PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 1 Jam 53 Menit 32 Detik

4 Tools Excel yang Digunakan Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 06-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f249306c40a2a3e803f89a9dfb00e426_x_Thumbnail800.jpg

Dalam dunia data science, Microsoft Excel menjadi salah satu media pembelajaran yang digunakan oleh banyak pemula untuk memulai karir di bidang data. Beragam fitur dan kemudahan yang ditawarkan menjadi alasannya. Selain itu, para pengguna juga dapat menggunakan fungsi-fungsi yang tersedia untuk menunjang kebutuhan masing-masing pengguna. Namun, ternyata Excel tidak hanya dijadikan alat pembelajaran, melainkan juga digunakan dalam keseharian para praktisi data profesional.


Sejumlah fitur yang dihadirkan Excel memang diciptakan untuk berbagai kalangan dan masing-masing profesi. Kali ini, DQLab akan bocorin tools apa saja sih yang biasanya digunakan oleh para data analyst? Ikutin terus ya informasinya!


1. Rumus Formula Dasar : SUM, AVERAGE, MIN, MAX, COUNT

Ketika kamu baru mulai belajar mengoperasikan Excel, kamu tentu tidak asing dengan rumus formula dasar ini. Formula dasar ini merupakan pondasi yang perlu dikuasai ketika menggunakan Excel, sebab banyak kasus yang bisa diselesaikan dengan formula dasar ini. Fungsi rumus SUM, AVERAGE, MIN, MAX, dan COUNT pada Excel merupakan rumus dasar yang tersedia dalam tombol perintah Autosum pada tab Formula di Ribbon. Berikut fungsi dan kegunaan rumus-rumus tersebut :

Rumus Excel

Kegunaan

SUM

Rumus untuk menjumlahkan data-data/total data

=SUM(cell pertama : cell terakhir)

AVERAGE

Rumus untuk menghitung nilai rata-rata (mean)

=Average(cell pertama : cell terakhir)

MAX

Rumus untuk menampilkan nilai data terbesar

=MAX(cell pertama : cell terakhir)

MIN

Rumus untuk menampilkan nilai data terkecil

=MIN(cell pertama : cell terakhir)

COUNT

Rumus untuk menghitung banyaknya sel pada range

=COUNT(cell pertama : cell terakhir)


Penggunaan rumus-rumus diatas cukup mudah. Kita bisa menuliskan langsung di kolom fx yang ada di bagian atas worksheet. Bisa juga langsung di kolom atau cell disebelah data yang kamu punya contohnya seperti berikut:

data scientist       data scientist

Dari gambar diatas kita ingin mengetahui nilai maksimal dan minimal yang diperoleh oleh siswa. Rumusnya kita terapkan langsung di cell setelah cell nilai. Untuk isi di dalam tanda kurung kita cukup drag dari cell nilai yang pertama sampai yang akhir. Hasilnya akan seperti berikut:

data scientist

 

Baca juga : Belajar Analisis Data : Kenapa Harus Pakai Excel? Yuk, Intip Alasannya!


2. Design Chart dengan Ribbon Chart Tools

Salah satu tugas seorang data analyst adalah mengolah serta mengubah data-data yang sulit dimengerti orang awam, diterjemahkan ke dalam bentuk grafik yang nantinya akan dipresentasikan kepada rekan kerja. Tak ketinggalan, mereka pun perlu mempercantik tampilan grafik agar orang-orang tertarik untuk memperhatikan grafik yang disiapkan. Cara mudah mempercantik tampilan grafik di Excel adalah dengan mendesain kembali chart yang sudah jadi dengan Ribbon Chart Tools. Di bagian Add Chart Elements, kita dapat menambah elemen dari chart seperti axes, axis title, chart title, data label, data table, gridlines, dan legends. Kemudian di bagian Chart Styles memungkinkan kita untuk mengubah style dan juga warna style dari grafik. Contohnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

data scientist


Pada bagian Data memungkinkan kita untuk menukar posisi data rows dan data kolom dengan menggunakan Switch Rows/Column, serta Select Data yang digunakan untuk memilih rows dan column dari data yang digunakan dalam grafik. Selanjutnya jika kita ingin mengganti bentuk chart, maka dapat memilih Change Chart Type di bagian Type. Terakhir, Excel memungkinkan kita untuk memindahkan chart tersebut ke sheet baru dengan memilih Move Chart di bagian Location. Penasaran? Silakan mencoba!


3. Pivot Table

Diantara fitur lainnya, Pivot Table merupakan fitur Excel yang paling powerful yang memungkinkan penggunanya dapat mengambil informasi dengan cepat dari kumpulan data dalam jumlah besar. Fitur ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk melakukan analisis data terkait mengelompokkan dan meringkas data. Dengan menggunakan Pivot Table, pengguna dapat menghemat waktu secara signifikan.

  1. Adapun beberapa istilah yang perlu kita ketahui dalam Pivot Table

  2. Field, adalah nama-nama kolom pada data yang kita miliki.

  3. Rows, digunakan untuk menampilkan data secara vertikal. Columns, digunakan untuk menampilkan data secara horizontal.

  4. Value, adalah nilai dari data.

  5. Filter, digunakan untuk melakukan filtering terhadap data sesuai kebutuhan

Cara menerapkan Pivot Table mudah, loh. Klik menu Insert kemudian klik fitur Pivot Chart. Selanjutnya pilih Pivot Chart dan Pivot Table, seperti berikut:

data scientist

Maka akan muncul window dan isikan range data yang akan dibuat Pivot Chart dan Pivot Table serta kolom lainnya sesuai kebutuhan, contohnya di bawah ini:

data scientist

Klik OK jika menurutmu sudah sesuai. Dari langkah-langkah diatas, hasil yang akan ditampilkan yaitu sebagai berikut.

data scientist

 

4. Filtering Data

Filtering data merupakan salah satu fitur di Excel yang juga penting ketika mengolah data. Dengan filter dataInformasi yang dimaksud misalnya menampilkan data berdasarkan kriteria atau perhitungan tertentu, membandingkan antar field (kolom) satu dengan yang lainnya, menampilkan perulangan data, hubungan perulangan data pada suatu periode dan lain sebagainya. Berkaitan dengan menampilkan data berdasarkan kriteria tertentu, microsoft Excel sebenarnya sudah menyediakan fasilitas seperti Filter untuk dapat melakukan filtering pada tabel. Cara penggunaannya juga mudah. Klik Menu Data kemudian pilih Filter seperti gambar di bawah ini:

data scientist

Jika sudah, akan muncul tanda ”» di bagian atas kolom tabel. Kita bisa klik tanda tersebut untuk filter data. Centang data yang ingin ditampilkan atau hapus centang jika tidak ingin data tersebut ditampilkan dalam tabel kemudian klik tombol OK. Contohnya seperti berikut.

data scientist

 

Baca juga : Kelola Keuangan dan Investasimu Hanya dengan Excel, Yuk Intip Caranya!

 

5. Mau Lebih Dekat dengan Excel? Yuk Bergabung bersama DQLab!

Excel merupakan software yang cukup umum digunakan baik untuk keperluan pribadi hingga skill yang dibutuhkan profesi tertentu seperti profesi yang terkait dengan data. Contoh profesinya yaitu Admin dan Data Analyst. 

Meskipun tidak menggunakan coding, Excel juga dapat diandalkan untuk mengolah data. Fitur-fiturnya yang beragam akan memudahkan proses pengolahan data tersebut. Tidak hanya yang sudah kita pelajari pada poin-poin diatas, tetapi masih banyak lagi fitur Excel yang bisa kamu eksplorasi. Salah satu caranya yaitu dengan mengikuti kursus data seperti DQLab. 


Di DQLab tersedia modul berisi pembahasan dan praktik penggunaan Excel dari tingkat basic hingga tingkat advanced. Daftar sekarang di DQLab.id untuk dapat akses gratis belajar Excel. Selanjutnya kamu bisa upgrade ke paket Platinum DQLab untuk modul lengkap belajar Excel bersama para mentor data profesional. Yuk, tingkatkan skill Excel kamu sekarang!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login