FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 36 Menit 35 Detik 

Apa Itu Teknik Analisis Data? Pemula Wajib Tahu

Belajar Data Science di Rumah 24-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1d89bb2066ca3bfa386097f769680ba9_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data menjadi salah satu hal penting bagi seorang praktisi data untuk mengolah data mentah. Umumnya, data yang baru dikumpulkan itu akan berupa data mentah yang masih kotor dan berantakan, serta belum siap untuk diolah. Sehingga, kita akan pasti akan membutuhkan beberapa proses tambahan untuk membersihkan data, baik dengan menghilangkan data yang tidak begitu penting, hingga menyamakan format yang digunakan dalam data tersebut. Pasalnya, perbedaan format penulisan dapat membuat komputer menganggap data yang sama sebagai data yang berbeda hanya karena perbedaan penulisan.


Pemilihan data yang akan dikumpulkan dan teknik analisis data menjadi hal yang cukup krusial dalam proses pengolahan data. Dalam tahapan pengumpulan data, orang yang bertugas untuk mengumpulkan data harus memastikan bahwa data yang diambil merupakan data yang valid dan masih sesuai dengan keadaan saat ini. Selain memastikan data yang digunakan valid, praktisi data juga harus memastikan bahwa teknik analisis yang digunakan telah sesuai dengan data yang dimiliki.


Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang teknik analisis data, serta peran nya dalam perusahaan sehingga proses ini dibutuhkan. Yuk, simak artikelnya!


1. Apa Itu Teknik Analisis Data?

Teknik Analisis Data

Teknik analisis data merupakan proses pengubahan data mentah menjadi informasi yang lebih mudah untuk dibaca dan dipahami, bahkan oleh mereka yang tidak berasal dari background praktisi data. Jika dilihat berdasarkan jenis datanya, teknik analisis data dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Teknik analisis kuantitatif akan digunakan untuk mengolah data yang berbentuk numerik, baik data dengan skala interval maupun rasio. Sementara teknik analisis data kualitatif akan digunakan untuk mengolah data yang berbentuk non numerik, baik skala nominal maupun ordinal.


Baca juga : Implementasi Teknik Analisis Data dengan 6 Langkah, Apa Saja Ya? 


2. Digunakan untuk Menyederhanakan Permasalahan

Teknik Analisis Data

Alasan pertama mengapa teknik analisis data dibutuhkan adalah dapat menyederhanakan permasalahan yang ada. Dari data yang ada, kita pasti akan menemukan berbagai macam permasalahan yang begitu rumit dan panjang. Namun ternyata, permasalahan tersebut bisa disederhanakan menjadi sebuah model, dengan catatan model yang ada harus bisa merepresentasikan keadaan yang sebenarnya. Model inilah yang kemudian akan digunakan untuk melakukan peramalan atau memprediksi data yang akan terjadi di masa depan.


3. Dibutuhkan untuk Mendapatkan Insight

Teknik Analisis Data

Data yang berjumlah sangat banyak akan membuat para praktisi data kesulitan dalam proses pembuatan kesimpulan. Untuk bisa menemukan insight yang dapat membantu proses pengambilan keputusan, maka praktisi data harus melakukan analisis data terlebih dahulu. Dengan memanfaatkan teknik analisis data yang tepat, sebanyak apapun data yang dimiliki, kita tetap bisa menemukan insight nya dengan mudah karena proses analisis datanya akan dilakukan dengan bantuan komputer. Tanpa melakukan analisis pada data, tentunya insight-insight yang tersembunyi tidak akan bisa terungkap, dan data yang ada tidak akan memberi dampak apa-apa dalam proses pembuatan keputusan.


4. Membantu Proses Pengambilan Keputusan

Teknik Analisis Data

Tidak semua orang dapat memahami apa yang dimaksud dalam data mentah, sementara dalam proses pengambilan keputusan akan melibatkan banyak orang dari berbagai divisi. Sehingga agar semua orang dapat berperan penting dalam proses pengambilan keputusan, mereka harus paham apa yang sedang terjadi. Dengan melibatkan teknik analisis data untuk mendapatkan insight, maka akan memudahkan setiap orang untuk melihat hal-hal baru yang bisa meningkatkan performa perusahaan. Dengan begitu, teknik analisis data akan membuat data mentah yang sulit dibaca menjadi sangat berharga.


Baca juga : Kupas Tuntas Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif Bersama DQLab 


5.Tertarik Belajar Analisis Data tapi Tidak Memiliki Background IT?

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk belajar proses pengolahan data jika kamu sudah lulus dari background pendidikan non IT adalah dengan mengambil kursus. Salah satu lembaga kursus yang harus kamu coba adalah DQLab. Tenang saja, DQLab akan membantumu untuk belajar analisis data dari tahap dasar. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara signup di DQLab kemudian nikmati pembelajaran modul gratis œIntroduction to Data Science with Python atau œIntroduction to Data Science with R. 


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri 


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :