PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 1 Jam 59 Menit 54 Detik

Rahasia Sukses Jadi Data Scientist dengan Otodidak

Belajar Data Science di Rumah 21-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-02-2024-06-23-213720_x_Thumbnail800.jpg

Data Science adalah bidang yang sedang berkembang pesat dan menawarkan banyak peluang karir. Menjadi Data Scientist tidak harus melalui jalur pendidikan formal, banyak orang sukses menjadi Data Scientist dengan belajar secara otodidak. Dalam artikel ini, kita akan membahas rahasia sukses menjadi Data Scientist otodidak. Yuk, langsung cari tahu di sini!


1. Paham Dasar-dasar Ilmu yang Diperlukan

Menjadi Data Scientist membutuhkan pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar statistik dan matematika. Statistik menjadi inti dari data science karena memungkinkan kita untuk menganalisis data dan membuat kesimpulan berdasarkan data tersebut. Probabilitas, distribusi, uji hipotesis, dan analisis regresi adalah beberapa konsep statistik yang harus dikuasai. Selain itu, aljabar linear dan kalkulus juga penting untuk memahami bagaimana algoritma machine learning bekerja. Mempelajari dasar-dasar ini dapat dilakukan melalui berbagai sumber online seperti kursus, buku, dan video tutorial.


Bahasa pemrograman juga merupakan keterampilan penting bagi seorang Data Scientist. Python adalah bahasa yang paling populer digunakan dalam data science karena kemudahan penggunaannya dan banyaknya library yang tersedia, seperti NumPy, Pandas, Scikit-learn, dan Matplotlib. Selain Python, R juga banyak digunakan, terutama dalam analisis statistik. Menguasai satu atau kedua bahasa ini akan sangat membantu kalian mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Belajar dari Sumber Terpercaya

Belajar secara otodidak berarti kalian harus mencari sumber belajar yang terpercaya dan berkualitas. Ada banyak platform online yang menawarkan kursus data science, baik gratis maupun berbayar. DQLab adalah salah satu contoh platform terbaik yang menyediakan materi lengkap dan mentor terkemuka.


Kursus-kursus ini biasanya mencakup materi yang komprehensif, mulai dari dasar-dasar hingga topik lanjutan. Kalian juga dapat memilih kursus yang sesuai dengan level pengetahuan kalian dan belajar sesuai dengan kemampuan sendiri.


Selain kursus online, buku juga merupakan sumber belajar yang sangat baik. Buku-buku seperti "Python for Data Analysis" oleh Wes McKinney dan "Introduction to Statistical Learning" oleh Gareth James adalah referensi yang sangat bagus untuk memahami konsep dasar dan teknik dalam data science. Membaca buku memberikan kalian pemahaman yang lebih mendalam dan terstruktur dibandingkan sumber belajar lainnya. Selain itu, banyak penulis buku adalah praktisi dan akademisi yang memiliki pengalaman luas di bidang data science, sehingga kalian bisa mendapatkan ilmu lebih dari para ahli.


3. Praktik dengan Proyek Nyata

Salah satu kunci sukses belajar data science secara otodidak adalah menerapkan teori yang telah dipelajari ke dalam praktik nyata. Proyek nyata membantu kalian memahami bagaimana konsep dan teknik data science digunakan dalam situasi dunia nyata. Kalian dapat mulai dengan proyek sederhana seperti analisis data eksploratif atau visualisasi data, kemudian berlanjut ke proyek yang lebih kompleks seperti pengembangan model prediktif. Platform seperti Kaggle menyediakan dataset dan kompetisi yang memungkinkan kalian berlatih dan menguji keterampilan.


Membangun portofolio proyek adalah cara efektif untuk menunjukkan keterampilan dan pengalaman kalian kepada recruiter. Simpan dan tampilkan proyek-proyek di platform seperti GitHub. Langkah ini tidak hanya membantu kalian melacak progres belajar, tetapi juga memberi bukti konkret kepada rekruiter tentang kemampuan kalian. Portofolio proyek yang baik harus mencakup deskripsi proyek, data yang digunakan, metode analisis, hasil, dan kesimpulan.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Mengambil Sertifikasi

Beberapa sertifikasi yang terkenal di bidang data science termasuk Certified Data Scientist (CDS), Google Data Analytics Professional Certificate, dan Microsoft Certified: Azure Data Scientist Associate. Sertifikasi ini biasanya melibatkan ujian yang menguji pemahaman kalian tentang berbagai aspek data science, seperti analisis data, pemrograman, dan penggunaan alat-alat data science.


Mengambil sertifikasi memerlukan persiapan yang serius, tetapi hasilnya sepadan dengan upaya yang kalian investasikan karena dapat membuka lebih banyak peluang karir dan meningkatkan daya saing kalian.


Mengambil sertifikasi juga membantu kalian tetap update dengan tren dan teknologi terbaru di bidang data science. Bidang ini terus berkembang dengan cepat, dan dengan mendapatkan sertifikasi, kalian akan dipaksa untuk belajar dan memahami konsep-konsep terbaru yang relevan. Ini tidak hanya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tetapi juga menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa kalian seorang profesional yang berdedikasi dan berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang.


Bagi kalian yang bingung mencari sumber belajar otodidaj yang terbaik, DQLab adalah salah satu platform belajar yang tepat. DQLab memiliki fasilitas Live Class Bootcamp Data Scientist untuk kalian yang ingin belajar secara intensif bersama praktisi handal di bidangnya. Program ini memberikan beragam manfaat di antaranya:

  • Belajar dari dasar dengan materi terstruktur dan dikemas dengan metode storytelling.

  • Asah teori dan skill secara langsung dengan studi kasus nyata di industri.

  • Sesi bimbingan dengan mentor untuk membangun portfolio data.

  • Materi dan rekaman sesi bisa diakses selamanya.

  • Dapatkan e-certificate setelah menyelesaikan program.


Yuk, tunggu apalagi segera Sign Up dan ikuti Bootcamp Data Scientist, untuk nikmati proses pembelajaran intensif dengan para ahli di bidangnya! Persiapkan diri kalian untuk menjadi seorang Data Scientist yang mahir bersama DQLab.


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login