PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 3 Jam 39 Menit 21 Detik

Algoritma Unik Tipe Machine Learning: Generative Learning

Belajar Data Science di Rumah 27-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-07-2024-06-27-174724_x_Thumbnail800.jpg

Machine learning telah menjadi kunci di balik berbagai lahirnya berbagai inovasi teknologi yang mengubah cara kita hidup kita dengan pesat di era digital ini. Salah satu tipe machine learning yang unik dan menarik adalah Generative Learning. Lain dengan tipe machine learning sebelumnya yang berfokus pada prediksi atau klasifikasi, Generative Learning memiliki kemampuan luar biasa untuk menciptakan data baru yang mirip dengan data aslinya.


Bayangkan jika kamu bisa menghasilkan gambar wajah manusia yang realistis, menciptakan musik yang indah, atau menulis teks yang kreatif - semua ini dimungkinkan dengan Generative Learning. Pasti akan mampu membantu para seniman untuk mengembangkan karya-karyanya jika teknologi tersebut dapat dimanfaatkan dengan tepat.


Penasaran bagaimana keunikan-keunikan dari tipe machine learning ini? Simak penjelasannya dibawah ini!


1. Menjelajahi Algoritma Generative Learning

Berbeda dengan tipe machine learning lain seperti supervised, unsupervised, semi-supervised, dan reinforcement learning yang fokus pada memprediksi atau memahami data, Generative Learning bertujuan untuk menghasilkan data baru yang mirip dengan data pelatihan.


Hal ini membuatnya ideal untuk aplikasi dimana data pelatihan yang representatif sulit didapatkan atau di mana data baru diperlukan untuk mengembangkan produk atau layanan baru. Oleh karenanya, Generative Learning juga memiliki keunikan algoritma yang tidak terdapat pada tipe machine learning lainnya, yakni:

Machine Learning

Sumber: developer.ibm.com


  • Generative Adversarial Networks (GANs)
    Algoritma ini seperti pertarungan sengit antara dua tim. Satu tim, generator, berusaha menciptakan gambar, musik, atau teks yang realistis, sementara tim lain, discriminator, berusaha membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Pertempuran ini terus berlangsung, meningkatkan kemampuan generator dalam menghasilkan data yang semakin realistis.

Machine Learning

Sumber: towardsdatascience.com

  • Variational Autoencoders (VAEs)

    Algoritma ini seperti kompresi data yang cerdas. VAE mempelajari pola dalam data dan kemudian mengompresnya menjadi representasi yang lebih kecil. Representasi ini kemudian dapat digunakan untuk menghasilkan data baru yang mirip dengan data asli.

  • Autoregressive Models

    Algoritma ini seperti memprediksi kata demi kata. Model ini mempelajari pola dalam urutan data, seperti urutan kata dalam kalimat atau urutan nada dalam musik. Pengetahuan ini kemudian digunakan untuk menghasilkan urutan baru yang mirip dengan urutan yang telah dipelajari.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Penggunaan Generative Learning yang Menakjubkan

Generative Learning bukan sekadar trik sulap algoritma. Kemampuannya membuka pintu gerbang untuk perkembangan berbagai aplikasi dan teknologi lainnya yang lebih revolusioner di masa mendatang. Berikut beberapa contoh penggunaan Generative Learning yang saat ini sudah mulai dimanfaatkan secara luas:

  • Membuat gambar, musik, dan teks yang realistis, contohnya avatar virtual atau gambar yang tak terbedakan dari manusia seperti teknologi OpenAI's DALL-E 2, musik yang dipersonalisasi sesuai selera seperti teknologi yang bisa dimanfaatkan dari Google MusicBERT, atau cerita yang ditulis AI yang memikat hati seperti teknologi yang ada pada ChatGPT 4.0. 

  • Meningkatkan kualitas data, dimana generative Learning dapat digunakan untuk mengisi celah data yang hilang atau membuat data simulasi untuk pelatihan model machine learning lainnya.

  • Mengembangkan produk baru, dimana algoritma ini dapat membantu mendesain material baru, memprediksi tren pasar, atau bahkan menciptakan obat-obatan untuk berbagai penyakit sehingga bisa membantu proses penyembuhan yang lebih efektif.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner 


3. Tantangan dan Etika Penggunaan Generative Learning

Kekuatan besar dari teknologi Generative Learning yang terus berkembang juga diiringi dengan tanggung jawab besar. Beberapa tantangan dan etika penggunaan teknologi juga harus dipertimbangkan dengan matang oleh berbagai pihak yang harus berkecimpung atau mengembangkan teknologi seperti ini.


Generative Learning algoritmanya dilatih dengan bias sehingga dapat menghasilkan output yang diskriminatif. Teknologi ini juga dapat digunakan untuk membuat konten palsu yang menyesatkan. Oleh karenanya, penting untuk memastikan penggunaan algoritma ini secara etis dan bertanggung jawab, dengan menghormati privasi pengguna produk atau aplikasinya.


Generative Learning saat ini masih menjadi bidang penelitian yang aktif, dan potensinya masih terus berkembang. Seiring dengan kemajuan teknologi, kita memiliki potensi untuk mengembangkan aplikasi dengan teknologi yang lebih menakjubkan dan bermanfaat dari Generative Learning ini di berbagai bidang. Sehingga di masa depan juga banyak pekerjaan yang lebih revolusioner dan produktif.


Nah, kamu ingin mengembangkan berbagai teknologi Machine Learning seperti contoh diatas? Yuk, pelajari caranya dan gali keterampilan kamu tentang Machine Learning dengan mulai membangun pemahaman mendasar kamu tentang Machine Learning dan AI dengan  Sign Up ke platform  DQLab!


Banyak modul berkualitas yang telah disusun khusus oleh para ahli sesuai kebutuhan industri yang komprehensif. Dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Bahkan diintegrasikan dengan ChatGPT. Manfaatnya apa?

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun

Tidak cuma itu, DQLab juga sudah menerapkan metode pembelajaran HERO yakni Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula, dan telah terbukti mencetak talenta-talenta unggulan yang sukses berkarier di bidang data.


Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera persiapkan diri untuk menguasai Machine Learning dengan modulnya atau kamu juga bisa mengikuti Bootcamp Machine Learning & AI for Beginner dari DQLab sekarang!


Penulis: Lisya Zuliasyari


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login