3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 21 Jam 20 Menit 18 Detik

Apa Sih Perbedaan Antara AI vs Machine Learning?

Belajar Data Science di Rumah 15-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/65da22ed8d2f2bcb81ac3f033730dabd_x_Thumbnail800.jpeg

Mungkin diantara kalian sudah tidak asing dengan Artificial Intelligence dan juga Machine Learning, dan banyak di antara kalian pasti berpikir bahwa kedua hal ini adalah hal yang sama. Padahal pada dasarnya artificial intelligence dan juga machine learning ini memiliki perbedaan dalam segi algoritmanya. Machine learning sebenarnya adalah bagain dari artificial intelligence yang merujuk kepada software dan juga hardware yang bisa menirukan kecerdasan manusia. 


Machine learning ini membutuhkan algoirtma untuk bisa mengumpulkan dan juga menganalisis data dalam jumlah, volume, dan skala yang cukup besar. Dengan adanya perkembangan zaman dan juga teknologi jumlah dan juga tipe datanya semakin hari semakin meningkat sehingga manusia sangat membutuhkan proses komputasi dalam hal mengekstrak data tersebut agar menjadi sebuah informasi yang berguna dan juga dapat dipahami dengan mudah.


Teknik komputasi ini bisa kita temukan dengan cara menggabungkan artificial intelligence dengan machine learning. Kombinasi yang dilakukan keduanya akan menghasilkan sebuah model yang bisa menganalisis data kompleks dan juga berukuran besar secara otomatis. Selain hal tersebut hasil dari analisis yang sudah didapat akan lebih cepat dan juga lebih akurat pastinya. Walaupun kedua hal ini sangat berhubungan tetap saja mereka adalah hal yang berbeda. Nah untuk melihat apa yang menjadi perbedaan diantara mereka yuk simak artikel dibawah ini!


1. Apa Itu Machine Learning?

Machine learning adalah salah satu cabang dari artificial intelligence. Machine learning juga adalah sebuah studi mengenai algoritma komputer yang dapat meningkatkan kinerja komputer secara otomatis dengan melalui data. Cara kerjanya adalah dengan beberapa tahapan seperti mengumpulkan, memeriksa, dan juga membandingkan data berukuran kecil sampai besar agar menemukan sebuah pola dan mengeksplorasikan perbedaannya. Machine learning memiliki tiga jenis algoritma yaitu supervised learning, unsupervised learning, dan juga reinforcement learning. 


Baca juga : Bingung Operasikan Rumus Excel? Yuk Tanya Chat GPT!


2. Apa itu Artificial intelligence?

Artificial intelligence ini terbagi menjadi dua konsep utama yaitu Ai adalah hal yang komputer tidak dapat lakukan sekarang tetapi akan bisa dilakukannya suatu saat dan AI adalah kecerdasaan yang didemonstrasikan oleh mersin. Manusia dapat mengembangan mesin untuk bisa mendapatkan pengetahuan secara efisien karena mesin bisamencari informasi lebih cepat ketimbang manusia. Tapi mesin tetaplah mesin mereka tidak bisa melakukan hal secara inisiatif. Manusia akan memberikan sebuah pelatihan kepada mesin agar bisa bekerja dengan harapan bahwa mesin dapat belajar dari pengetahuan yang diberikan dan bisa mengembangkan dirinya sendiri.


3. Perbedaan Antara AI dan Machine Learning

Seperti yang disinggung sebelumnya bahwa pada dasarnya machine learning ini adalah bagian dari Ai. AI sendiri berfungsi untuk meningkatkan peluang kesuksesan sebuah mesin atau sistem atau dengan kata lain AI berguna untuk menyelesaikan suatu permasalah tertentu, misal dalam mengambil keputusan melalui sistem yang meniru manusia. Sedangkan machine learning sendiri berguna untuk mempelajari pola dan juga hubungan dari data-data yang ada untuk bisa memaksimalkan kinerja suatu sistem atau mesin dan membantu algoritma agar dapat bekerja secara otomatis.


4. Deep Learning

Deep learning bisa didefinisikan sebagai algoritma yang menganalisis data dengan menggunakan struktur logika yang mirip dengan cara manusia menyimpulkan sesuatu. Deep learning ini juga hanya dapat dicapai dengan menggunakan metode supervised dan semi supervised learning. Untuk bisa mencapat hal tersebut, sistem dalam deep learning harus menggunakan struktur algoritma berlapis yang bisa disebut dengan jaringan saraf tiruan (JST). 


JST ini terinspirasi dari jaringan saraf milik manusia yang dapat mengarahkan ke proses pembelajaran yang jauh lebih mumpuni daripada model machine learning standar. Deep learning sudah banyak digunakan untuk mendeteksi bidang atau objek seperti rambu STOP. Amazon Alexa yaitu smart home assistant juga mengandalkan algoritma Deep learning ini untuk bisa merespons suara dan mengetahui preferensi sang user.


Baca juga : Tutorial Penggunaan AI Chat GPT, Mudah Banget!


Ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir.


Kunjungi halaman https://dqlab.id/live-class untuk informasi lebih lanjut ya!

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :