PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 5 Jam 14 Menit 50 Detik 

Belajar Data Science DQLab Gratis untuk Bekal Karir Data

Belajar Data Science di Rumah 31-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/dda5836d1f89e8e7d96ce074e76cac08_x_Thumbnail800.jpg

Belajar data science gratis, siapa yang mau? Mempelajari data science tidaklah instan, namun harus harus secara rutin. Selain memahami materinya, kamu juga harus bisa menerapkannya dengan berlatih terus menerus. Ilmu data science merupakan ilmu yang mengkolaborasikan tiga bidang ilmu yaitu matematika, statistika, dan pemrograman yang bertujuan memudahkan pengolahan data dan analisis untuk menemukan informasi yang berguna di balik data. AI dan machine learning juga menerapkan ilmu data science pada teknologinya. 


Data science dapat diterapkan untuk berbagai industri seperti retail, perbankan, kesehatan, food & beverage, dan lain sebagainya. Sehingga kebutuhan akan praktisi data juga masih cukup tinggi. Dengan kesempatan yang terbuka lebar ini, banyak orang mulai belajar data science dan beralih profesi menjadi praktisi data. Yup, hal ini cukup menarik memang. Bukan hanya karena ilmunya yang bisa digunakan berbagai sektor, namun juga karir yang ditawarkan menjanjikan. Belajar data science bisa secara otodidak. Tapi kali ini kita akan cari tahu cara belajar data science gratis ala DQLab untuk bekal karir data bahkan oleh pemula. Penasaran? Yuk, simak dibawah ini!


1. Memahami Data Science Lebih Dalam

Sebelum terjun lebih dalam menggunakan metode atau tools data science, ada baiknya memahami terlebih dahulu data science. Dengan begitu kamu akan tahu pengertian data science, asal-usul data science, tujuan diterapkannya data science, bahasa pemrograman yang digunakan untuk data science, jenis-jenis data pada data science, hingga bagaimana menemukan pola atau informasi yang ada di balik suatu kumpulan data. DQLab menyediakan modul untuk belajar data science secara gratis bagi siapa saja seperti pemula yang tertarik belajar data science. 


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Mulai Belajar Pemrograman

Salah satu ilmu yang termasuk data science adalah pemrograman. Maka wajib hukumnya untuk belajar pemrograman. Bagi yang sudah memiliki background IT mungkin akan lebih mudah mempelajarinya daripada yang sama sekali belum pernah belajar pemrograman. Tapi jangan khawatir. Kamu pasti bisa kok menguasainya dengan rutin berlatih. Dengan belajar data science gratis, kamu akan belajar bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk data science yaitu Python dan R mulai dari dasar. Biasanya yang dipelajari yaitu pengenalan bahasa pemrograman, library yang tersedia untuk data science, bagaimana cara menuliskan kodenya, fungsi-fungsi yang memudahkan pengolahan data science, dan pada kondisi seperti apa fungsi tersebut bisa digunakan. Kamu bisa mengulanginya terus menerus agar tidak lupa dan terbiasa menuliskan kode-kode program baik dengan Python ataupun R. Di DQLab jika kamu mengalami kesulitan menyelesaikan pembelajaran atau modul, kamu bisa bertanya di grup discord. Grup discord ini menghubungkan teman-teman lainnya yang sedang belajar data dan juga mentor data. 


3. Tentukan Waktu dan Tempat Belajar yang Kondusif

Keuntungan belajar data science bareng DQLab adalah fleksibel dalam mempelajarinya. Karena dilakukan secara online, kamu bisa belajar dari mana saja dan kapan saja. Bisa dirumah, coffee shop, perpustakaan, learning center, dan lain-lain. Adapun tips belajar data science yaitu tentukan waktu belajar yang tidak bertabrakan dengan kegiatan lainnya agar dapat fokus pada pembelajaran. Jika belajar dari rumah, kamu bisa atur ruang belajar yang nyaman untuk duduk belajar dalam waktu lama. Sahabat DQ jangan malu bertanya di grup DQLab jika ada kesulitan dalam penyelesaian modul, dan tidak perlu terburu-buru dalam menyelesaikan modul. Pahami dengan baik modul tersebut agar tidak bingung saat pembelajaran modul selanjutnya. 


4. Gabung Komunitas Biar Makin Seru!

Meski secara online, kamu tetap bisa berkomunikasi dengan teman-teman lain yang juga sedang belajar data science. Nah, komunitas ini akan membuat proses belajarmu lebih menyenangkan dan kamu juga bisa lebih bersemangat. Sekarang ini banyak komunitas data science yang bisa kamu ikuti. Disana kamu bisa mendalami ilmu data science bersama para mentor ataupun teman-teman senior di bidang data dan juga memperluas koneksi dengan orang-orang yang sudah terjun di bidang data. Dengan begitu kamu pun bisa menyerap ilmu lebih dan pengalaman-pengalamannya. DQLab juga sering mengadakan webinar ataupun workshop data science yang berkolaborasi dengan mentor data, perusahaan, atau universitas. Stay tune terus di Instagram dan website DQLab supaya tidak ketinggalan informasinya, ya!


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Yuk, Mulai Belajar Data Science dan Bangun Portofolio Data!

Masih bingung mulai dari mana? DQLab bisa jadi solusi belajar data science kamu. Dengan kurikulum yang terstruktur dan up to date akan memudahkan kamu untuk belajar data science dari dasar hingga mahir mengolah data. Banyak juga project dan challenge untuk mengasah kembali kemampuanmu yang disusun oleh mentor data profesional. Ini bisa kamu jadikan portofolio data baik dalam bentuk artikel, video, atau presentasi. Hasil pekerjaanmu boleh juga di upload di media sosial dan tag mentor data terkait. Siapa tahu dapat feedback yang menarik, kan? So, sahabat data jangan ragu. Gabung di DQLab.id sekarang dan dapatkan akses modul gratisnya!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :