Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

5 Contoh Prompt ChatGPT untuk CV Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 15-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-09-2023-11-15-175057_x_Thumbnail800.jpg

Setiap dari kita pastinya ingin membuat CV dengan konten yang bagus dan memukau HRD. Namun, tidak dapat dipungkiri bila CV tidak akan lengkap tanpa adanya kalimat yang menunjukkan ketertarikan pelamar terhadap profesi yang ingin dilamar.


Salah satu bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam pembuatan CV data science adalah about me. "About Me" atau "Tentang Saya" adalah bagian penting dalam CV data science yang memberikan pandangan singkat tentang siapa dirimu sebagai individu dan profesional yang ingin melamar di bidang data.


Hal ini merupakan kesempatan bagi pelamar untuk menunjukkan kepribadian, minat, dan nilai-nilai yang kamu miliki sebagai gambaran lebih mendalam kepada pihak rekruter sebagai kandidat di perusahan yang ingin dilamar. 


Sebagai seorang pemula pastinya bingung dalam membuat about me ini. Walaupun rentang kalimat yang diberikan hanya sedikit, kandidat harus bisa memikirkan kalimat apa yang bisa menggambarkan dirinya dan segenap kemampuan yang dimilikinya.


Pelamar harus bisa memberikan sedikit gambaran dari isi about me ini. Jika kamu adalah pemula yang baru pertama kali melamar pekerjaan, tidak perlu khawatir. ChatGPT sebagai salah satu produk AI memiliki fitur untuk mengetikkan sebuah prompt code yang ditujukan agar AI bisa memberikan referensi sebanyak-banyaknya contoh about me dari berbagai profesi di bidang data.


Penasaran seperti apa contoh-contohnya? Kali ini, DQLab akan mengupas satu persatu contoh about me sesuai dengan profesi idaman pada industri data menggunakan AI. So, simak ya!


1. Contoh About Me untuk Posisi Data Scientist

Berikut adalah contoh "About Me" yang dapat digunakan dalam CV untuk posisi Data Scientist:


Saya sedang mencari peluang di mana saya dapat terus mengembangkan keterampilan analitis saya, berinovasi dalam analisis data, dan berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang tren pasar dan perilaku konsumen. Saya yakin bahwa data adalah aset yang berharga, dan saya berkomitmen untuk menjadikan data sebagai pendorong utama pengambilan keputusan yang cerdas. Berikut adalah contoh lain dalam about me untuk posisi data scientist:

Data Scientist


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Contoh About Me untuk Posisi Data Analyst

Berikut adalah contoh "About Me" yang dapat digunakan dalam CV untuk posisi Data Analyst:


Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan yang inovatif dan berorientasi pada data, di mana saya dapat terus mengembangkan keterampilan analitis saya sambil memberikan kontribusi yang signifikan. Saya percaya bahwa keputusan yang didukung oleh data yang kuat adalah kunci keberhasilan, dan saya berkomitmen untuk membantu mencapai hal tersebut dalam peran Data Analyst saya berikutnya. Adapun contoh lainnya bisa dilihat di bawah ini

Data Scientist


3. Contoh About Me untuk Posisi Data Engineer

Berikut adalah contoh "About Me" yang dapat digunakan dalam CV untuk posisi Data Engineer:


Saya adalah seorang Data Engineer yang berfokus pada membangun infrastruktur data yang kokoh dan scalable untuk mendukung analisis data dan kebutuhan perusahaan. Dengan latar belakang dalam rekayasa perangkat lunak dan manajemen data, saya telah bekerja untuk merancang dan mengimplementasikan solusi data yang efisien dalam berbagai industri, termasuk teknologi dan e-commerce.

Data Engineer


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Contoh About Me untuk Posisi Business Analyst

Berikut adalah contoh "About Me" yang dapat digunakan dalam CV untuk posisi Business Analyst:


"Saya adalah seorang Business Analyst yang berfokus pada memberikan wawasan bisnis yang berarti dan berdampak. Saya memiliki latar belakang yang kuat dalam analisis data, pemodelan bisnis, dan komunikasi yang efektif. Dengan pengalaman di berbagai industri, termasuk perbankan dan e-commerce, saya telah bekerja untuk mengidentifikasi peluang, mengatasi tantangan, dan memaksimalkan efisiensi operasional.

Data Engineer


5. Contoh About Me untuk Posisi Marketing Analyst

Berikut adalah contoh "About Me" yang dapat digunakan dalam CV untuk posisi Marketing Analyst:


"Saya adalah seorang Marketing Analyst yang bersemangat dengan latar belakang yang kuat dalam analisis data dan pemasaran. Saya memiliki hasrat untuk menggali wawasan yang dapat mengoptimalkan strategi pemasaran dan membantu perusahaan mencapai tujuan pertumbuhan. Dengan pengalaman dalam berbagai industri, termasuk periklanan dan e-commerce, saya telah merancang dan melaksanakan kampanye pemasaran yang berhasil dan meningkatkan ROI.

Data Engineer


Chat GPT merupakan salah satu contoh penerapan artificial intelligence,gimana sahabat DQ? Yuk, buat sistem yang serupa dengan chat GPT dan gali pengalaman kamu tentang machine learning dengan mulai membangun pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” .


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar bersama Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login