Buat Akun DQLab & Akses kelas Data Science R, Python, SQL, Excel GRATIS
 SIGNUP GRATIS

Belajar Mencintai Bahasa Pemrograman Lewat Kursus Data Science

Belajar Data Science di Rumah 16-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2d134278b76e3f632e94a3dbeed08742_x_Thumbnail800.jpg

Ngomong-ngomong soal data science, sudah sampai mana nih pengetahuan kalian tentang data science? Tapi sebelumnya, kabar baik bagi kalian nih sahabat DQ yang belum familiar tentang data science. Memasuki bulan Februari berarti tandanya bulan kasih sayang dong. Kasih sayangnya kita ke sahabat DQ ditunjukkan melalui bahasan tentang belajar mencintai data science. 


Terus kalian pastinya bertanya-tanya apa sih data science itu. Kita tahu sendiri bahwa dalam mencintai seseorang akan ada banyak tahapan yang harus kalian lalui. Salah satunya adalah tahapan PDKT atau tahap pendekatan. Begitu juga dengan kalian nih sahabat DQ, ketika kalian adalah seorang pemula yang mulai belajar dan mengenali data science pastikan untuk pendekatan dulu. Paling tidak kalian juga harus tahu terlebih dahulu apa itu data science. Biar kalian gampang banget untuk mencintainya. 


Secara definisi, Menurut Urban Institute, data science merupakan keterampilan yang membutuhkan ilmu komputer, pemrograman, teknologi, dan statistik yang berada di luar rangkaian pelatihan standar bagi peneliti ilmu sosial. Data science juga tidak jauh-jauh dari keberadaan bahasa pemrograman.


Setidaknya ada tiga bahasa pemrograman dan satu software yang kalian harus PDKT-in nih sahabat DQ untuk belajar data science. Ada bahasa pemrograman R, Python dan SQL plus Excel sebagai salah satu software andalan praktisi data. Python, R dan SQL menjadi bahasa pemrograman dan tools yang sangat direkomendasikan para praktisi data senior bagi pemula karena selain penggunaannya yang mudah. Ketiga bahasa pemrograman dan tools tersebut juga bersifat open source atau terbuka untuk publik. Python dan R memiliki sintaks yang sederhana, sehingga kamu dapat dengan mudah paham ketika mempelajari bahasa pemrograman ini. 


SQL juga menjadi salah satu kompetensi khusus yang perlu dimiliki setiap calon talent data agar siap bersaing di industri data masa kini! Apalagi sekarang banyak kursus-kursus data science yang justru mempermudah tahapan kamu untuk mencintai dan mengenali lebih dalam belajar data science pastinya. Kira-kira sudah siap belum nih untuk belajar mencintai bahasa pemrograman bersama DQLab? Kali ini DQLab akan bagikan khusus untuk kamu! 


Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas tentang bahasa pemrograman data science dan software excel. Pastinya sahabat data DQLab penasaran apa saja bahasa-bahasanya. Pastikan simak baik-baik dan keep scrolling on this article guys!


1. Bahasa Pemrograman R

Bahasa pemrograman R merupakan bahasa pemrograman yang diaplikasikan khusus untuk pengolahan data dan analisis statistik. R biasa digunakan untuk keperluan akademis apalagi biasanya banyak diperlukan dalam pengujian statistik karena tersedia banyak library yang bisa diakses oleh user ketika melakukan analisis statistik. Jika kalian familiar dengan software SPSS, nah kebetulan bahasa pemrograman R ini hampir mirip dengan bahasa atau aplikasi yang ada di software SPSS. Cuma memang yang membedakan adalah bahasa pemrograman saja. User setidaknya bisa pelan-pelan kalian pelajari karena bahasa pemrograman R ini merupakan bahasa pemrograman yang wajib dipakai ketika kalian menjadi seorang data scientist.

data science


Apalagi dalam bahasa pemrograman R, lebih cepat dipelajari oleh awam data atau pemula yang baru belajar data. R juga diakses secara gratis dan open source yang artinya tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk mengunggah software pengolahan data. Jika kalian pengen tahu dengan bagaimana bahasa pemrograman R bekerja? Kebetulan di DQLab ada modul yang bisa membantu kamu untuk mempraktekkannya. Salah satu modul yang bisa kalian coba adalah Introduction to Data Science with R.


Disana kalian belajar lebih banyak tentang fungsi R, formula coding yang bisa digunakan, studi kasus dan lain-lain. Kalau kalian penasaran dengan modulnya, langsung aja ceki-ceki disini. Kalian bisa mulai untuk belajar mencintai bahasa pemrograman R dengan mempelajari modul DQLab karena bahasanya yang mudah dipahami dan user-friendly banget.


Baca juga: Rekomendasi Modul Data Science Cocok Untuk Pemula Data


2. Bahasa Pemrograman Python

python

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan. Python selalu dipuji karena kehebatannya mampu menaklukkan dan menempati posisi tiga teratas dengan bahasa pemrograman paling populer di setiap tahunnya. Tak heran, jika Python pantas menyandang predikat tersebut karena bahasa pemrograman Python mudah untuk dipelajari oleh berbagai kalangan. Mulai dari siswa, mahasiswa, pekerjaan yang berbasis IT, bahkan pekerjaan di ranah industri data seperti data scientist, data analyst maupun data engineer. Python memiliki kelebihan karena open source, mudah diakses, kompatibel di berbagai media baik Windows, Linux bahkan MacOS. Python juga biasanya dipakai dalam berbagai proses dalam data science seperti data mining, data wrangling, machine learning, pembuatan aplikasi, Artificial Intelligence dan lain-lain. 


