Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

5 Materi Penting dalam Pelatihan Seorang Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 17-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-02-2023-10-19-184015_x_Thumbnail800.jpg

Di era di mana data menjadi aset berharga, peran seorang Data Scientist semakin vital dalam berbagai industri. Data Scientist adalah orang-orang yang memiliki kemampuan untuk menggali makna dari data, mengidentifikasi tren, dan membuat keputusan berdasarkan wawasan yang diberikan oleh data.


Namun, untuk menjadi seorang Data Scientist yang sukses, ada beberapa materi penting yang harus dikuasai. Artikel ini akan menjelaskan beberapa aspek penting dalam pelatihan seorang Data Scientist dan mengapa pemahaman tentang materi-materi ini sangat krusial.


1. Statistik dan Matematika Dasar

Data Scientist


Statistik dan matematika adalah dasar yang tak terhindarkan dalam perjalanan menjadi seorang Data Scientist. Anda perlu memahami konsep dasar seperti probabilitas, regresi, dan aljabar linear.


Kemampuan ini akan membantu Anda dalam analisis data, memodelkan masalah, dan menguji hipotesis. Terlebih lagi, statistik adalah kunci dalam evaluasi model dan pemahaman tingkat kepercayaan dalam hasil analisis.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Pemrograman

Data Scientist

Pemrograman adalah alat utama seorang Data Scientist. Python dan R adalah bahasa pemrograman yang sangat umum digunakan dalam dunia Data Science. Keterampilan pemrograman memungkinkan Anda untuk mengakses data, membersihkan data, mengembangkan model, dan menghasilkan visualisasi.


Dengan pemrograman, Anda dapat merancang solusi yang dapat mengotomatisasi banyak tugas dalam analisis data, meningkatkan efisiensi, dan akurasi.


3. Pengolahan dan Penyimpanan Data

Sebagian besar pekerjaan seorang Data Scientist melibatkan pengolahan dan analisis data yang besar dan beragam. Anda perlu memahami bagaimana menyimpan data dengan baik, mengekstraksi data dari berbagai sumber, dan melakukan transformasi data yang diperlukan.


Selain itu, pemahaman tentang basis data dan bahasa SQL sangat berguna, karena banyak data tersimpan dalam basis data.


4. Machine Learning

Data Scientist

Machine Learning adalah inti dari pekerjaan seorang Data Scientist. Anda perlu memahami berbagai algoritma Machine Learning, termasuk regresi, klasifikasi, clustering, dan lainnya. 


Kemampuan untuk memahami, menerapkan, dan menilai model-machine learning merupakan salah satu keterampilan utama yang harus dimiliki. Selain itu, Anda perlu memahami konsep seperti overfitting, underfitting, dan validasi model.


5. Bisnis dan Domain Pengetahuan

Terakhir, namun tidak kalah penting, seorang Data Scientist perlu memiliki pemahaman bisnis dan pengetahuan domain yang relevan. Anda perlu memahami konteks di mana data digunakan, dan bagaimana hasil analisis dapat membantu organisasi mencapai tujuannya. 


Ini melibatkan berkomunikasi dengan pemangku kepentingan, mengidentifikasi masalah bisnis, dan menerjemahkan hasil analisis ke dalam rekomendasi yang dapat diimplementasikan.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang Data Scientist, mulailah dengan memperdalam pemahaman Anda tentang materi-materi ini. Ada banyak sumber daya online, kursus, dan komunitas yang dapat membantu Anda dalam perjalanan ini.


DQLab sebagai platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti Python dan SQL, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT siap membantu kamu menggeluti karir di industri data. 


Metode HERO (Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based) yang ramah pemula juga membantu kamu untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif! Tunggu apa lagi? sign up sekarang di DQLab.id!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login