SURPRISE! Diskon 95% + Potongan Rp. 58.500 + 50% GOPAY CASHBACK
Kode Promo: SURPRISE03JULY Berakhir 1 Days 7 Jam : 14 Menit : 39 Detik Claim Now

Bahasa Pemrograman R : Langkah Awal Memulai Belajar Data Science

Belajar Data Science 28-Februari-2020

Dalam dunia data terdapat banyak jenis bahasa pemrograman salah satunya yang cukup populer adalah R. Bahasa pemrograman R sendiri memiliki fungsi untuk mengembangkan bahasa baik dari data analisis, model grafik dan statistik. 

Mengapa bahasa pemrograman ini memiliki nama R? Karena, bahasa pemrograman ini pertama kali dibuat oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman. Mereka merupakan statistikawan asal Selandia Baru. Namun jangan salah, R kini dikembangkan oleh kolaborasi dari pakar-pakar statistikawan dan komputer di seluruh dunia. 

Bersama Dian Ayuningtyas, Data Scientist Tokopedia, DQLab membocorkan keunggulan lainnya dari penggunaan R. Ingin tahu apa saja? Yuk simak selengkapnya!

1. Bersifat Gratis

Bahasa R bersifat gratis dan open source yang artinya, tidak memerlukan biaya lisensi yang pada umumnya cukup mahal untuk perangkat lunak pengolahan data. Kebebasan untuk mengakses R memberikan peluang untuk kamu yang ingin memulai karir di bidang data dengan memulai belajar dasar pengolahan data.

Walaupun R merupakan bahasa pemrograman yang bersifat gratis, kemampuannya tidak kalah dengan bahasa pemrograman lain yang komersial, bahkan dari segi tertentu R merupakan bahasa pemrograman yang lebih baik.

“R sifatnya open source jadinya gratis untuk dipakai belajar, penelitian, ataupun bekerja. Selain itu, banyak perusahaan juga yang mengadopsi bahasa pemrograman R.” Ujar Dian.

2. Mampu Mengolah Data dalam Jumlah Besar

R menjadi salah satu solusi untuk kamu yang ingin mengolah data dengan skala besar yang tidak mampu diolah menggunakan excel. Untuk perhitungan yang lebih banyak dan kompleks, perintah-perintah R ditulis lebih dahulu dalam sebuah text editor, kemudian dijalankan untuk diolah. 

“R bisa digunakan untuk berbagai analisis mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks karena banyak package yang tersedia.” Tambahnya.

3. Bahasa Pemrograman yang Powerful

(Source : DQLab Academy Visualization Using R)


(Source : DQLab Academy Visualization Using R)

Selain R merupakan bahasa pemrograman yang bersifat gratis, R pun sangat bersifat powerful dimana memiliki banyak tools yang dapat digunakan untuk pengolahan data. Banyaknya jenis packages, test, dan tools yang mudah dipahami, R menjadi salah satu bahasa pemrograman yang tepat untuk kamu yang ingin mengolah data dengan hasil akhir berupa visual.

“Selain memiliki banyak tools, R juga bisa berhubungan dengan berbagai tools lain. Termasuk SQL dan Python pun bisa terhubung dengan R. Jadinya lebih fleksibel dan lebih mudah untuk kolaborasi.” Tutupnya.
Persiapkan dirimu untuk memulai karir di bidang data dengan mempelajari bahasa pemrograman! Jangan khawatir, kamu bisa lho, mempelajari R dengan belajar bersama DQLab. Dengan kemudahannya yaitu praktis dan aplikatif, DQLab siap membantu kamu untuk menjadi praktisi data idaman perusahaan!


4. Cara Mendapatkan Kode Promo 75% DQLab!

Wujudkan harapanmu berkarir sebagai praktisi data dengan DQLab. Selesaikan module 'Introduction to Data Science' dan dapatkan diskon instan 75%. Akses lebih dari 660+ data tutorials dengan project dari praktisi data yang di update setiap minggunya. Hasilkan teknik visualisasi data dan machine learning dengan membangun portofolio langsung. Signup dan mulai belajar gratis langsung #dirumahaja dengan mengakses platform academy.dqlab.id

Simak informasi dibawah untuk redeem kode voucher dan dapatkan diskonnya!

  1. Kunjungi platform DQLab academy.dqlab.id

  2. Selesaikan Module GRATIS 'Introduction to Data Science' 

  3. Aplikasikan Kode Voucher Unik untuk semua paket yang ada halaman subscription DQLab

  4. Voucher hanya berlaku dalam 48 jam

Share


Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!