PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 17 Menit 5 Detik 

Belajar Machine Learning: Aplikasi Machine Learning Di Kehidupan Sehari-Hari

Belajar Data Science di Rumah 21-Mei-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/01be60a33f5e0ecbf6ede1cdc8fb69eb_x_Thumbnail800.jpg

Semakin hari perkembangan teknologi semakin berkembang dengan cepat. Belajar Machine Learning merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan yang berperan besar di dalamnya. Kini hampir semua orang menggunakan produk yang dihasilkan dengan penerapan dari belajar Machine Learning. Data Science dan Machine Learning adalah dua ilmu yang saling berhubungan dan dapat diaplikasikan di berbagai jenis bidang. Diantaranya bidang kesehatan, bisnis, perbankan maupun pemerintah menggunakan algoritma Machine Learning dan Data Science guna mengambil manfaat yang dibutuhkan.

Machine Learning adalah sebuah aplikasi Artificial Intelligence (AI) yang secara otomatis belajar dan terus berkembang guna meningkatkan pengalaman tanpa diprogram secara eksplisit (tidak di program secara berbelit). Machine Learning terjadi sebagai hasil dari menganalisis data-data yang ada dan berdatangan. Tidak heran jika dikatakan bahwa Machine Learning adalah salah satu teknologi yang paling berpengaruh dan kuat saat ini. Jika dilihat dari efeknya saat ini, potensi perkembangan Machine Learning di masa depan sangat baik. Dalam 50 tahun terakhir, terjadi ledakan data yang sangat besar.

Hal ini dikarenakan setiap bidang data memiliki data dan dapat memanfaatkan data tersebut. Machine Learning akan melatih algoritma dan menghasilkan model dari Machine Learning itu sendiri, dan model tersebut akan digunakan dalam pengambilan keputusan kedepannya. Oleh karena itu, DQLab akan berbagi tentang penerapan algoritma Machine Learning yang mungkin secara tidak sadar sering kita temukan di kehidupan sehari-hari. Yuk, simak terus penjelasan dalam artikel ini!

 

1.   Mengidentifikasi Orang yang Terinfeksi

Di Korea Selatan AI dimanfaatkan dalam pengujian Coronavirus drive-thru, dimana seorang tanpa harus turun dari kendaraannya bisa diuji dan diambil sampelnya serta memperoleh hasil pengujian hanya dalam beberapa menit. Bila ditemui hasil terinfeksi, mereka akan diisolasi serta dibawa ke bagian perawatan khusus. Banyaknya lab drive-thru sejenis yang sedang beroperasi, berjalan dengan fasilitas 5G yang disediakan oleh beberapa operator seluler. Bagian analisis data AI ini akan menginformasikan kepada pemerintah mengenai kemungkinan-kemungkinan kluster virus ataupun zona yang beresiko besar, sehingga memungkinan layanan medis dengan cepat dan serta memobilisasi inisiatif di zona tersebut.


Baca Juga:  Belajar Machine Learning: Yuk Mulai Belajar Membangun Software Menggunakan Machine Learning!


2. Custom Machine Learning Models

Setiap bisnis dalam perusahaan memiliki tujuan yang berbeda-beda, sehingga setiap bisnis tersebut memerlukan model machine learning yang mampu mengerjakan pekerjaan yang telah dispesifikasi secara khusus. Berbagai jenis model machine learning telah dirancang sampai saat ini, salah satunya adalah model yang dipakai oleh AstraZeneca, sebuah organisasi yang maju dalam bidang perobatan. AstraZeneca bekerja sama dengan sebuah startup biofarma untuk mengembangkan biomarker dan obat penyakit saraf. AstraZeneca memanfaatkan model machine learning untuk mengklasifikasi bahan-bahan obat untuk menemukan jenis obat baru yang aman dikonsumsi manusia dan efektif menyembuhkan penyakit tertentu.

Kemudian contoh lainnya dari anak perusahaan Roche, Genentech yang berkolaborasi dengan GNS Healthcare untuk menganalisis terapi onkologi. Genentech menggunakan machine learning untuk melakukan modeling berdasarkan data dari pasien kanker yang berguna untuk mengembangkan metode terapi baru untuk pengobatan kanker.

 

3. Recommendation Search Pada Google

Berikut ini merupakan model machine learning yang paling banyak diterapkan. Mesin Pencari Google. Siapa yang tidak mengenal mesin pintar ini? saat kamu mengetik sesuatu di dalam kolom search Google, maka Google akan memunculkan rekomendasi dari hal yang sedang kamu cari. Tetapi tidak hanya mesin pencari Google saja, penerapan recommendation search ini juga sering ditemukan di media sosial saat kita sedang mencari seseorang atau saat sedang mencari produk di salah satu e-commerce. Oleh karena itu, teknologi machine learning ini sangatlah membantu kehidupan kita terutama dalam dunia bisnis.


Baca Juga: Belajar Machine Learning dalam Dunia Bisnis

 

4.   Menganalisa Data dan Peramalan Persebaran Wadah

Kamran Khan seorang dokter asal Toronto Ahli Epidemiologi, berhasil membangun aplikasi bernama BlueDot. BlueDot merupakan aplikasi berbasis AI yang dirancang untuk melacak, menemukan, membuat konsep penyebaran penyakit serta menyediakan layanan untuk memberi peringatan ancaman penyebaran wabah beberapa hari sebelum pusat pengendalian pencegahan penyakit atau organisasi kesehatan dunia mengeluarkan peringatan publik mereka. Khan mendirikan perangkat ini karena terinspirasi dari kasus pandemi SARS pada tahun 2003 silam.


5. Machine Learning dalam Bidang Computer Vision

Machine learning dapat dimanfaatkan dalam suatu aplikasi yang dapat mengenali wajah seseorang. Kamu dapat menemukan penerapan ini dalam media sosial, CCTV, dan bahkan smartphone yang sedang kamu gunakan sekarang. Selain itu ada juga Machine Learning yang digunakan dalam pendeteksian tulisan tangan menjadi teks dalam penerjemahan. Hal-hal ini adalah contoh dari penerapan Machine Learning dalam bidang Computer Vision.


Baca Juga: Cara Efektif Belajar Machine Learning dengan Python


6. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       

Nikamati belajar data science secara praktis dan aplikatif bersama DQLab! Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Salsabila Miftah

    Editor : Annissa Widya Davita

    Postingan Terkait

    Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!