Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Bingung Operasikan Rumus Excel? Yuk Tanya Chat GPT!

Belajar Data Science di Rumah 16-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e7bcc52ae05eb75eab67f2b449190b2d_x_Thumbnail800.jpeg

Perkembangan teknologi digital yang ada membuat kita harus mulai melek dan mulai beradaptasi dengan perkembangan tersebut agar tidak ketinggalan jaman. Sadar atau tidak, perkembangan teknologi khususnya digital membuat banyak urusan manusia menjadi lebih mudah. Misalnya saja dengan kehadiran asisten virtual. Kita bisa memanfaatkan asisten virtual untuk membantu mengatur beberapa pekerjaan, misalnya membuka aplikasi, menyalakan alarm, menjadi sesuatu di mesin pencarian, dan masih banyak lagi.


Chat GPT (Generative Pre-trained Transformer) adalah sebuah model bahasa alami yang dibangun dengan menggunakan teknologi machine learning, khususnya deep learning. Chat GPT dilatih pada dataset besar dimana datanya menggunakan bahasa manusia, dan kemudian digunakan untuk membangun sistem yang dapat memahami dan merespons bahasa manusia secara alami. 


Dalam konteks chatbot atau asisten virtual, Chat GPT dapat digunakan untuk memahami permintaan atau pertanyaan yang diajukan oleh pengguna, dan memberikan respons yang relevan dan berguna. Tapi bisakah Chat GPT membantu pemula untuk belajar excel? Yuk, simak pembahasannya di artikel berikut!


1. Bisakah Chat GPT memberikan rumus Excel?

Excel

Chat GPT dibangun dengan menggunakan Natural Language Processing, sehingga teknologi ini akan lebih mudah untuk mengerti bahasa manusia, selama kita memberikan keyword yang sesuai. Chat GPT bisa dijadikan sebagai media pembelajaran baru, termasuk dalam proses belajar Excel. Kita bisa menanyakan banyak hal, kemudian kita akan menerima balasan yang relevan dengan apa yang sudah kita tanyakan.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Formula yang Banyak Digunakan

Formula yang disediakan Excel berjumlah sangat banyak. Kita bahkan bisa mengakses menu Formula di Excel, khusus untuk menemukan semua formula yang tersedia. Namun bagi pemula, mereka hanya perlu menguasai formula-formula yang umum digunakan saja. Nah untuk mengetahui formula apa saja yang cukup sering digunakan, kita bisa bertanya pada chat GTP.

Excel

Nah dari jawaban yang diberikan oleh Chat GTP, kita sudah bisa melihat contoh penggunaannya juga. Kita bisa langsung mempraktekkannya dengan menyesuaikan dengan data yang kita miliki.


3. Mencari Rumus Tertentu

Dalam pekerjaan yang berkaitan dengan data, semua keadaan mungkin saja terjadi. Bisa saja kita akan bertemu dengan kondisi yang mengharuskan kita menggunakan rumus tertentu yang tidak pernah digunakan sama sekali. Kita bisa memanfaatkan chat GPT untuk menjawab permasalahan tersebut. 


Misalkan saja kita ingin mencari umur terhitung dari hari ini. Begitu kita bertanya pada Chat GPT seperti contoh di bawah ini, kita akan diberikan langkah-langkah untuk menghitung umur dengan menggunakan DATEDIF yang bisa langsung dipraktekkan pada Excel. Jika mengalami kendala dalam proses penggunaan rumus yang diberikan, kita bisa kembali bertanya di Chat GPT.

Excel


4. Meminta Penjelasan dari Rumus Tertentu

Banyaknya formula Excel yang disediakan di Excel membuat kita bingung mengenai penggunaan satu dengan yang lainnya. Terkadang, ketika kita mempresentasikan hasil temuan kepada atasan, akan ada atasan yang detail bertanya tentang rumus yang digunakan. Meskipun tidak ada yang bertanya, sudah sebaiknya kita menguasai secara detail rumus yang kita gunakan dalam memproses data. Chat GPT juga bisa memberikan penjelasan yang berkaitan dengan rumus tertentu yang kita sebutkan di pertanyaan. Contohnya saja rumus Trend seperti pada gambar di bawah.

Excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga menyediakan free modul yang berjudul “Free Trial Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi” untuk kamu yang ingin belajar Excel namun tanpa harus mengeluarkan biaya lebih. Meskipun bersifat gratis, namun modul ini juga bisa dibilang cukup lengkap agar pemula bisa mengenal Excel secara singkat


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login