kalian ketikan sebelumnya.

Artificial Intelligence


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Manfaat Chat GPT

Ada berbagai manfaat yang bisa kalian rasakan ketika kalian menggunakan Chat GPT ini seperti:

  • Menyediakan Informasi. Chat GPT ini menyediakan berbagai macam informasi yang kalian inginkan dengan menggunakan kata-kata kunci yang kemudian akan menjadi sebuah perintah. Sayangnya, untuk saat ini, Chat GPT hanya mampu memberikan informasi maksimal sampai dengan tahun 2021, jadi ketika kalian ingin bertanya tentang informasi terbaru mungkin tidak akan muncul.

  • Memberikan saran. Selain menyediakan dan memberikan informasi kepada para penggunanya. Chat GPT ini mampu memberikan saran yang baik kepada para penggunanya. Ketika kalian membutuhkan saran dengan cepat kalian bisa memakai Chat GPT ini untuk acuan kalian, seperti tempat makan, pemilihan baju, dan juga merekomendasikan film terbaru.


Chat GPT merupakan salah satu contoh penerapan artificial intelligence,gimana sahabat DQ? Yuk, buat sistem yang serupa dengan chat GPT dan gali pengalaman kamu tentang machine learning dengan mulai membangun pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar bersama Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login