[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 22 Menit 0 Detik 

Belajar Data Scientist: 3 Tools Yang Sering Digunakan Oleh Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 15-Maret-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/28743bfe5b5b010959106a5c7779d6f8_x_Thumbnail800.png

Belajar Data Scientist saat ini menjadi kegiatan yang populer. Data scientist adalah salah satu profesi yang banyak dicari. Tanpa disadari, hampir seluruh kegiatan kita berujung menjadi kumpulan data. Jika kumpulan data yang terus bertumbuh tidak diolah dan dibiarkan menumpuk begitu saja, tentu akan merugikan. Padahal dari data-data tersebut bisa diperoleh informasi atau insight yang menguntungkan bagi industri atau instansi agar semakin berkembang. Demi mewujudkannya, dibutuhkan seorang Data Scientist yang cakap dalam mengolah data. Profesi ini juga menawarkan gaji yang tinggi karena dalam pekerjaannya perlu ketelitian dan kemampuan problem solving yang baik. 


Selain mempelajari matematika dan statistik, dalam belajar Data Scientist juga harus mengenal tools-tools yang mendukung pekerjaan data scientist. Masing-masing tools mempunyai fungsi-fungsi yang membantu dalam mengolah data yang menjadi role seorang data scientist. Mempelajari lebih dari satu tools akan sangat membantu dalam mengolah data yang beragam jenis dan bentuknya. Disamping itu juga akan meningkatkan kemampuan adaptasi dalam penggunaan berbagai tools data scientist. Beberapa tools yang sering digunakan oleh data scientist yaitu Microsoft Excel, SAS, dan MATLAB. Yuk, simak pembahasan mengenai tools-tools tersebut satu per satu!


1. Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang berbentuk spreadsheet. Microsoft Excel termasuk dalam package Microsoft Office. Aplikasi ini sudah tidak asing digunakan oleh banyak orang untuk membantu mengolah angka atau sebagai penyimpanan data agar lebih rapi seperti data penjualan, data nilai siswa, dan lain-lain. Merujuk pada fungsi utamanya, data scientist menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah data, melakukan perhitungan statistik, membuat grafik atau plot untuk visualisasi data, hingga analisis data. Microsoft Excel menyediakan fungsi yang cukup lengkap untuk pekerjaan tersebut seperti pilihan formula yang cukup lengkap untuk perhitungan statistik, fungsi data analytics dengan beberapa pilihan metode pengolahannya, pilihan grafik atau plot yang bervariasi, dan masih banyak fungsi lainnya.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. SAS (Statistical Analysis System)

Statistical Analysis System (SAS) adalah tools yang dikembangkan untuk data science khususnya melakukan operasi statistik atau pemodelan statistik. Library yang disediakan juga mendukung dalam melakukan operasi tersebut. Berbeda dengan tools yang bersifat open source, SAS merupakan tools yang bersifat closed source yang artinya tools tersebut berbayar untuk menggunakannya dengan library yang lengkap. SAS masih menjadi tools termahal diantara tools analisis data lainnya sehingga biasanya hanya digunakan oleh industri-industri besar. Sebagian besar negara menggunakan SAS untuk analisis data dan perencanaan keuangan. Indonesia juga menjadi negara yang menggunakan SAS yaitu Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI.


3. MATLAB

MATLAB adalah tools dan bahasa pemrograman yang digunakan data scientist. MATLAB dikembangkan oleh The MathWorks yang mendukung data science khususnya statistik hingga pengembangan user interface. Tools ini unggul dalam melakukan analisis data, komputasi aljabar linear atau matriks, dan pembuatan grafik atau plot untuk visualisasi data yang sangat mendukung. MATLAB juga mudah diintegrasikan ke dalam enterprise dan embedded system yang dapat membantu automatisasi berbagai tugas dalam data science. Namun, penggunaan MATLAB bagi pemula diluar bidang ilmu teknik akan tampak rumit, sehingga biasanya lebih digunakan oleh yang sudah biasa bekerja atau berinteraksi dengan bahasa pemrograman.

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Dita Kurniasari

    Editor : Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!