Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

AI vs Machine Learning : Definisi & Cara Kerja

Belajar Data Science di Rumah 15-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-07-2023-09-16-081142_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan teknologi saat ini sangatlah cepat dan membawa pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan manusia. Salah satu sektor yang terpengaruh adalah sektor industri, yang dimana sudah banyak sekali perusahaan yang menggunakan teknologi terbarukan.


Tidak heran jika banyak perusahaan menempatkan pengolahan data dan juga data analytics sebagai bagian yang sangat penting dalam proses bisnis. Maka dari itu, perusahaan-perusahaan ini harus menerapkan Artificial Intelligence dan juga Machine Learning untuk membantu mengolah data perusahaan. 


Kedua hal ini diperlukan karena perusahaan membutuhkan proses komputasi untuk menganalisis big data agar informasi yang didapatkan bisa berguna bagi perusahaan. Pada dasarnya Machine Learning dan juga AI memiliki peran yang cukup penting untuk memproses data management maupun data analisis yang menjadi salah satu tumpuan yang sangat penting, agar proses bisnis berjalan dengan lancar.


Namun, pastinya masih banyak orang yang bingung apa bedanya Machine Learning dan AI. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas apa perbedaan kedua hal ini. Yuk simak pembahasannya!


1. Apa Itu Artificial Intelligence?

AI atau Artificial Intelligence mungkin cukup familiar di kehidupan kita sehari-hari. Karena secara tidak sadar AI ini sudah mencakup banyak sekali hal. Definisi dari AI sendiri adalah ilmu komputer yang memiliki fungsi untuk menciptakan mesin cerdas agar bisa bekerja selayaknya manusia.


Salah satu contoh AI yang sering kita pakai dan populer saat ini adalah seperti Open AI, Siri, Google Search, Image Recognition Software, dan lain sebagainya. Cara kerja dari AI ini mirip dengan manusia yaitu bisa menyelesaikan masalahnya sendiri. 


Machine Learning

Credit by Forbes


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Apa Itu Machine Learning?

Machine Learning adalah salah satu cabang AI yang memiliki algoritma komputer dan sangat berguna untuk meningkatkan kinerja dari sebuah program komputer komputer secara mandiri dengan menggunakan data yang ada.


Cara kerja dari machine learning adalah mengumpulkan data, memproses data tersebut, lalu membandingkan datanya untuk mencari sebuah pola dan juga menganalisis perbedaannya. Machine learning juga memiliki tipe algoritma nya yaitu supervised learning, unsupervised learning, dan reinforcement learning.


Selain itu machine learning juga memiliki beberapa macam elemen penting dalam pengolahan data yaitu ada data mining, data science, data mapping, dan lain sebagainya.

Machine Learning

Credit by Emeritus


3. Persamaan AI dan Machine Learning

Ada beberapa persamaan antara kedua hal ini yaitu seperti:

  • Pemecahan masalah dengan cara yang sama dengan manusia

    Solusi dari AI dan Machine Learning ini cocok untuk tugas-tugas kompleks yang umumnya melibatkan hasil yang presisi berdasarkan pengetahuan yang dipelajari. Untuk memecahkan masalah yang kompleks, dua hal ini sama yaitu bekerja secara otomatis dan berpikir layaknya manusia biasa.


  • Bidang ilmu Komputer

    AI dan Machine learning adalah bidang ilmu komputer yang berfokus pada pembuatan perangkat lunak yang menganalisis, menafsirkan, dan juga memahami data dengan cara yang kompleks. Perangkat lunak yang dibuat ini didesain dengan baik untuk menyelesaikan tugas dengan cepat, lebih cepat dari manusia.


  • Aplikasi lintas industri

    Ada banyak aplikasi AI pada semua industri, jadi kalian bisa menggunakan AI untuk meningkatkan hasil pertanian, memprediksi hasil olahraga, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk aplikasi Machine Learning cakupannya juga luas. Aplikasi Machine Learning ini seperti deteksi fraud asuransi, perkiraan permintaan ritel, dan lain sebagainya.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Perbedaan Utama Pada AI dan Machine Learning

Selain itu ada beberapa perbedaan utama pada AI dan machine learning seperti berikut ini:

  • Tujuan

    Tujuan dari AI adalah membuat mesin dapat menyelesaikan tugas manusia yang kompleks secara efisien. Sedangkan untuk Machine learning sendiri adalah membuat mesin untuk menganalisis data dalam volume yang besar, membuat mesin akan menggunakan model statistik untuk mengidentifikasi pola dalam data dan memberikan hasil.

  • Methods

    AI ini mencakup berbagai metode yang digunakan untuk memecahkan beragam masalah. Metode ini mencakup algoritma genetik, jaringan neural, algoritma pencarian, dan machine learning itu sendiri. Sedangkan metode machine learning ini sendiri terbagi dua kategori yaitu pembelajaran yang diawasi dan pembelajaran tanpa pengawasan.


Gimana sahabat DQ? Ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang machine learning sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” .


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :