PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 1 Jam 59 Menit 18 Detik

Bagaimana Data Science Mengatasi Inefisiensi Rantai Pasok

Belajar Data Science di Rumah 27-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-05-2024-06-30-210325_x_Thumbnail800.jpg

Rantai pasok modern kini semakin dihadapkan pada tantangan yang kompleks. Mulai dari fluktuasi permintaan pasar hingga masalah logistik global. Inefisiensi dalam rantai pasok tentu menyebabkan biaya tinggi, penundaan dalam pengiriman, dan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan tepat waktu.


Namun, beruntungnya kini dimudahkan dengan adanya data science. Perusahaan dapat menjawab tantangan ini menjadi peluang untuk meningkatkan efisiensi, meminimalkan risiko, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.


Data science sangat dibutuhkan untuk mengatasi risiko yang terjadi pada manajemen rantai pasok, terutama dalam menghadapi ketidakpastian dalam pasokan bahan baku, fluktuasi harga, dan perubahan regulasi. Dengan analisis data yang mendalam, perusahaan dapat mengidentifikasi pola dan tren dari data historis yang berkaitan dengan risiko-risiko ini.


Misalnya, dengan memanfaatkan teknik machine learning untuk menganalisis data eksternal seperti cuaca, kondisi politik, atau perubahan kebijakan perdagangan, perusahaan dapat mengantisipasi potensi gangguan dalam rantai pasok dan mengambil langkah-langkah mitigasi yang tepat. Berikut adalah peranan data science dalam mengatasi inefisiensi rantai pasok. Simak penjelasan lengkapnya yuk sahabat DQLab!


1. Optimasi Pemetaan dan Manajemen Persediaan

Salah satu kontribusi utama data science adalah dalam optimasi pemetaan dan manajemen persediaan. Dengan memanfaatkan teknik seperti machine learning untuk analisis prediktif, perusahaan dapat mengembangkan model yang lebih akurat untuk meramalkan permintaan masa depan.


Ini memungkinkan perencanaan yang lebih baik dalam pengadaan persediaan sehingga menghindari kelebihan atau kekurangan persediaan yang dapat mengakibatkan biaya tambahan dan kehilangan penjualan.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Pengoptimalan Rute dan Logistik

Data science juga memainkan peran penting dalam pengoptimalan rute dan logistik. Melalui analisis data geografis, data lalu lintas, dan variabel lain yang mempengaruhi pengiriman, perusahaan dapat mengidentifikasi rute pengiriman yang paling efisien, mengurangi waktu tempuh dan biaya pengiriman.


Penggunaan sensor dan teknologi IoT (Internet of Things) juga memungkinkan pengawasan real-time terhadap pergerakan barang sehingga memungkinkan untuk tindakan cepat dalam menanggapi perubahan kondisi atau tantangan di lapangan.


3. Prediksi Risiko dan Ketahanan Terhadap Gangguan

Selain itu, data science dapat digunakan untuk memprediksi risiko potensial dalam rantai pasok. Dengan menganalisis data historis dan variabel-variabel lain yang mempengaruhi rantai pasok, perusahaan dapat mengidentifikasi pola yang mengarah pada risiko tertentu, seperti keterlambatan pengiriman atau masalah kualitas dari pemasok tertentu.


Ini memungkinkan perusahaan untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan atau mengembangkan strategi kontingensi untuk meminimalkan dampak dari gangguan yang mungkin terjadi.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


4. Studi Kasus: Implementasi Data Science dalam Industri Manufaktur

Sebagai contoh nyata, sebuah perusahaan manufaktur global menggunakan analisis data untuk mengatasi inefisiensi dalam rantai pasok mereka. Dengan memanfaatkan teknik machine learning untuk meramalkan permintaan dan mengoptimalkan jadwal produksi, perusahaan berhasil mengurangi biaya persediaan dan meningkatkan ketersediaan produk secara signifikan.


Selain itu, mereka menggunakan analisis risiko untuk mengidentifikasi pemasok yang memiliki kinerja rendah dan mengganti mereka dengan pemasok yang lebih andal. Dengan demikian, analisis tersebut dapat meningkatkan keandalan rantai pasok secara keseluruhan.


Dalam era di mana data menjadi aset terbesar bagi perusahaan, penggunaan data science dalam mengelola rantai pasok telah membuktikan nilainya dalam mengatasi inefisiensi dan meningkatkan efisiensi operasional. Dengan memanfaatkan analisis data yang canggih, perusahaan dapat merancang rantai pasok yang lebih adaptif, responsif, dan efisien, yang pada gilirannya meningkatkan kepuasan pelanggan dan keunggulan kompetitif.


Dengan terus mengembangkan kapabilitas dalam data science, perusahaan dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan yang lebih kompleks di masa depan dengan keyakinan dan ketahanan yang lebih besar.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login