Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Belajar Cara Mengoperasikan Excel dari Dasar untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 02-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/974bf2a5d86a911410fc6cf69c123eab_x_Thumbnail800.jpg

Sudah menjadi rahasia umum, kalau program Microsoft Excel merupakan salah satu tools paling canggih untuk melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan data. Kegunaan Excel sangat luas, baik di kalangan masyarakat umum, professional, serta organisasi untuk menghasilkan beragam teknik pengolahan data dan pemodelan data dalam bentuk laporan dan grafis. Namun ternyata, banyaknya fitur yang ditawarkan oleh Excel seringkali menimbulkan pertanyaan kapan dan bagaimana fitur tersebut harus digunakan. Selain itu, jika terdapat masalah di Excel bisa dipecahkan dengan banyak cara, dan yang terpenting diperlukan adanya pemahaman bagaimana mengoperasikan Excel ini secara efektif dan efisien.

Tak perlu khawatir jika kamu merasa saat ini belum jago menggunakan Microsoft Excel. Ada banyak sekali cara belajar Excel untuk pemula, seperti membaca buku fisik maupun ebook, membaca artikel di internet, menonton video-video tutorial di Youtube dan yang paling penting adalah mempraktekkannya agar ilmu yang didapat tidak hilang. Berikut ini DQLab akan rangkumkan beberapa tips tutorial menggunakan Excel bagi pemula yang bisa kamu pelajari. Setidaknya bisa dijadikan bahan acuan untuk latihan mengoperasikan Excel selama di rumah. Selamat mencoba!


1. Membuka File dan Menginput Data di Excel

Langkah pertama jika kamu ingin mengoperasikan Excel pastinya adalah membuka atau menjalankan program Excel itu sendiri. Berdasarkan versi DQLab, ada 2 cara menjalankan program Excel, berikut ini caranya:

  • Melalui Kolom Pencarian

excel


  • Melalui Shortcut

excel


Setelah aplikasi terbuka, barulah kita bisa menginput atau mengolah data yang sudah ada di workbook. Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk menginput data ke Excel.

  • Melalui Sel

excel


  • Melalui Formula Bar

excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Menggunakan Format Painter

Dalam mengolah data pada worksheet Excel, kamu harus membiasakan diri menggunakan format painter. Format painter berfungsi bukan untuk meng-copy dan mem-pastekan data, tapi untuk meng-copy dan mem-pastekan format yang digunakan. Misalnya, kamu ingin mengcopy penggunaan tabel pada data berikut:

excel


Untuk melakukan copy dengan format painter, ikuti langkah-langkah berikut ini:

excel

Blok pada objek yang akan disalin formatnya, kemudian pada Tab Menu Home -> group Clipboard -> klik Format Painter. Atau kamu juga bisa menggunakan shortcut dengan menekan CTRL+SHIFT+C pada keyboard dan menempatkannya dengan CTRL+SHIFT+V.


3. Kalkulasi Cepat dengan AutoSum

Setelah belajar menjalankan aplikasi Excel dan menginput data pada lembar kerja Excel, kamu bisa belajar bagaimana melakukan perhitungan dengan Autosum. Autosum disini adalah fungsi yang digunakan untuk kalkulasi cepat tanpa perlu mengetahui formula atau rumusnya. Contohnya, kamu ingin menjumlahkan 10 angka di 10 sel dalam 1 kolom. Maka cukup menyeleksi semua sel tersebut dan klik Formulas > Autosum. Maka semua sel tersebut akan dijumlahkan seperti gambar dibawah ini.

excel

Contoh ini mungkin terjadi jika kita bekerja di perusahaan yang sangat mungkin memiliki data pada spreadsheet lebih dari ribuan kolom dan baris. Ketika hal tersebut terjadi, tentu akan sedikit merepotkan dan memakan waktu untuk menuliskan rumus perhitungan penjumlahan di Excel secara manual maupun menggunakan formula SUM jika kita ingin mengetahui berapa total digit pada setiap kolom dan baris tersebut. Selain formula Autosum, kamu juga bisa menggunakan SUM (penjumlahan), Average (mencari nilai rata-rata), Count Numbers (mendapatkan jumlah sel yang diseleksi), Max (mencari nilai terbesar), dan Min (mencari nilai terkecil).


4. Memasukkan Pola Data Secara Instan

Salah satu fitur yang sangat berguna dari aplikasi Excel adalah bisa secara otomatis mengenali pola data. Tapi ada yang jauh lebih baik dimiliki oleh Excel, yaitu kamu bisa memasukkan pola data sendiri ke sel lain. Misalnya, kamu ingin membuat pola bilangan kelipatan 100 seperti gambar di bawah ini.

excel

Untuk mengetik satu per satu, tentu akan membutuhkan waktu yang lama. Dengan Excel, kamu hanya perlu memblok dua data, kemudian menggunakan fill handle. Caranya dengan mengklik dan menahan mouse kiri, tarik sampai dengan data atau sel yang kamu inginkan.

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Cari Tahu Lebih Jauh Tentang Excel di DQLab, Yuk!

Bagaimana, sudah siap mulai bangun kompetensimu melalui Excel? Setelah memahami pembahasannya, kamu bisa mulai mempraktekkannya menggunakan data yang kamu miliki. Excel menjadi salah satu skill wajib yang dibutuhkan perusahaan jika mulai berkarir sebagai praktisi data. Ingin belajar sekaligus mengasah kemampuan Excel? Daftar diri kamu di DQLab.id dan nantikan kejutan menarik dari DQLab untuk bangun kompetensi Excel lebih dalam lagi!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!