Cegah COVID-19 dengan Belajar di Rumah dan Bangun Skillset Data Mu bersama DQLab!

Belajar Data Science di Rumah 23-Maret-2020

DQLab sebagai portal edukasi online mendukung gerakan pemerintah dengan belajar di rumah. Walaupun sedang menjalani social distancing kamu tetap bisa produktif dengan mengembangkan skill set untuk memulai karir menjadi Data Engineer meski #dirumahaja.


Untuk menjadi seorang Data Engineer, kamu perlu paham bagaimana caranya menyaring data dalam skala besar untuk menghasilkan suatu insight menarik bagi suatu perusahaan. DQLab berkolaborasi dengan Syarif Hidayatullah, Data Consultant Deloitte Indonesia, dan akan membocorkan kira-kira skill apa saja sih yang dibutuhkan untuk berkarir menjadi Data Engineer?


1. Memiliki Skill Komunikasi yang Baik

Menjadi seorang praktisi data baik itu role Data Analyst, Data Engineer dan Data Scientist, kamu perlu memiliki skill komunikasi yang baik. Mengapa demikian? Sebagai praktisi data kamu dituntut untuk mengkomunikasikan hasil data yang besar menjadi sebuat visual yang menarik dan mudah dipahami oleh stakeholder.


“Data Engineer harus mengerti goal dari Data Analyst dan Data Scientist dan data seperti apa yang mereka harapkan juga sebaliknya, Data Engineer juga harus dapat mengkomunikasikan perihal teknis kepada Data Analyst dan Data Scientist sehingga kedua belah pihak memiliki pandangan yang utuh tentang project yang dikerjakan bersama.” Tutur Syarif.


Baca juga : Cegah COVID-19 dengan Belajar Dirumah? Yuk, Akses DQLab Project dan Raih Kesempatan Berkarir bersama CT Corp Digital


2. Menguasai ETL Tools

Menjadi seorang Data Engineer tentunya harus memiliki dasar dalam ETL Tools. Sebelum itu, apa sih pengertian dari ETL? Extract merupakan proses pemilihan dan pengambilan data dari beberapa sumber. Transform, pada proses ini seorang Data Engineer akan melakukan pembersihan data dari proses extract dari bentuk asli dan disesuaikan dengan kebutuhan data warehouse. Load, proses akhir dimana data dimasukkan ke dalam data warehouse.


“Selain itu, Data Engineer juga harus mampu menguasai ETL Tools.” Tambahnya.


3. Mengenal Dasar Programming 

Tugas utama dari seorang Data Engineer adalah mengolah data dalam skala besar. Dengan demikian seorang Data Engineer dituntut untuk memiliki skill pemrograman. Salah satunya bahasa pemrograman Python. Kamu perlu tahu, Python merupakan bahasa pemrograman yang cocok untuk pemula, lho! Selain itu, kamu juga perlu menguasai dasar dari SQL. SQL mampu menjadi tools yang digunakan dalam pengelolaan database terutama dalam pengolahan website.


Baca juga : Belajar Online di Rumah Bersama DQLab Bisa jadi Praktisi Data? Yuk, Intip 3 Tips dari Member DQLab yang sukses berkarir jadi Senior Data Analyst


Bagaimana, apakah kamu sudah siapkan skillset diatas? Jangan khawatir, kamu tetap bisa mempelajari skill set dengan belajar di rumah! DQLab siap menjadi teman belajar mu untuk memulai karir sebagai Data Engineer.


4. Kembangkan Skill Set Bersama DQLab Project!

Selain kamu produktif karena belajar di rumah, kamu pun memiliki kesempatan membangun portofolio data sebanyak-banyaknya, lho! Akses DQLab Project “Data Engineer Challenge with SQL” dan nikmati promo special DQLab sebesar 75%!


Yuk, akses DQLab Project dan redeem vouchernya sekarang dengan cara sebagai berikut : 

  • Sign in akun aktif DQLab pada platform https://academy.dqlab.id/

  • Pilih menu DQLab Project dan pilih “Data Engineer Challenge with SQL

  • Kamu dapat langsung mengerjakan DQLab Project!

  • Redeem voucher pada menu kiri bawah klik tombol ‘Buy PREMIUM’

  • Pilih akses premium selama 6 atau 12 bulan

  • Masukan kode voucher BELAJARDATADQLAB6 dan BELAJARDATADQLAB12 pada kolom Use Voucher

  • Voucher berlaku dan dapat di redeem pada Tanggal 02 Maret 2020 hingga 31 Maret 2020 pukul 23.59 WIB


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!