[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 16 Jam 23 Menit 23 Detik 

Apa Itu Data Scientist? Profesi Hits di Bidang Data 2022

Belajar Data Science di Rumah 04-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7af61435fd60c33b51c8d9909f189f59_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist adalah sebuah profesi yang mengolah data dengan metode ilmiah untuk menghasilkan informasi yang akurat dan bernilai tinggi sehingga dapat membantu pengambilan keputusan. Data scientist harus menguasai ilmu multi disiplin, yaitu matematika statistik, ilmu komputer, dan pengetahuan terhadap salah satu domain tertentu. Dalam era Transformasi Digital saat ini, ilmu data science sangat dibutuhkan, diantaranya adalah dalam bisnis ritel, bisnis distribusi, kedokteran dan masih banyak lini bisnis lainnya. 


Perkembangan revolusi industri 4.0. tentunya memiliki dampak positif dan juga negatif. Dengan berkembangnya era digital dan juga artificial intelligence, beberapa profesi harus rela digantikan pekerjaannya oleh robot. Namun, beberapa profesi baru juga banyak yang lahir di era ini. Apalagi ketika berbagai industri mulai membuka diri terhadap dunia digital. Misalkan semua pertanyaan customer yang dulunya harus dijawab oleh Customer Service, sekarang bisa digantikan tugasnya oleh chatbot.


Nah, untuk mengenal data scientist lebih lanjut, berikut ini merupakan ulasan mengenai profesi data scentist. Yuk, simak terus!


1. Data Scientist Dapat Mempengaruhi Keputusan Bisnis

data scientist

Menjadi seorang Data Scientist tentunya harus siap mengemban banyak tugas-tugas berat yang berkaitan langsung dengan kemajuan perusahaan tempat ia bekerja. Seorang Data Scientist menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi perusahaan karena hasil analisa yang dihasilkan sangat mempengaruhi keputusan bisnis yang akan diambil oleh pemegang kekuasaan.


Data Scientist merupakan seseorang yang bertugas untuk mengolah data dalam jumlah besar atau yang dikenal dengan big data, sehingga akan menghasilkan informasi yang berguna. Selain berjumlah sangat banyak, karakteristik Big Data lainnya yaitu data yang bervariasi, dan terkumpul dalam waktu yang relatif singkat. Sayang, bukan jika hanya dibiarkan saja. Padahal jika diolah dengan benar, kita bisa menemukan informasi yang berguna. Tentunya dalam proses pengolahan ini membutuhkan berbagai macam algoritma, tools,serta pemahaman akan proses kerja dari mesin. Untuk membuat skill seorang Data Scientist semakin tajam, seorang Data Scientist juga dapat menerapkan konsep akan ilmu data dalam kehidupan sehari-hari.


Salah satunya adalah dengan mengontrol keuangan, kemudian melihat tren dan gaya hidup serta kebiasaan seseorang yang akan menghasilkan keputusan yang terarah. Contoh data yang bisa digunakan untuk pengolahan data yaitu data penjualan, data produksi, data karyawan, data pasien, dan lain sebagainya. 

 

Baca Juga : Berkenalan dengan Data Scientist, Salah Satu Pekerjaan yang Sedang Naik Daun di Era Industri 4.0

 

2. Kebutuhan yang Tidak Seimbang dengan Ketersediaan

data scientist

Dalam sebuah artikel Harvard Business Review disebutkan bahwa meskipun profesi Data Scientist menjadi profesi paling hot dalam 10 tahun terakhir, namun ironis nya jumlah kebutuhan akan Data Scientist masih belum bisa tercukupi karena jumlah ketersediaan talent yang sangat terbatas. Meskipun sebuah perusahaan memiliki infrastruktur penyediaan data yang sangat hebat, namun jika tidak ada ahlinya (dalam hal ini Data Scientist) maka justru akan melahirkan ketimpangan dan tidak mampu menghasilkan hasil yang maksimal.


