PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 2 Jam 39 Menit 28 Detik

Apa Saja Role dan Jobdesc Data Scientist di Bisnis Modern

Belajar Data Science di Rumah 13-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-02-2024-05-29-192503_x_Thumbnail800.jpg

Dalam bisnis modern, peran data scientist menjadi sangat krusial karena keterlibatannya dalam pengambilan keputusan berbasis data yang lebih akurat dan efisien. Di era bisnis modern, eksistensi data scientist sering disebut sebagai pahlawan baru yang mendorong perubahan dan inovasi. Mereka adalah arsitek di balik keputusan berbasis data yang menggerakkan perusahaan menuju efisiensi, produktivitas, dan keuntungan yang lebih tinggi. Dalam narasi ini, kita akan menjelajahi dunia data scientist dan memahami bagaimana mereka berperan penting dalam transformasi digital bisnis.


Bayangkan sebuah perusahaan besar yang beroperasi di pasar global. Setiap hari, mereka menghasilkan dan mengumpulkan data dalam jumlah besar dari berbagai sumber: penjualan, interaksi pelanggan, media sosial, dan operasi internal. Di tengah lautan data ini, data scientist muncul sebagai navigator yang andal, menggunakan keahlian mereka untuk mengarahkan perusahaan ke arah yang benar. 


Berikut adalah beberapa aspek utama dari peran data scientist di bisnis modern. Yuk mantapkan karir kamu mulai belajar dan memahami tugas dari data scientist!


1. Analisis Data

Data scientist bertugas mengumpulkan, membersihkan, dan menganalisis data untuk mengidentifikasi tren, pola, dan wawasan yang dapat membantu bisnis memahami kinerja mereka dan mengidentifikasi peluang baru. Analisis ini dapat mencakup analisis deskriptif, diagnostik, prediktif, dan preskriptif.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Pengembangan Model Prediktif untuk Pengambilan Keputusan

Data scientist mengembangkan model statistik dan machine learning untuk memprediksi hasil di masa depan berdasarkan data historis. Contohnya, model prediktif dapat digunakan untuk memperkirakan penjualan, prediksi churn pelanggan, atau deteksi penipuan. Mereka menyediakan insight yang dapat diandalkan untuk mendukung pengambilan keputusan strategis dan operasional. Misalnya, data scientist bisa membantu manajemen memahami pasar, menentukan harga produk, atau mengoptimalkan rantai pasokan.


3. Automasi dan Optimasi Proses dan Visualisasi Data

Dengan menggunakan machine learning dan teknik AI lainnya, data scientist dapat mengotomatisasi tugas rutin dan mengoptimalkan proses bisnis. Contoh aplikasinya adalah pengelolaan inventaris otomatis dan sistem rekomendasi produk. Data scientist juga bertanggung jawab untuk mempresentasikan data dalam bentuk visualisasi yang mudah dimengerti. Ini bisa berupa dashboard interaktif, grafik, dan laporan yang membantu stakeholder non-teknis memahami insight yang ditemukan.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Pengembangan Produk Berbasis Data

Data scientist sering terlibat dalam pengembangan produk baru yang didorong oleh data. Misalnya, mereka dapat membantu mengembangkan fitur baru untuk aplikasi berdasarkan analisis perilaku pengguna. Data scientist juga berperan dalam mempromosikan inovasi teknologi dalam organisasi. Mereka harus terus mengikuti perkembangan terbaru dalam teknologi data dan analitik, serta mengimplementasikan teknik-teknik baru yang bisa memberikan keunggulan kompetitif.


Segera asah kemampuan Data Scientist kamu sekarang! Jangan khawatir yuk, bergabung bersama DQLab dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science onlinedi DQLab  waktu belajar kamu akan lebih fleksibel dan tentunya dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 


Kamu bisa mulai dengan free modul DQLab yang bertajuk Introduction to Data Science with Python and R dan dapatkan free sertifikat. Caranya mudah banget, cukup buat akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS.




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login