PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 10 Jam 48 Menit 57 Detik 

Bangun Karir Data Scientist yang Saat Ini Menjadi Profesi Incaran Banyak Perusahaan

Belajar Data Science di Rumah 24-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e7dfbcf0da266405885fc8f228768584_x_Thumbnail800.png

Dalam beberapa tahun terakhir teknologi semakin berkembang yang membuat Data Scientist menjadi salah satu posisi paling penting dan paling dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Ini dikarenakan Data Scientist dibutuhkan untuk mengeksplorasi data dari sebuah masalah untuk merubah masalah tersebut menjadi sebuah keuntungan dengan adanya solusi yang efektif. Lewat data juga perusahaan dapat melihat kebiasaan pelanggan, kepuasan pelanggan, dan lainnya. Dengan begitu perusahaan dapat merancang produk yang memang sesuai dengan keinginan masyarakat.


Jalur karir ilmu data dari junior hingga senior data scientist sangat bervariasi dalam tingkat keterampilan, tanggung jawab, tugas sehari-hari, dan lain sebagainya.


Pada artikel DQLab kali ini, kita akan mengulas profesi Data Scientist yang di gadang-gadang sebagai profesi yang sedang "naik daun" pada masa depan. Agar tidak penasaran lagi, simak selengkapnya postingan ini dan pastikan kalian baca artikelnya sampai selesai ya!


1. Entry Level Data Scientist atau Intern

Mari kita mulai dengan ilmuwan data junior dan magang ilmu data. Apa yang harus Kamu ketahui dan apa yang sebenarnya Kamu lakukan pada level ini? Sejujurnya, tidak sebanyak itu. Pada tahap ini, para ilmuwan data yang baru saja memulai karirnya sebagai Data Scientist sebagian besar bekerja untuk mengembangkan keterampilan teknis utama mereka, seperti SQL dan Python. Dengan demikian, tugas umumnya mudah dan memiliki tujuan yang jelas.


Data Scientist entry-level juga bekerja dalam lingkup tertentu. Misalnya, alih-alih menangani masalah analitik yang ambigu,Data Scientist entry-level kemungkinan besar akan diberi tugas untuk menulis query untuk menghitung tingkat churn pelanggan atau membangun dashboard untuk melihat pembelian berdasarkan saluran pemasaran.


Jika seorang ilmuwan Data Scientist entry-level diberi tugas yang lebih advance seperti membangun model dan menerapkannya ke dalam produksi, mungkin akan ada pemeriksaan harian dengan Data Scientist senior untuk membantu mereka membuka blokir, melakukan tinjauan kode, dan belajar bagaimana mengintegrasikan ke dalam sistem yang ada.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Mid-level Data Scientist

Setelah sekitar satu hingga dua tahun pengalaman sebagai Data Scientist entry-level, Kamu dapat beralih ke peran Data Scientist mid-level. Ilmuwan data tingkat menengah adalah kontributor individu tingkat lanjut yang dapat mengambil cakupan proyek yang lebih besar dan masalah bisnis yang lebih ambigu. Misalnya, ketika seorang ilmuwan data junior akan membuat kueri SQL untuk saluran ETL, seorang Data Scientist mid-level harus dapat merancang seluruh saluran ETL dari awal dan menggunakannya dalam model pembelajaran mesin mereka sendiri.


Seorang ilmuwan data yang telah melewati tahap junior tidak memerlukan banyak bantuan dari senior dan biasanya dapat membuka blokir sendiri tanpa harus meminta bantuan ilmuwan data lain. Selain itu, dari perspektif produk, Data Scientist mid-level memiliki tingkat pemahaman yang lebih tinggi tentang masalah bisnis dan cara menggunakan ilmu data untuk memecahkan masalah tersebut.


3. Senior Data Scientist

Senior Data Scientist merupakan puncak karir seorang Data Scientist, sebenarnya apa yang membedakan ilmuwan data senior dari yang lain? Meskipun pengalaman bertahun-tahun masih penting, ada fitur yang lebih baik yang membedakan ilmuwan data yang lebih senior dari ilmuwan entry ataupun mid level.


Keterampilan seorang ilmuwan data dapat diukur dalam wawancara dengan menguji kecepatan dan akurasi pada masalah teknis, tetapi juga dengan mengevaluasi keterampilan komunikasi. Kemudian, di tempat kerja, banyak dari keterampilan ini lebih dapat diamati. Misalnya, ilmuwan data senior harus bisa :

  • Komunikasi konsep dan teknik yang baik

  • Kualitas coding yang bagus

  • Dapat menganalisis permasalahan yang tepat

  • Dapat membimbing Data Scientist lainya

  • Dan masih banyak lagi


Pada akhirnya, kemajuan karir ilmu data bisa seperti peran lainnya. Sebagai manusia, kita mengambil tugas yang lebih besar dan lebih besar saat kita mendapatkan pengalaman dalam kehidupan. Nilai Kamu sebagai ilmuwan data kemudian sesuai dengan seberapa banyak nilai yang dapat Kamu tambahkan dan solusi yang Kamu bangun terkait dengan data.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Kembangkan Skill dan Pengetahuan Seputar Data Science Bersama DQLab

Walaupun pandemi dan tidak bisa kemana-mana namun kamu dapat mengembangkan skill mu dan bangun karir kamu sekarang bersama dengan DQLab platform belajar online! Banyak fasilitas yang diberikan oleh DQLab untuk kamu loh.

  • Kuis

    DQLab sendiri menyediakan quiz-quiz yang dapat diakses untuk mengetes seberapa kamu paham dengan materi yang disampaikan. Dengan Kuis ini kamu juga dapat melihat seberapa baik kamu dalam melakukan analisis data.

  • Sign Up dan dapat Module Gratis

    Sign up untuk mendapatkan module GRATIS œIntroduction to Data Science Module ini tersedia dalam bentuk bahasa R dan juga Python. Kedua bahasa pemrograman tersebut adalah bahasa yang paling banyak digunakan.

  • Live Code Editor

    Dengan adanya LIve code editor untuk Kamu bisa belajar dan langsung menerapkanya pada dalam praktek secara real time. Terdapat timer yang dapat membuat kalian tidak idle selama 30 menit sejak sesi dimulai. Fitur ini digunakan sebagai mekanisme perlindungan sistem pada sesi belajar di DQLab dan memastikan keamanan data pengguna 

  • Sertifikat. 

    Dengan mengambil sertifikat membuat Kamu semakin mahir dalam bidang yang Kamu ambil. Setelah kamu berhasil menyelesaikan modul-modul yang ada di DQLab  Kamu akan mendapat œCertificate of Completion. Dengan ini kamu selangkah lebih maju menjadi seorang praktisi data.

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :