SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 9 Jam 4 Menit 35 Detik

AI vs Machine Learning, Mana yang Perlu Dipelajari?

Belajar Data Science di Rumah 26-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a2e43da6d1df63c6859c3c7bb3447b02_x_Thumbnail800.jpeg

Machine Learning dan Artificial Intelligence merupakan contoh dari teknologi yang kerap kali dibicarakan, terlebih ketika teknologi digital semakin berkembang pesat. Saat ini, banyak perusahaan yang mulai menyadari bahwa data memegang peranan penting dalam proses pengambilan keputusan. Namun karena maraknya penggunaan teknologi digital, data yang ada menjadi sangat banyak jenisnya dan dengan volume yang besar pula. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan Artificial Intelligence dan Machine Learning.


Banyak orang (khususnya yang masih awam akan kedua bidang ini) menganggap Machine Learning dan Artificial Intelligence adalah hal yang sama. Padahal, keduanya sangat berbeda. Pada dasarnya, Machine Learning sendiri merupakan bagian dari Artificial Intelligence. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Artificial Intelligence dan Machine Learning, termasuk mengenai pengertian, mana yang harus dipelajari lebih dulu, hingga membahas apakah Artificial Intelligence bisa bekerja tanpa Machine Learning. Penasaran dengan artikel nya? Yuk, simak pembahasan berikut ini!


1. Artificial Intelligence

Machine Learning

Artificial Intelligence adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk mengembangkan komputer dan robot agar mampu berperilaku seperti manusia atau bahkan melampaui kemampuan manusia. Program yang ada di belakang Artificial Intelligence dapat menganalisis dan mengkontekstualisasikan data sehingga membuat mesin dapat melakukan tindakan secara otomatis berdasarkan informasi yang didapatkan.


Saat ini, Artificial Intelligence menjadi inti dari banyak teknologi yang kita gunakan sehari-hari, misalnya saja asisten virtual (Siri, Google Assistant, dll). Perusahaan menggabungkan teknik seperti Natural Processing Language dan Computer Vision agar bisa mengotomatiskan tugas, mempercepat pengambilan keputusan, serta memungkinkan terjadi percakapan dua arah seperti pada chatbots.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Machine Learning

Machine Learning

Machine Learning merupakan bagian dari Artificial Intelligence. Dalam Machine Learning, komputer akan dibuat untuk belajar dan mengenali pola dari data dengan menggunakan data training. Nantinya hasil pembelajaran ini akan digunakan untuk membuat keputusan. Namun sebelum kita bisa menggunakan model yang sudah dilatih tersebut untuk melakukan prediksi atau membuat keputusan, kita harus menguji model yang sudah dibuat. Semakin tinggi akurasi yang dihasilkan, maka model kita akan semakin mampu menggeneralisasi data yang ada.


Machine Learning sebenarnya juga merupakan teknologi yang sangat luas. Setidaknya kita bisa mengelompokkannya ke dalam tiga jenis, yaitu Supervised Learning (datanya sudah memiliki label sehingga target nya jelas), Unsupervised Learning (datanya tidak memiliki label dan tidak ada target yang jelas), serta Reinforcement Learning (proses training dan testing dilakukan secara bersamaan berdasarkan respon dari environment nya).


3. Mana yang lebih Utama untuk Dipelajari?

Machine Learning

Bagi orang yang baru akan terjun di bidang ini, tentu akan menjadi pertanyaan, mana sih yang harus dipelajari duluan? Nah, jawabannya adalah tergantung dari tujuan yang ingin dicapai. Jika kita tertarik untuk masuk ke bidang seperti Natural Language Processing, Computer Vision, atau robotika yang berhubungan erat dengan Artificial Intelligence, maka akan lebih utama untuk menguasai Artificial Intelligence terlebih dahulu. Namun jika tidak, maka akan lebih baik untuk memulai dengan mempelajari Machine Learning.


Seperti yang kita ketahui, Machine Learning merupakan bagian dari Artificial Intelligence. Sehingga akan banyak tumpang tindih mengenai kedua hal tersebut. Terlepas dari apakah kita memulai dengan mempelajari materi khusus Artificial Intelligence atau materi yang berfokus pada Machine Learning. Keduanya akan kita gunakan secara bersamaan.


4. Apakah Artificial Intelligence Bisa Bekerja Tanpa Machine Learning?

Machine Learning

Machine Learning sangat berkaitan erat dengan Artificial Intelligence, sehingga tidak mengherankan jika banyak orang yang menganggap bahwa Artificial Intelligence dan Machine Learning adalah hal yang sama. Machine Learning sendiri memegang peranan penting dalam Artificial Intelligence. Bahkan jika diibaratkan, Machine Learning adalah otak dari manusia sementara Artificial Intelligence adalah keseluruhan kepala. Namun ternyata, Artificial Intelligence tetap bisa bekerja tanpa harus melibatkan Machine Learning, misalnya saja dalam proses pembuatan mobil dengan tanpa driver, fuzzy logic, robotic, dan masih banyak lagi.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Pemanfaatan Machine Learning dalam kehidupan sehari-hari bukanlah hal yang bisa kita pungkiri. Adanya Machine Learning tidak hanya memberikan manfaat bagi para pemilik bisnis, namun juga bisa meringankan pekerjaan kita sebagai masyarakat biasa.


Agar tidak tertinggal dan bisa mengikuti perkembangan zaman, kita juga harus terus mengupgrade diri. Salah satunya adalah dengan mempelajari Machine Learning. Tenang, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi mencari tempat belajar karena DQLab juga menyediakan modul yang membahas tentang Machine Learning, yaitu modul “Machine Learning with Python for Beginning”. 


Yuk, tunggu apa lagi? Sign up, dan belajar Machine Learning sekarang juga!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login