3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 0 Menit 57 Detik

4 Tools Penting Guna Tingkatkan Performa Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 18-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-02-2024-01-19-095902_x_Thumbnail800.jpg

Dalam era yang didominasi oleh data, peran seorang data scientist menjadi semakin penting dalam merumuskan keputusan bisnis berdasarkan analisis mendalam. Bagi para ahli data, keberhasilan dalam mengelola kompleksitas informasi membutuhkan alat-alat yang efisien dan canggih. Data scientist bergantung pada berbagai tools untuk mempermudah tugas-tugas mereka. 


Data scientist memiliki kekuatan penuh dalam menghadapi tantangan data. Gabungan tools ini menciptakan dapat membantu data scientist untuk meraih pemahaman mendalam dari data dan memberikan solusi yang didukung oleh bukti. Sebuah perjalanan yang memukau dalam dunia kompleksitas informasi dan kebijakan bisnis yang semakin membutuhkan pemahaman yang mendalam.


Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi empat tools esensial yang menjadi penopang utama bagi keberhasilan seorang data scientist.


1. Python – Kekuatan Pemrograman Serbaguna

Data Scientist


Python dengan ekosistemnya yang kaya, menjadi bahasa pemrograman unggulan dalam dunia Data Science. Dengan library seperti NumPy, Pandas, Matplotlib, dan Scikit-learn, Python menyediakan fondasi yang kokoh untuk analisis data, manipulasi dataset, visualisasi, dan pengembangan model machine learning. Kemampuan Python untuk berintegrasi dengan berbagai platform dan teknologi lain membuatnya menjadi alat yang sangat fleksibel dan mudah diakses oleh Data Scientist.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Jupyter Notebooks – Eksplorasi Data Interaktif

Jupyter Notebooks adalah software yang menyatukan code, teks, dan visualisasi dalam satu lingkungan kerja interaktif. Dengan Jupyter, Data Scientist dapat melakukan eksplorasi data secara bertahap, membuat dokumentasi yang kaya, dan berbagi temuan dengan tim atau pemangku kepentingan. Kemampuan kolaborasi dan fleksibilitas dalam eksplorasi data membuat Jupyter Notebooks menjadi alat yang tak ternilai harganya.

Data Scientist


3. TensorFlow dan PyTorch

Dalam pengembangan model machine learning, TensorFlow dan PyTorch adalah dua pilar utama. Keduanya memberikan infrastruktur yang kuat untuk eksperimen dalam dunia deep learning. TensorFlow, didukung oleh Google, dan PyTorch, yang dikembangkan oleh Facebook, memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada Data Scientist dalam membangun dan melatih model neural network yang kompleks.

Data Scientist


4. Tableau – Menyalurkan Insight Dalam Bentuk Visual

Data Scientist

Tableau sebagai tools visualisasi data populer dapat membantu Data Scientist mengubah hasil analisis menjadi presentasi visual yang memukau. Dengan kemampuan untuk membuat dashboard interaktif, grafik, dan laporan, Tableau membantu memperkuat narasi data dan memudahkan komunikasi temuan analisis kepada pemangku kepentingan. Ini bukan hanya alat visualisasi, tetapi juga seni dalam merangkai cerita dari dataset yang kompleks.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Gabungan keempat tools ini menciptakan lanskap yang dinamis dan produktif bagi Data Scientist. Mereka bukan hanya bermain peran dalam pemahaman data, tetapi juga membentuk fondasi yang kokoh untuk menghasilkan solusi bisnis yang didukung oleh bukti dan analisis mendalam. Keempat tools ini bukan hanya sekadar perangkat, melainkan senjata yang kuat untuk mengurai, menganalisis, dan menggambarkan narasi dari data yang kompleks. Yuk pelajari semua tools di atas bersama DQLab!


DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula.


Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :