Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Apakah AI ChatGPT Bisa untuk Coding?

Belajar Data Science di Rumah 19-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-09-2024-02-17-174207_x_Thumbnail800.jpg

Chat GPT adalah teknologi kecerdasan buatan baru yang bisa memberikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan apapun hanya dalam beberapa detik saja. Hal ini tidaklah mengherankan jika kecerdasan buatan ini menjadi topik yang sangat hangat. 


Chat GPT juga menjadi salah satu tools yang cukup banyak digunakan diberbagai macam bidang, seperti bidang akademik sampai dengan bidang IT. Pada bidang IT Chat GPT ini membantu para programmer dalam membuat kode untuk program komputer mereka. Kalian juga bisa menggunakan Chat GPT ini untuk menuliskan kode program kalian sendiri. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, kalian bisa simak artikel di bawah ini, karena DQLab sudah merangkum bagaimana cara menggunakan Chat GPT untuk coding dan apakah Chat GPT ini efektif dalam membuat kode? Mari kita simak pembahasannya!


1. Apa Saja Kemampuan yang Dimiliki oleh Chat GPT?

Chat GPT ini dapat menampilkan hasil kode, contoh kode, dan juga kode pemrograman aktual yang bisa kalian copy dalam bahasa pemrograman. Hal ini membuat Chat GPT sangat cocok untuk tugas-tugas pengembangan aplikasi seperti membuat aplikasi ataupun men-debug aplikasi yang sudah pernah dibuat. 


Dengan bantuan Chat GPT, para developer dapat membuat kerangka aplikasi mereka dengan cepat tanpa perlu menulis setiap baris kode secara manual. Output yang dihasilkannya pun dapat mempercepat fase pengeditan dengan menyediakan seluruh kerangka aplikasi, sehingga membuat para pengembang bisa dengan mudah menyesuaikan parameter proyek mereka sesuai dengan kebutuhan mereka.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Apakah Chat GPT Mampu untuk Menghasilkan Kode yang Berkualitas?

Sebenarnya Chat GPT ini memiliki potensi untuk menghemat waktu developer dalam mengembangkan sebuah aplikasi, tetapi ketika AI ini dihadapkan dengan tugas pemrograman yang cukup kompleks, dia bisa menghasilkan jawaban yang tidak akurat atau tidak efisien. Maka dari itu, sang developer haruslah tetap mengawasi dan juga menyempurnakan hasil dari Chat GPT ini sebelum diimplementasikan.


3. Apakah Chat GPT dapat Memecahkan Masalah Pengkodean?

Chat GPT ini sudah dirancang untuk membantu manusia salah satunya adalah para developer. Chat GPT ini dapat membantu mereka dalam menyelesaikan masalah pemrograman dengan lebih cepat dan bisa memberikan jawaban yang benar untuk program-program yang sederhana. Walaupun bisa secara akurat dalam mengidentifikasi perbaikan tertentu, tetapi tidak bisa memberikan solusi yang cukup memuaskan untuk masalah yang lebih kompleks.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Cara Menggunakan Chat GPT untuk Coding

Untuk program-program sederhana kalian bisa menggunakan Chat GPT ini untuk membantu kalian dalam menyelesaikan masalah tersebut. Kalian cukup melihat langkah-langkah di bawah ini bagaimana cara mengoperasikan Chat GPT ini untuk coding.

  • Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah memasuki website Chat GPT yaitu chat.openai.com, lalu kalian bisa memasukkan akun email kalian untuk berpindah ke halaman selanjutnya.

  • Jika kalian sudah berhasil login, kalian bisa memulai percakapannya dengan mengetik pada box message yang ada di bagian bawah.

Artificial Intelligence

  • Setelah kalian memasukkan pertanyaan kalian, kalian bisa tekan enter. Nantinya Chat GPT akan memproses pertanyaan kalian menjadi jawaban yang sesuai dengan pertanyaan milik kalian.

Artificial Intelligence


Pertajam skill data kamu dengan mengikuti Bootcamp Data Analyst with Excel. Self learning menyenangkan tanpa khawatir overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login