FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 33 Menit 42 Detik 

Analisis Semiotika: Teknik Analisis Data yang Menganalisis Simbol

Belajar Data Science di Rumah 19-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/199e5db8ae79f8f11e3630af14e1cca8_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data merupakan suatu metode yang digunakan untuk proses analisis data. Data perlu dianalisis untuk menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk mempertimbangkan penentuan keputusan. Pemilihan teknik analisis data dapat mempertimbangkan beberapa hal seperti rumusan masalah, tujuan penelitian, kegiatan yang dilaksanakan, dan lain-lain. Secara umum terdapat dua jenis teknik analisis data yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.


Teknik analisis data kuantitatif merupakan teknik analisis data yang diterapkan pada data kuantitatif. Data kuantitatif merupakan data yang bersifat numerik atau datanya berupa angka. Beberapa contoh teknik analisis data kuantitatif antara lain seperti analisis deskriptif, analisis regresi, analisis inferensial, dan lainnya.


Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai teknik analisis data kualitatif yang menganalisis data kualitatif, yaitu data yang bersifat non numerik.


1. Analisis Konten

Analisis konten merupakan salah satu teknik analisis data kualitatif yang berupa pembahasan secara mendalam terkait isi dari informasi.


Teknik analisis konten merupakan metode yang digunakan untuk menganalisis isi teks dan untuk mendeskripsikan pendekatan analisis yang khusus serta mengidentifikasi karakteristik suatu pesan secara objektif, sistematis dan generalis. Salah satu tokoh yang mempelopori teknik ini adalah Harold D. Lasswell. 

teknik analisis data


Baca juga: Tutorial Mudah Implementasi Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Analisis Naratif

Teknik analisis data kualitatif lainnya adalah analisis naratif. Analisis naratif merupakan metode penelitian yang berguna untuk memahami suatu teks berdasarkan narasi atau cerita yang dituturkan. Narasi-narasi yang dimaksud dapat dimisalkan sebagai novel, dongeng, cerpen, catatan sejarah, autobiografi, dan lain-lain.


Bentuk riset dari teknik ini dapat berupa story telling yang dapat menggunakan beberapa pendekatan seperti menguraikan peristiwa, narasi kehidupan, evolusi program, dan lainnya. Adapun unsur pokok dalam teknik analisis naratif antara lain alur cerita yang meliputi bagian awal, tengah dan akhir.

teknik analisis data


3. Analisis Semiotika

Analisis semiotik merupakan teknik analisis data kualitatif yang bertujuan untuk menemukan atau menganalisis simbol atau tanda dalam teks dengan sistematis. Semiotik dikenal dengan istilah tanda, yaitu sesuatu yang menggambarkan sesuatu yang lain.


Terdapat dua macam tanda yaitu berupa ekspresi seperti kata, suara, simbol, dsb dan macam lainnya yaitu berupa konten. Terdapat beberapa contoh penerapan teknik ini seperti analisis semiotika pada media massa, analisis semiotika pada film, dan analisis semiotika pada musik.

teknik analisis data


4. Analisis Deskriptif

Analisis deskriptif merupakan salah satu jenis teknik analisis data yang sudah sering digunakan oleh banyak orang. Penerapan teknik analisis ini sangat membantu peneliti dan pembaca dalam memahami gambaran data penelitian, meringkas kejadian atau fenomena berupa perilaku, persepsi, tindakan, motivasi atau lainnya.


Terdapat beberapa langkah dalam analisis deskriptif yang dapat diikuti antara lain merumuskan masalah, memilih data, memilih teknik pengumpulan data, melakukan analisis dan kesimpulan penelitian.

teknik analisis data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


Penggunaan teknik analisis data yang tepat merupakan salah satu poin penting yang tidak boleh terlewatkan dalam kegiatan penelitian. Terdapat berbagai macam teknik analisis data baik dalam jenis kualitatif maupun kuantitatif yang dapat digunakan. Jika kalian ingin mempelajari beberapa teknik analisis data, langsung saja coba sign ini di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :