Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

AI vs Machine Learning Manfaat Hingga Perbedaaannya

Belajar Data Science di Rumah 17-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-07-2023-11-17-181515_x_Thumbnail800.jpg

Teknologi saat ini sudah banyak sekali perkembangan dan memberikan banyak sekali pengaruh bagi banyak perusahaan. Ada beberapa teknologi yang dipakai oleh perusahaan salah satunya adalah Artificial Intelligence dan juga Machine Learning. Kedua istilah ini sudah cukup populer sekarang ini. Karena dengan dua teknologi ini dapat mempermudah proses pengolahan data perusahaan yang semakin meningkat dalam skala yang cukup besar.


Machine learning dan juga Artificial Intelligence ini memiliki peran yang cukup penting untuk memproses data management maupun data analytics yang menjadi pilar penting untuk kelangsungan bisnis. Mungkin diantara kalian masih bingung perbedaan dari Machine Learning dan juga Artificial Intelligence itu apa saja. Nah, pada artikel kita kali ini, kita akan membahas perbedaan kedua hal tersebut. Mari kita simak pembahasannya!


1. Apa itu Artificial Intelligence (AI)?

Artificial Intelligence adalah salah satu bidang teknologi yang luas, yang mengacu pada penggunaan teknologi untuk membangun mesin dan juga komputer yang sudah memiliki kemampuan untuk menirukan fungsi kognitif yang berkaitan dengan kecerdasan manusia, contohnya seperti kemampuan untuk melihat, memahami, dan juga merespons bahasa, menganalisis data, dan lain sebagainya.


Walaupun kecerdasan buatan ini cukup sering dianggap dengan sebuah sistem, kecerdasan buatan ini adalah sebuah perangkat teknologi yang diterapkan ke dalam sebuah sistem yang memungkinkannya untuk bisa belajar, berpikir, dan bertindak untuk memecahkan masalah yang cukup kompleks.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Apa itu Machine Learning?

Machine Learning adalah bagian dari teknologi Artificial Intelligence yang secara otomatis memungkinkan sebuah mesin untuk belajar secara mandiri dan berkembang dari pengalaman atau dari data historis.


Machine Learning ini menggunakan algoritma untuk menganalisis data dalam jumlah yang cukup besar, berkembang dari data historis, dan bisa membuat keputusan dari data tersebut secara tepat. Algoritma Machine Learning ini dapat meningkatkan kinerja seiring dengan pelatihannya. 


3. Perbedaan Utama Dari AI dan Machine Learning

Machine Learning adalah cabang khusus dari Artificial Intelligence (AI). Machine Learning ini memiliki lingkup kerja dan fokus yang terbatas dibandingkan dengan Artificial Intelligence (AI). AI sendiri sudah mencakup beberapa strategi dan juga teknologi yang berada di luar lingkup machine learning.


Adapun perbedaan utama diantara kedua hal tersebut yaitu seperti berikut ini:

  • Tujuan

    Tujuan AI adalah agar mesin bisa menyelesaikan tugas manusia yang kompleks secara efisien. Sedangkan Machine Learning adalah agar mesin dapat menganalisis data dalam volume yang cukup besar.

  • Metode

    Metode pada AI sendiri digunakan untuk memecahkan beragam masalah seperti algoritma genetik, jaringan neural, sistem berbasis aturan, dan Machine Learning itu sendiri. Sedangkan untuk Machine Learning sendiri dibagi menjadi dua metode yaitu pembelajaran yang diawasi dan juga pembelajaran tanpa pengawasan.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Manfaat Menggunakan AI dan Machine Learning Secara Bersamaan

AI dan juga Machine Learning ini memiliki manfaat yang cukup besar bagi organisasi dalam segala bentuk dan juga ukuran dengan kemungkinan-kemungkinan baru yang bermunculan. Seiring bertambahnya ukuran dan juga kompleksitas data dan sistem otomatis menjadi salah satu hal yang penting untuk membantu perusahaan mengotomasi tugas dan juga bisa menghasilkan wawasan yang bisa ditindak lanjuti untuk bisa mencapai hasil yang lebih baik.


Manfaat AI dan juga Machine Learning dalam bisnis yaitu seperti

  • Rentang data yang lebih luas

  • Pengambilan keputusan yang lebih cepat

  • Lebih efisien

  • Integrasi analitik yang bisa menambah wawasan ke dalam pelaporan dan juga aplikasi bisnis


Gimana sahabat DQ? Nggak perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang machine learning sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login