Raih Karir Menjadi Data Analyst, Bhaskoro Member DQLab Buktikan Kegigihannya Meski dari Lulusan Teknik Kimia

Raih Karir Menjadi Data Analyst, Bhaskoro Member DQLab Buktikan Kegigihannya Meski dari Lulusan Teknik Kimia

Belajar Data Science di Rumah 02-April-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8096761cc45a0f01afbed29b79239486_100_persen.jpg

“Saya lulusan teknik kimia and I found my passion in data” Ujar Bhaskoro.

Bhaskoro Abdillah Muthohar, seorang member DQLab lulusan Teknik Kimia yang berhasil berkarir menjadi Data Analyst di sebuah industri Fintech Ibu Kota. Bhaskoro membuktikan bahwa siapapun bisa menjadi seorang praktisi data asalkan memiliki keinginan yang kuat dan gigih dalam menekuni belajar.

Member DQLab asal Riau ini mengaku bahwa ilmu kimia yang ia pelajari saat duduk dibangku kuliah kini ia terapkan dalam proses pengolahan data. Cukup banyak materi yang bisa diaplikasikan baik dari statistik maupun aljabar. 

“Di teknik kimia kan ada belajar kalkulus, aljabar dan juga belajar applied statistics (hipotesis testing, anova, chi-square).” Tuturnya.

Namun hal apa ya yang membuatnya memutuskan untuk beralih menjadi seorang praktisi data? Yuk, simak kisah Bhaskoro!

1. Cinta dengan Coding

Bhaskoro yang dahulu memiliki cita-cita sebagai Developer, kini beralih dan menempuh pendidikan Teknik Kimia. Ia mengaku cinta pada data tanpa mengesampingkan program studinya pada saat itu karena menurutnya untuk berkarir di bidang data hal utama yang menunjang adalah kamu berada di bidang STEM apapun jurusannya. 

“Saya cinta banget coding tapi tiap hari tugas nya tentang thermodynamics, mass balance, reactor design etc yang ga ada hubungannya sama coding.”


Baca juga : DQLab Member Highlight: Berkarir Sebagai Data Analyst, Tak Patahkan Semangat Wahyu Mengejar Cita-Cita Jadi “Dosen”


Kecanggihan teknologi pun tidak bisa di pungkiri, kekuatan sosial media menjadi salah satu kunci mengapa Bhaskoro kini mantap menjalani karirnya sebagai Data Analyst. “Hingga suatu hari saya dengerin podcast tentang apa itu data sciences, dan disini saya dapetin kesempatan untuk belajar dan ngerjain apa yang saya cintai tanpa harus keluar jalur dari bidang saya.”


2. Bekerja seperti Detektif

Menurut Bhaskoro, data merupakan suatu hal yang unik dan menantang untuk dipecahkan. Setiap data yang diolah memiliki caranya masing-masing untuk menghasilkan suatu output yang menarik dan berdampak untuk kedepannya. Disinilah Bhaskoro menikmati setiap momennya bersama data.

“Data is unique, every data has a different pattern and should be treated differently.” Tutur Bhaskoro.

“Bekerja di bidang itu seperti jadi detektif: mengumpulkan bukti-bukti, filtering semua bukti itu supaya bukti yang kira-kira ga berguna kita buang, menyimpulkan pola dari bukti-bukti itu dan menarik sebuah deduksi. Berasa jadi Detective Conan deh.” Tambahnya.


Baca juga : Keluar dari Zona Nyaman, Jemy Mustany Siap Hadapi Industri Bermodal Ilmu Data


3. Belajar di Rumah Bersama DQLab

Ketertarikannya pada data membawa Bhaskoro semakin gigih dalam mengulik data. DQLab sebagai salah satu platform edukasi online menjadi salah satu pilihannya sebagai wadah belajar dan menggali potensinya mengenai data.

“DQLab menawarkan kemudahan belajar data dalam bahasa Indonesia.” Ucap Bhaskoro.

“DQLab punya value proposation lebih di banding dengan online course lain. DQLab punya DQLab Career yang menghubungkan langsung student DQLab dengan perusahaan yang butuh tim Data, punya Data Champion yang sangat berguna sekali terutama hasil yang kita kerjain dapat feedback langsung dari Data Practitioner dan kita bisa mengevaluasi diri kita sudah sampai di tahap mana, nah sekarang ada yang baru ya namanya DQLab Project.” Tambahnya.

Ia pun mengaku memiliki kendala dalam memotivasi diri agar terus giat belajar, belajar dan belajar. Bhaskoro memiliki trik tersendiri untuk tetap fokus mengejar mimpinya untuk menjadi seorang praktisi data. 

“Tantangan yang saya hadapi itu belajar sendiri gapunya temen atau kelompok belajar jadi buat stay motivated itu sulit banget.” Tuturnya.

“Lalu saya tinggal di Riau yang ekosistem startup nya itu zero banget jadi ya kesulitannya di komunitas belajar. Nah DQLab ini salah satu yg membantu.” Tutup Bhaskoro.

Bhaskoro terlah membuktikan latar belakang pendidikan apapun mampu untuk berkarir menjadi seorang praktisi data. Kini, saatnya dirimu membuktikannya! DQLab, siap menjadi teman belajarmu di rumah untuk mempersiapkan dirimu menjadi seorang praktisi data idaman perusahaan!

Tunggu apa lagi? Kamu juga bisa mengasah potensi dirimu dengan belajar ilmu data science di rumah bersama DQLab.id sekarang!

4.Mulai Terapkan Ilmunya dengan Belajar Data Science bersama DQLab!

Tertarik berkarir di bidang data? Yuk, bergabung di DQLab! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab. Untuk kamu yang ingin mulai belajar data science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi. 

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Semangat belajar sahabat Data DQLab!


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!