MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 50 Menit 28 Detik 

Belajar Excel dengan Fungsi Text

Belajar Data Science di Rumah 03-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/174a515f09ef5c5cd70c6f4513287fe4_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel merupakan salah satu software pengolah angka yang disajikan berupa lembar kerja (spreadsheet) untuk melakukan pengolahan dan analisis data. Namun, siapa yang menyangka jika Microsoft Excel hanya berkutat pada angka saja. Ternyata, Microsoft Excel juga menyediakan fungsi untuk memudahkan pengguna selain angka. Salah satunya adalah fungsi text yang diaplikasikan pada excel. Fungsi TEXT merupakan salah satu fungsi Excel yang termasuk dalam kategori TEXT. 

 

Fungsi ini digunakan untuk mengubah data numerik (numeric) menjadi teks (String) serta menampilkan dalam format bilangan. Data numerik disini termasuk format tanggal dan waktu. Oleh karena itu, ketika kita butuh merubah format tanggal di excel menjadi text maka kita bisa menggunakan rumus Text excel ini. Dalam penggunaan fungsi Text, kita harus mengetahui kode format seperti kode format bilangan angka, format tanggal, dan format waktu. Bagi kalian yang ingin berkarir di bidang data, fungsi informasi sangat penting untuk menunjang dan upgrade skill Excel kamu. Terlebih, bagi kalian seorang pemula data yang sedang menekuni dunia data dan belajar excel, fungsi ini adalah pilihan yang tepat.

 

Mengacu pada excel, bentuk atau struktur penulisan fungsi TEXT yaitu =TEXT(value; format_text). TEXT menggambarkan nama fungsi dalam excel yang berguna untuk mengubah data numeric menjadi string. Sedangkan value : data numerik atau nilai angka yang akan dikonversi menjadi text. Kemudian format_text : kode format yang menunjukkan bagaimana angka akan ditampilkan dalam format teks excel. 

 

Melalui penggunaan fungsi ini, tentunya akan mempermudah pengguna dalam pengolahan data khususnya karakteristik data yang berbentuk string. Fungsi text ini akan kita sering jumpai ketika kita butuh menggabungkan text dengan sel terformat dan nilai yang ditampilkan adalah nilai aslinya bukan hasil pemformatan tersebut. Dengan demikian, fungsi ini bisa dijadikan referensi untuk belajar excel bagi pemula. 

 

Pada artikel kali ini, DQLab akan mengupas tentang salah satu fungsi yang dapat mempermudah pengguna dalam pengolahan data yaitu fungsi text. Bagi kalian pemula data maupun beginner, jangan lupa pantengin. Pastikan kalian simak artikelnya dan baca selengkapnya sampai habis ya! 


1. UPPER, LOWER, PROPER

Selain untuk memudahkan pengolahan data angka, Excel juga memiliki fungsi untuk memudahkan pengaturan teks. Misalnya dalam suatu tabel ada beberapa kolom yaitu nama dan kontak. Di kolom nama kamu ingin merubah karakter teks sesuai yang diinginkan. Nah, kamu bisa menggunakan salah satu dari ketiga fungsi yang  ada yaitu UPPER, LOWER, dan PROPER. Fungsi LOWER digunakan untuk merubah semua karakter teks menjadi huruf kecil. Sedangkan fungsi UPPER digunakan untuk merubah semua karakter teks menjadi huruf KAPITAL. Kemudian, untuk fungsi PROPER digunakan untuk merubah semua karakter teks menjadi huruf kapital di setiap awal kata. Bentuk karakter berpengaruh loh untuk tampilan tabel agar lebih rapi. Berikut merupakan penggunaan rumus fungsi teks baik fungsi LOWER, fungsi UPPER dan PROPER.

Bentuk umum rumus excel :

LOWER(text)

UPPER(text)

PROPER(text)

Keterangan:

Text = cell yang akan dituju dan digunakan

Berikut adalah contoh penggunaan fungsi LOWER, UPPER, dan PROPER:

excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. CONCATENATE

Rumus CONCATENATE adalah fungsi teks (functional text) yang digunakan untuk menggabungkan teks (string) atau angka. Umumnya, fungsi CONCATENATE sering digunakan untuk menggabungkan tanggal dengan tempat dan membuat rumus terbilang sehingga menjadi satu string. Selain untuk menggabungkan teks, fungsi ini juga dapat digunakan untuk menggabungkan data dari dua cell atau lebih ke dalam satu cell Excel. Fungsi CONCATENATE tersedia hampir di seluruh versi Excel, mulai dari Excel 2007 sampai yang terbaru. Rumus penggunaan CONCATENATE yang diaplikasikan pada fungsi teks Excel:

=CONCATENATE(text1;text2;......)

Catatan:

1.Text1,Text2= teks yang akan digabungkan.

2.text1, [text2], [text3], … adalah teks yang akan digabungkan dalam suatu sel.

3.text dapat ditulis langsung dengan diapit tanda petik ("contoh").

4.text dapat berupa referensi alamat sel yang akan digunakan.

Note: Penggunaan koma (,) atau semicolon (;) dalam FORMULA disesuaikan dengan versi Microsoft Excel dan konfigurasi bahasa pada komputer anda

Berikut adalah penggunaan contoh fungsi CONCATENATE untuk menggabungkan dua kolom di Excel:

excel


3. LEN

Dalam suatu teks terdiri dari beberapa karakter, begitu pula pada Excel. Kita bisa loh menghitung jumlah karakter pada suatu teks di Excel. Fungsi LEN adalah salah satu fungsi Excel dalam kategori fungsi TEXT yang digunakan untuk menghitung jumlah karakter huruf atau teks di excel. Karakter yang dihitung oleh fungsi LEN excel ini termasuk jumlah huruf, angka maupun tanda baca semisal spasi, koma dan titik. Sehingga, meskipun fungsi awalnya digunakan untuk menghitung banyak karakter atau jumlah huruf di excel, fungsi atau rumus excel LEN ini bisa juga digunakan untuk menghitung jumlah karakter angka

Cara menggunakan fungsi LEN adalah sebagai berikut:

LEN(teks)

Keterangan:

Teks = cell yang akan dituju dan digunakan

Berikut adalah contoh penggunaan rumus LEN:

excel


Fungsi LEN juga bisa untuk menghitung jumlah karakter pada data angka. Bedanya untuk data angka tidak perlu diikuti dengan tanda petik jika dituliskan langsung atau data tidak di dalam suatu tabel, contohnya seperti berikut:

excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Belajar Fungsi Excel Lainnya Bersama Module DQLab Yuk!

Menarik bukan fungsi-fungsi yang disediakan Excel? Semakin di kulik, semakin kamu akan menemukan berbagai manfaat yang didapatkan dengan mempelajari Excel. 


Tidak hanya untuk digunakan sehari-hari, memperdalam ilmu Excel juga dapat menjadi bekal untuk menjadi praktisi data. Yup, bener banget. Excel sekarang menjadi salah satu skill yang menjadi nilai tambah untuk berkarir di dunia data. 


DQLab merupakan lembaga kursus data yang menyediakan banyak modul terkait belajar data salah satunya yaitu Excel yang termasuk dalam paket platinum. Dengan mendaftar di DQLab.id kamu akan langsung bisa mengakses modul Free Trial Excel. Setelah itu kamu bisa upgrade ke paket platinum untuk akses lengkap modul Excel bersama mentor data professional.


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!