Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Beasiswa Data Science, Peluang Karir untuk Tingkatkan Kompetensi Freshgraduate

Belajar Data Science di Rumah 10-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1b382bf58beced91d6a27f44b572d9cb_x_Thumbnail800.png

Berbicara tentang data, melimpahnya data saat ini memerlukan tindakan lebih lanjut agar data yang diperoleh tidak sia-sia. Tindakan lanjutan itu adalah proses analisis data apalagi saat ini telah ada istilah big data, yang merupakan data berukuran sangat besar serta berkembang sangat cepat. Adapun ilmu yang mempelajari tentang data disebut data science. Mungkin beberapa dari kita ada yang baru saja mengenali istilah ini lalu tertarik dan ingin mencari tahu mengenai beasiswa data science.


Data science kini semakin populer dari tahun ke tahun, bahkan profesi data scientist sampai disebut sebagai profesi terseksi di abad ini dan sangat dibutuhkan keberadaannya. Namun perlu diketahui juga bahwa untuk menjadi seorang data scientist memerlukan skill atau kemampuan yang spesifik agar benar-benar dapat menganalisis data secara akurat sehingga hasil atau outputnya dapat dimanfaatkan. Salah satu cara agar menjadi seorang data scientist handal adalah dengan mengikuti beasiswa data science. Kira-kira apa saja ya keuntungan yang akan didapatkan jika mengikuti beasiswa tersebut?


1. Ilmu Dasar Data Science

Data science bukanlah ilmu yang berdiri secara tunggal, melainkan merupakan gabungan dari beberapa bidang ilmu seperti matematika, statistika, sistem informasi, data mining, bahasa pemrograman, machine learning, dll. Dengan mengikuti beasiswa data science kita akan belajar ilmu-ilmu tersebut dari awal sehingga kita tidak kesulitan jika menghadapi permasalahan data yang akan kita selesaikan nantinya. Setiap penyelenggara beasiswa memiliki sistem belajar dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, namun banyak di antaranya yang tidak hanya menyediakan teri saja akan tetapi melalui praktik dan bahkan ada ujiannya.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Pengalaman Menarik

Ketika seseorang mengikuti beasiswa atau bootcamp dan semacamnya tentu saja terdapat banyak pengalaman menarik di dalamnya. Dengan mengikuti beasiswa data science selain mendapatkan ilmunya, kita juga akan tahu gambaran pekerjaan seorang data science serta tugas dan tanggung jawab seperti apa yang mereka kerjakan. Bahkan jika kita mengikuti beasiswa data science lebih dari sekali tentunya kita akan memiliki wawasan yang lebih luas lagi terkait dunia data science. So, terus cari pengalaman baru yang pastinya akan bermanfaat kedepannya ya!


3. Berlatih Dataset

Beasiswa data science secara umum hampir sama dengan jenis beasiswa lainnya. Hanya saja yang membedakan adalah ilmu atau pelajaran yang dikaji di dalamnya. Jika berbicara mengenai data science, maka tentu saja kita akan selalu berkaitan dengan data bahkan dalam jumlah yang sangat besar. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa data memiliki berbagai macam struktur serta permasalahan dan tujuan yang berbeda-beda. Dikarenakan berbagai perbedaan itu lah maka kita harus sering berlatih dengan dataset agar semakin terbiasa menghadapi berbagai jenis data serta tahu cara menyelesaikannya.


4. Adanya Komunitas

Beberapa tahun belakangan ini peminat data science semakin meningkat, bahkan tidak hanya dari orang yang berlatar belakang pendidikan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics), akan tetapi dari lulusan bidang lain pun tertarik dengan profesi ini. Untuk menjadi data science memang harus memiliki kemampuan analisis data yang baik serta dapat mengkomunikasikannya kepada klien. Oleh karena itu salah satu hasil dari mengikuti beasiswa data science selain mendapatkan ilmu, biasanya juga memiliki komunitas para data scientist yang didalamnya dapat berbagai pengalaman ata bertanya hal-hal maupun kesulitan ketika melakukan proses analisis data.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Pelajari Data Science Mulai Sekarang

Data science merupakan ilmu yang mempelajari tentang data yang terdiri dari berbagai macam bidang ilmu seperti matematika, statistika, sistem informasi, bahasa pemrograman dan lain-lain. Dengan mempelajari data science, seseorang dapat berprofesi menjadi data analyst, data  scientist, data engineer, dll. Untuk belajar data science kita dapat memperolehnya dimana saja, salah satunya adalah dengan mengikuti kursus online di DQLab . Caranya cukup mudah loh,  yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab. Selain itu kita juga dapat belajar bahasa pemrograman lainnya seperti Python, R, dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!