SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 14 Jam 41 Menit 42 Detik

AI On-device dalam Gadget dengan Fitur Live Translate

Belajar Data Science di Rumah 07-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-09-2024-06-07-204424_x_Thumbnail800.jpg

Belakangan ini, kemampuan AI tak hanya dirasakan pada sektor-sektor kunci. Pada produk gadget khususnya brand ternama Samsung Galaxy Series ternyata juga dibekali dengan AI on-device yang tak kalah keren. Salah satunya yaitu fitur Live Translate yang memungkinkan penggunanya menelpon dengan orang yang berbicara dalam bahasa berbeda dan secara otomatis menerjemahkan percakapan secara real-time. 


Fitur ini sangat bermanfaat bagi mereka yang sering bepergian ke luar negeri atau berinteraksi dengan teman dan kolega dari berbagai negara. Dengan Live Translate, percakapan menjadi lebih lancar tanpa perlu khawatir tentang kendala bahasa, karena AI di dalam perangkat akan bekerja sebagai penerjemah pribadi yang cepat dan akurat. Live Translate juga membantu pengguna untuk melakukan reservasi hotel, restoran, hingga konsultasi rencana perjalanan kamu dengan teman dari berbagai negara.


Tentunya bahasa bukan lagi jadi kendala. Berikut adalah manfaat fitur Live Translate yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Simak yuk sahabat DQLab!


1. Meningkatkan Produktivitas

Dalam dunia bisnis, fitur Live Translate memudahkan pebisnis dalam menjalin komunikasi dengan mitra internasional, mempercepat proses negosiasi, dan menghindari kesalahpahaman yang dapat terjadi akibat perbedaan bahasa. Dengan adanya terjemahan real-time, pebisnis dapat langsung memahami kebutuhan dan penawaran dari mitra asing tanpa harus bergantung pada penerjemah manusia (translator/interpreter), yang seringkali memerlukan waktu lebih lama dan bisa menimbulkan jeda dalam komunikasi.


Selain itu, fitur ini juga memungkinkan pebisnis untuk mengadakan konferensi dan rapat virtual dengan lebih efisien. Misalnya, saat menghadiri rapat dengan klien dari berbagai negara, setiap peserta dapat berbicara dalam bahasa mereka sendiri dan Live Translate akan menerjemahkan ucapan mereka ke dalam bahasa yang dipahami oleh semua peserta. Ini tidak hanya meningkatkan efisiensi rapat tetapi juga memastikan bahwa setiap detail diskusi dipahami dengan jelas oleh semua pihak.


Artificial Intelligence

Sumber Gambar: Samsung Newsroom


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Komunikasi Tanpa Batas

Kini, kamu sudah tak perlu canggung lagi untuk berkomunikasi dengan siapapun tanpa khawatir akan kendala bahasa. Fitur Live Translate pada perangkat seperti Samsung Galaxy S24 Series memungkinkan kamu untuk berbicara dengan orang dari berbagai belahan dunia dengan mudah dan percaya diri. Misalnya, saat berlibur ke negara asing, kamu bisa meminta arah, berbelanja, atau sekadar berbincang dengan penduduk lokal tanpa harus menguasai bahasa mereka terlebih dahulu.


Fitur ini juga sangat berguna dalam dunia profesional. Ketika menghadiri rapat internasional atau bernegosiasi dengan klien dari luar negeri, kamu bisa memahami dan merespons dengan tepat tanpa membutuhkan penerjemah. Ini tidak hanya menghemat waktu tetapi juga menunjukkan bahwa kamu siap dan kompeten dalam situasi global.


3. Belajar Bahasa jadi Lebih Mudah

Dalam kehidupan sehari-hari, fitur Live Translate juga jadi alat bantu untuk belajar bahasa asing. Kamu bisa menonton film atau membaca artikel dalam bahasa asing dengan mendapatkan terjemahan secara langsung sehingga proses pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Misalnya, ketika menonton film, subtitle dalam bahasa yang dikuasai dapat ditampilkan berdampingan dengan dialog asli, memungkinkan penonton untuk memahami konteks sambil memperkaya kosakata mereka.


Selain itu, saat membaca artikel atau buku dalam bahasa asing, Live Translate dapat membantu memahami istilah atau frasa yang sulit tanpa harus berhenti dan mencari terjemahan secara manual. Ini tidak hanya mempercepat proses pembelajaran tetapi juga meningkatkan pemahaman terhadap nuansa dan struktur bahasa baru.

 

Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Mempermudah dalam Percakapan 

Bagi pelajar, fitur ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan keterampilan bahasa secara cepat dan efisien. Misalnya, mereka dapat berbicara dengan native speaker melalui panggilan video atau telepon dan menerima terjemahan langsung, yang membantu mereka belajar pengucapan dan intonasi yang benar. Fitur ini juga mendukung interaksi langsung dalam kelas bahasa asing, memungkinkan pelajar untuk berkomunikasi dan bertanya tanpa rasa khawatir tentang keterbatasan bahasa.


Live Translate juga berguna dalam situasi sehari-hari seperti berbelanja di toko online internasional, memesan makanan di restoran asing, atau bahkan saat bepergian ke negara lain. Dengan dukungan AI, semua aktivitas ini menjadi lebih mudah dan menyenangkan, membuka peluang untuk eksplorasi budaya baru dan interaksi yang lebih luas.


Fitur Live Translate pada gadget seperti Samsung Galaxy S24 Series adalah bukti nyata bagaimana AI on-device dapat mengubah cara kita berkomunikasi dan berinteraksi. Dengan menghilangkan hambatan bahasa, AI membantu menciptakan dunia yang lebih terhubung dan inklusif.


Teknologi ini tidak hanya membuat hidup lebih mudah tetapi juga membuka peluang baru dalam bisnis, pendidikan, dan hubungan sosial. Dengan terus berkembangnya teknologi AI, kita dapat mengharapkan fitur-fitur yang lebih inovatif dan canggih di masa depan, membawa kita semakin dekat ke dunia tanpa batasan bahasa.


Mau belajar lebih banyak seputar AI? Atau mungkin belajar sambil ditemani dengan teknologi AI yang mengagumkan? DQLab punya terobosan baru lho! Kini kamu bisa belajar coding sambil berkomunikasi lewat AI Chatbot! DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT. 


Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis: Reyvan Maulid




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login