Untuk menyeimbangkan antara infrastruktur dan skill dalam pengolahan data, tidak jarang perusahaan yang akan menjemput bola. Sehingga tidak mengherankan ketika seorang Data Scientist yang sangat ahli di bidang ini malah tidak pernah merasakan bagaimana rasanya mencari pekerjaan. Hal ini karena mereka justru ditawari oleh banyak perusahaan untuk bergabung di perusahaan tersebut. Tidak hanya di perusahaan besar, perusahaan rintisan, instansi pemerintahan, bahkan hingga bidang kesehatan juga banyak yang membutuhkan Data Scientist. Gaji yang ditawarkan pun bervariatif tergantung kebijakan perusahaan dan jenjang karir. Kisaran gaji Data Scientist rata-rata 5-20 juta. Jadi kalau berbicara masalah prospek, pekerjaan ini sangatlah menjanjikan. Beneran nih gak tertarik dengan profesi ini? Coba pikirkan lagi hehe.


3. Siapa Pun Bisa Menjadi Data Scientist

data scientist

Kabar baiknya, untuk menjadi seorang Data Scientist tidak hanya terpaku di beberapa background pendidikan saja. Meskipun yang paling umum berasal dari Statistika, Matematika, Ilmu Komputer dan juga Teknik. Namun semua background pendidikan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi Data Scientist, loh. Hal ini karena ilmu statistika yang digunakan oleh Data Scientist bukan merupakan ilmu statistika murni melainkan ilmu statistika terapan.


Selain ilmu Statistika, pemahaman akan coding juga menjadi suatu kewajiban bagi seorang Data Scientist. Namun tenang saja, kebutuhan Data Scientist yang begitu banyak ternyata juga berbanding lurus dengan banyak nya kursus online yang dapat diambil untuk belajar skill yang dibutuhkan oleh Data Scientist. Membangun portofolio juga tidak kalah pentingnya. Mengingat bagaimana pentingnya posisi ini, tentunya setiap perusahaan tidak ingin salah pilih orang. Sehingga portofolio dapat membuktikan bahwa orang tersebut benar memiliki pemahaman akan Data Scientist serta dapat meningkatkan "nilai jual" untuk dilirik oleh perusahaan. Tentunya kamu tidak ingin melewatkan kesempatan menjadi Data Scientist, dong. Jadi persiapkan portofolio datamu dari sekarang. Kamu bisa mengunduh dataset dari berbagai sumber kemudian analisis data hingga memperoleh informasi.


Sampaikan juga insight yang kamu dapatkan dari informasi tersebut. Selain cara tersebut, kamu juga bisa membuat portofolio data dengan modul-modul yang ada di DQLab diantaranya ada modul Machine Learning with Python for Beginner, Statistic using Python for Data Science, dan Statistic using R for Data Science. 


4. Project Data untuk Portofolio Data Scientist

data scientist

Selain dengan mengerjakan modul-modul, membuat portofolio data juga bisa dengan menggunakan project-project yang tersedia di DQLab. Project-project tersebut dibuat sedemikian rupa oleh para praktisi data profesional untuk semakin meningkatkan kemampuan talent data yang ingin berkarir menjadi Data Scientist. Project yang berhasil kamu selesaikan akan mendapat sertifikat completion secara gratis. Tapi kerjakan dengan sungguh-sungguh. Karena di setiap project ada poin yang bisa diperoleh. Usahakan mendapatkan poinnya secara maksimal, ya! Beberapa project di DQLab yang bisa kamu jadikan portofolio data yaitu:

  • Project Machine Learning for Retail with R: Product Packaging

  • Project: Data Scientist Assessment using R

  • Project Machine Learning with Python: Building Recommender System

Eksplorasi project-projectnya dan tuangkan dalam portofolio yang menarik. Good luck!


Baca Juga : Data Scientist VS Data Analyst: Intip Apa Saja Perbedaannya Agar Tidak Salah Kaprah!


5. Tertarik? Yuk, Belajar Data Science Gratis Sekarang!!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS "Introduction to Data Science" dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module "Introduction to Data Science":

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab.


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!