Pengen belajar bahasa Pemrograman Python? Tapi kalian bingung harus mulai dan belajar dari mana? Kebetulan di DQLab ada modul yang cocok banget nih untuk membantu kamu untuk mempraktekkannya. Salah satu modul yang bisa kalian coba adalah Introduction to Data Science with Python. Disana kalian belajar lebih banyak tentang library Python, formula coding yang bisa digunakan, studi kasus (jika ingin lebih banyak pengen tahu) dan lain-lain. Kalau kalian penasaran dengan modulnya, langsung aja ceki-ceki disini.


3. Bahasa Pemrograman SQL

Structured Query Language atau SQL adalah bahasa kueri yang dirancang untuk membantu dalam pengambilan dan mengelola informasi pada sebuah database. Untuk yang masih pemula dalam dunia IT, biasanya diartikan sebagai bahasa yang digunakan untuk mengakses sebuah data dalam basis relasional. Terkait dengan standarisasi SQL sudah ada sejak tahun 1986 dan diinisialisasi oleh ANSI (American National Standard Institute). Hingga sekarang, banyak sekali server yang dapat mengartikan SQL, baik dari database maupun software. 


data science


Dengan menggunakan SQL, maka kita dapat mengakses database dengan menuliskan beberapa perintah sesuai dengan kueri yang telah ditetapkan. Misalnya saja, anda dapat membuat, menambahkan, mengupdate, dan menghapus basis data, tabel, dan beberapa informasi yang tidak dibutuhkan sistem. Jika kalian ingin tahu dengan bagaimana bahasa pemrograman SQL ini gimana? Kebetulan di DQLab ada modul yang bisa membantu kamu untuk mempraktekkannya. Salah satu modul yang bisa kalian coba adalah Fundamental SQL with SELECT. Disana kalian belajar lebih banyak tentang konsep dasar dari bahasa pemrograman SQL, formula coding yang bisa digunakan, quiz dan lain-lain. Kalau kalian penasaran dengan modulnya, langsung aja ceki-ceki disini.


4. Formula Excel 

data science

Tidak dapat dipungkiri, jika sekarang ini Excel telah digunakan di hampir seluruh bidang pekerjaan manapun. Apapun jabatannya dan apapun posisinya, Excel akan selalu digunakan kapanpun dan dimanapun. Terbukti dengan adanya kehadiran excel mampu menggeser spreadsheet lainnya sehingga excel didapuk menjadi salah satu software andalan dari berbagai industri. Sebagai seorang pemula di bidang data, paling tidak kamu harus tahu apa saja fungsi-fungsi dasar yang dimiliki oleh Microsoft Excel. Seperti bagaimana caranya menjumlahkan total, rata-rata, menghitung rekapan penjualan, serta formula dasar lainnya. 


Terlebih lagi, kini Excel menjadi salah satu skill yang harus dikuasai oleh kandidat pelamar kerja karena sekarang Excel menjadi sebuah requirements khusus untuk masuk ke dunia kerja. Pengen mengasah kemampuan kamu sedalam apa sih menguasai Microsoft Excel? Cobain aja quiz basic tesnya dari DQLab, free guysss! Kamu juga bisa loh cobain Modul Platinum Excel untuk mengasah kemampuan excel kamu biar lebih oke lagi dan bisa diakses tanpa batas. 


Baca juga:  Ketahui Tipe Algoritma Data Science dalam Data Mining


5. Belajar Mencintai Bahasa Pemrograman Bersama DQLab Yuk!

Ngomong-ngomong soal mencintai, sudah sampai mana nih tahap mencintai kalian? Bosan dengan janji-janji manis mulu? Bilang cinta tapi bilang doang ga ada aksinya? Yuk wujudkan rasa cinta kamu bersama DQLab dengan mencintai bahasa pemrograman! Kini Sahabat Data DQLab sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena sekarang telah tersedia roadmap pembelajaran yang telah dirancang khusus oleh data mentor yang pastinya berpengalaman di ranah industri data.


Mulai dari Tech Company Industries maupun perusahaan-perusahaan lain. Apalagi kalian juga bisa akses modul-modul lengkap kalau kamu sudah subscribe jadinya kamu bisa menjadi lebih siap dengan perbekalannya menjadi seorang Data Scientist. Dengan belajar data science di DQLab sekarang tidak perlu install software lagi. Kamu bisa langsung belajar dari sekarang karena dataset yang telah disediakan sudah sudah terintegrasi dengan live code editor. 


data science


Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik dan cobain berlangganan bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya.


Banyak benefit yang tentunya bisa kalian dapetin kalau join belajar di DQLab. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. So, tunggu apalagi, yuk belajar mencintai bareng-bareng bersama DQLab. Buruan SIGNUP Sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!