BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 58 Menit 29 Detik 

Apa Itu Teknik Analisis Data? Kenali Manfaat dan Tahapannya

Belajar Data Science di Rumah 20-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bc2733ca6ea996ff1c64f95adbe9c041_x_Thumbnail800.jpg

Banyaknya perusahaan yang mulai mengandalkan data sebagai dasar pengambilan keputusan menunjukkan betapa pentingnya data di era ini. Sayangnya, agar bisa menghasilkan suatu informasi yang menarik, data tidak bisa digunakan begitu saja. Melainkan membutuhkan tahapan tertentu atau yang kita kenal dengan proses analisis data. Pada proses ini, data mentah akan diubah ke dalam bentuk insight atau informasi yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk membuat keputusan.


Proses mengolah data memang merupakan proses inti yang dilakukan oleh praktisi data. Hanya saja, kita tidak boleh menyepelekan tahapan-tahapan yang ada sebelumnya. Pada dasarnya, jika dari awal data yang digunakan telah salah, maka hasilnya pun akan salah. Dalam artikel ini kita akan membahas teknik analisis data, mulai dari pengertian, manfaat, tools, dan tahapannya.


Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi kamu yang masih pemula dengan proses analisis data. Penasaran kan? Yuk, simak pembahasannya!


1. Pengertian Analisis Data

teknik analisis data

Pernahkah kamu mencoba untuk mengumpulkan data mentah secara langsung? Jika pernah, apakah kamu bisa langsung mengambil kesimpulan dari data tersebut?


Jika data yang dikumpulkan berjumlah sedikit, kamu mungkin masih bisa mengambil kesimpulan secara langsung. Namun bagaimana jika data berjumlah sangat banyak? Tentu kamu membutuhkan tahapan tambahan agar data yang ada bisa menghasilkan informasi yang bermanfaat. Teknik analisis data sendiri adalah proses mengubah data mentah menjadi informasi yang lebih mudah untuk dibaca dan dipahami. Berdasarkan jenis datanya, teknik analisis data bisa terbagi menjadi teknik analisis data kuantitatif (untuk data numerik) dan analisis data kualitatif (data non numerik).


Baca juga: Kenali Benefit Teknik Pengolahan Data dan Tahapannya


2. Manfaat Analisis Data

teknik analisis data

Tentu setiap hal yang kita lakukan harus jelas manfaat apa saja yang diberikan agar kita tidak membuang-buang waktu melakukan sesuatu yang tidak relevan dengan permasalahan yang sedang dihadapi. Begitu pun dengan teknik analisis data. Beberapa manfaatnya adalah:

  • Melihat pola yang dimiliki oleh data.

  • Digunakan untuk mencari jawaban dari permasalahan yang ada

  • Sebagai alat yang bisa mencari kesimpulan dari data yang ada

  • Evaluasi permasalahan yang sedang terjadi

  • Hasil analisis data dapat dijadikan acuan atau dasar dalam pengambilan keputusan.


3. Tools yang Digunakan dalam Analisis Data

teknik analisis data

Source: Google


Ada banyak sekali tools yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan analisis data. Biasanya, masing-masing industri akan menggunakan tools yang berbeda-beda, namun akan tetap ada tools yang umum. Tools yang cukup umum digunakan oleh praktisi data yang bersifat coding terdiri dari R, Python, serta SQL.


Sementara untuk tools yang sifatnya less coding, kita bisa memanfaatkan Excel, Tableau, Power BI, dll. Penggunaan tools ini harus disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai serta data yang dimiliki.


4. Tahapan Analisis Data

teknik analisis data

Proses analisis data tidak terjadi begitu saja, melainkan ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan sebelumnya agar data siap untuk diolah. Adapun tahapan-tahapan yang umum terjadi adalah:

  • Pengumpulan data, pada tahapan ini data yang sesuai dengan kebutuhan akan dikumpulkan baik dari sumber internal maupun eksternal.

  • Pembersihan data. Ini merupakan tahapan lanjutan. Biasanya sangat jarang data mentah yang ada siap untuk diolah, sehingga kita membutuhkan proses pembersihan seperti menyamakan formatnya, menghilangkan data yang kurang relevan, dll.

  • Analisis data, tahapan ini merupakan tahapan paling inti. Ada banyak metode analisis data yang bisa kita gunakan. Namun kita tetap harus menyesuaikannya dengan data yang kita miliki.

  • Interpretasi dan penyajian data. Tahapan ini biasanya digunakan untuk mengungkapkan temuan-temuan dari hasil analisis data. Biasanya tahapan ini identik dengan visualisasi data. Di beberapa keadaan, tidak jarang praktisi data harus melakukan presentasi di depan para stakeholder.


Baca juga: Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar proses pengolahan data jika kamu sudah lulus dari background pendidikan non IT adalah dengan mengambil kursus. Salah satu lembaga kursus yang harus kamu coba adalah DQLab. Tenang saja, DQLab akan membantumu untuk belajar analisis data dari tahap dasar. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara signup di DQLab kemudian nikmati pembelajaran modul gratis œIntroduction to Data Science with Python atau œIntroduction to Data Science with R.

 

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri 


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :