3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 10 Menit 33 Detik

5 Tips Bangun Strategi Jenjang Karir Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 30-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-03-2023-11-30-172620_x_Thumbnail800.jpg

Industri Data Science sedang mengalami perubahan yang cepat, dan peran Data Analyst menjadi semakin penting dalam menghadapi dinamika ini. Data Analyst adalah salah satu profesi di bidang data yang sekarang banyak sekali peminatnya dan juga dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Jadi, Data Analyst ini sebenarnya adalah turunan dari ilmu data science yang menjadi salah satu bidang keilmuan yang paling diminati. 


Data Analyst juga memiliki jenjang karir yang cukup menjanjikan dan tentunya terstruktur. Dalam jenjang karir seorang Data Analyst terdapat beberapa tingkatan yang bisa kalian tempuh untuk menjadi seorang Data Analyst yang profesional. Tingkatan ini dimulai dari Data Analyst Entry Level, Data Analyst Junior, Data Analyst Senior, Data Scientist, dan terakhir ada Konsultan.


Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang jenjang karir Data Analyst, bagaimana mereka dapat menghadapi perubahan yang terus menerus dalam industri, dan memberikan saran praktis tentang bagaimana membangun karir yang kokoh di bidang ini.


Jadi, mari kita jelajahi langkah-langkah yang dapat membawa seorang Data Analyst menuju puncak kesuksesan dalam dunia data science. Selamat membaca!


1. Mengenali Perubahan Industri

Data Analyst

Industri data science terus berkembang, dengan kemunculan teknologi baru dan tren yang muncul. Seorang Data Analyst harus mengenali perubahan ini dan memahami bagaimana hal-hal seperti machine learning, analisis big data, dan kecerdasan buatan dapat mempengaruhi pekerjaan mereka.


Mengetahui tren ini dapat membantu Data Analyst untuk mengembangkan keterampilan yang relevan dan tetap bersaing di pasar kerja yang kompetitif.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Terus Belajar dan Beradaptasi

Kunci utama untuk sukses sebagai Data Analyst adalah kemampuan untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan. Ini melibatkan partisipasi aktif dalam kursus pelatihan, membaca literatur terkini, dan memahami perkembangan teknologi.


Data Analyst yang berfokus pada pembelajaran berkelanjutan akan lebih mampu mengatasi tantangan baru dan memanfaatkan peluang karir yang muncul.


3. Penguasaan Keterampilan Analitis

Data Analyst

Keterampilan analitis merupakan pondasi utama dalam jenjang karir Data Analyst. Data Analyst perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang statistik, pemodelan data, dan interpretasi hasil analisis. Penguasaan keterampilan ini membantu mereka menjadi lebih efektif dalam mengeksplorasi data, mengidentifikasi pola, dan memberikan wawasan yang bernilai.


4. Pembangunan Portofolio Proyek

Membangun portofolio proyek merupakan cara yang efektif untuk menunjukkan keterampilan seorang Data Analyst kepada calon perekrut. Dengan mengerjakan proyek-proyek kecil atau menengah yang mencerminkan kemampuan analitis mereka, seorang Data Analyst dapat membuktikan kemampuannya dalam menyelesaikan masalah dunia nyata dan memberikan nilai tambah bagi organisasi.


5. Kolaborasi dan Komunikasi Efektif

Data Analyst

Selain keterampilan teknis, kemampuan untuk berkolaborasi dan berkomunikasi efektif juga penting. Data Analyst sering bekerja dengan berbagai departemen dan memiliki tugas untuk menjelaskan hasil analisis kepada pemangku kepentingan yang mungkin tidak memiliki latar belakang teknis. Oleh karena itu, meningkatkan keterampilan interpersonal dan komunikasi akan membantu dalam membangun karir yang sukses.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Jika kamu tertarik untuk membangun karir yang solid sebagai Data Analyst dan ingin terus mengikuti tren dan perkembangan terkini dalam industri data science, kami mengundangmu untuk bergabung dengan kursus-kursus Data Analyst di DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :