SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 9 Jam 40 Menit 12 Detik

Bangun CV Profesi Data dengan ChatGPT AI

Belajar Data Science di Rumah 26-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/be2779c7e6cff02043df4adef5323066_x_Thumbnail800.jpeg

ChatGPT digadang-gadang akan membantu manusia untuk memiliki kehidupan yang lebih mudah. Platform kecerdasan buatan (AI) tidak hanya memudahkan pekerjaan tetapi juga memungkinkan kita memiliki lebih banyak peluang kerja. AI dibalik ChatGPT adalah alat yang ampuh. Meskipun ini bukan pembuat resume chatbot khusus, perangkat lunak AI ini cukup canggih untuk membantu pelamar membuat CV yang menarik.


Sebuah CV atau curriculum vitae adalah dokumen yang berisi informasi tentang pengalaman kerja, pendidikan, dan keterampilan seseorang. Dalam profesi bidang data, CV biasanya menyoroti keterampilan analisis data dan pemrograman, serta pengalaman menggunakan alat analisis data seperti Python, SQL, dan Excel.


Berikut adalah beberapa tips dan contoh untuk membuat CV dalam profesi bidang data!


1. Data Pribadi

Pada bagian atas CV, tuliskan nama lengkap kamu dan informasi kontak seperti nama, alamat, nomor telepon, alamat email, dan informasi kontak lainnya. Kamu juga dapat menyertakan tautan ke profil media sosial atau portofolio online kamu jika sesuai. Bagian kepala CV ini biasanya terletak di bagian atas halaman dan dibuat lebih besar dan lebih tebal dibandingkan bagian lain dari CV.


2. Deskripsi Singkat

Bagian ringkasan profesional pada CV adalah bagian yang terletak di awal atau di atas daftar pengalaman kerja, dan berfungsi sebagai deskripsi singkat dari kualifikasi dan pengalaman kerja yang dimiliki oleh pelamar. Tujuan dari bagian ini adalah untuk menarik perhatian perekrut atau HRD (Human Resources Department) agar tertarik untuk melanjutkan membaca CV secara lebih detail.


Berikan ringkasan singkat tentang keterampilan, pengalaman, dan minat kamu dalam bidang data. kamu juga dapat menambahkan kualifikasi pendidikan yang relevan di sini. Jika kamu memiliki keahlian khusus atau sertifikasi yang relevan dengan posisi yang dilamar, sorotilah keahlian tersebut di bagian ringkasan profesional.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


3. Pengalaman Kerja Relevan

Sebutkan pengalaman kerja kamu yang paling relevan untuk pekerjaan data. Tuliskan judul pekerjaan, nama perusahaan, dan tanggal mulai dan berakhirnya pekerjaan. Untuk setiap pekerjaan, berikan deskripsi singkat tentang tugas dan tanggung jawab kamu, serta proyek yang telah kamu selesaikan. Jelaskan juga tools dan teknologi yang kamu gunakan dalam pekerjaan kamu.


4. Latar Belakang Pendidikan

Tuliskan pendidikan formal yang kamu miliki yang relevan dengan pekerjaan data, seperti gelar sarjana atau pascasarjana di bidang statistik, ilmu komputer, atau matematika. Berikan nama institusi, gelar yang diperoleh, dan tanggal lulus.


5. Skill & Keterampilan

Berikan daftar keterampilan yang relevan dengan pekerjaan data, seperti analisis data, pemrograman Python, SQL, dan Excel. Jelaskan seberapa mahir kamu dalam setiap keterampilan yang kamu sebutkan. kamu juga dapat menyebutkan sertifikasi atau pelatihan khusus yang kamu miliki.


Bcaa juga : Artificial Intelligence vs Machine Learning


6. Proyek Data

Sebutkan proyek-proyek data yang pernah kamu kerjakan, baik itu di tempat kerja atau sebagai bagian dari proyek pribadi atau komunitas. Berikan deskripsi singkat tentang setiap proyek, tujuannya, dan hasilnya. Jelaskan juga alat dan teknologi yang kamu gunakan dalam setiap proyek.


Ingin tahu kegunaan lain ChatGPT di bidang Data Science? Yuk eksplorasi project-project dari DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. 


Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal Data Science sama sekali.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk Sign Up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan DQLab.id untuk informasi lebih lengkapnya!





Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login