PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 26 Menit 41 Detik 

Belajar Mengolah Tipe Data List dalam Python

Belajar Data Science di Rumah 02-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8ae54eea56cedc260662515196de962a_x_Thumbnail800.jpg

Dalam bahasa pemrograman Python, ada banyak sekali tipe data yang biasanya digunakan oleh Data Enthusiast untuk melakukan pengolahan data. Namun dari sekian banyak tipe yang ada, tipe data list dalam Python adalah tipe yang paling sering digunakan. Pada Python, list merupakan tipe data yang dapat memuat banyak nilai. Dalam bahasa pemrograman lain mungkin lebih familiar dengan sebutan array.


Ciri utama dari tipe data list pada bahasa pemrograman Python adalah adanya urutan atau list yang ada di dalam data. Nantinya setiap elemen-elemen berurutan akan diberikan nomor posisi. Indeks pertama dalam list adalah nol. Kemudian indeks kedua dalam list disebut satu, indeks ketiga dalam list disebut dua dan lain-lain.


Belajar Python terbilang susah-susah-gampang karena membutuhkan ketelitian tingkat tinggi serta kemampuan logika untuk membuat coding yang tepat. Bagi kamu yang penasaran dengan bagaimana cara melakukan operasi tipe data list dalam bahasa pemrograman Python. Langsung aja yuk, simak selengkapnya melalui artikel berikut ini sahabat DQLab!


1. Tipe Data List dalam Python

List merupakan tipe data yang ditulis secara berurutan dimana bisa berisi lebih dari satu tipe data, serta dapat diubah (mutable) dan memungkinkan adanya data duplikat. Tipe data list diawali dengan tanda kurung siku buka ( [ ) dan ditutup dengan kurung siku tutup ( ] ).


Sementara untuk memisahkan setiap elemen di dalamnya dapat dilakukan dengan menggunakan tanda koma ( , ). Agar lebih paham contoh penggunaan list, kita langsung praktek yuk! 


Misalkan kita ingin membuat list yang berisi tipe data string, numeric, dan juga boolean, kita bisa langsung menuliskan di dalam tanda kurung siku dan dipisahkan oleh tanda koma, seperti berikut:

python


Untuk menampilkan hasil dari list yang sudah dibuat, kita bisa menggunakan perintah print(), hasilnya adalah sebagai berikut:

python

Selain itu, kita bisa juga hanya menampilkan data tertentu saja dengan memanggil data sesuai dengan indeks nya, misalkan kita hanya ingin memunculkan data pertama, maka kita bisa memanggil indeks 0 karena di Python perhitungannya dimulai dari 0.

python

Maka hasilnya adalah:

python


Baca juga: Dasar Coding Python dengan Fitur Live Code DQLab


2. List dengan Tipe Data Numerik

Numerik merupakan salah satu tipe data yang paling banyak digunakan, khususnya jika kita bekerja menggunakan data terstruktur. Data numerik adalah data yang berisi angka, baik satuan, belasan, puluhan, ratusan, ribuan, hingga jutaan. Berikut adalah cara membuat list dengan data numerik:

python


3. List dengan Tipe Data String

Yang dimaksud dengan tipe data string adalah data yang berisi karakter atau huruf. Untuk membuat list dengan data string, selain menggunakan tanda koma kita membutuhkan tanda petik (“ “) sebagai pemisah data. Berikut adalah contoh membuat list dengan data string:

python


4. Cara Merubah Tipe Data List Menjadi Array

Dalam Python, array dan list digunakan untuk menyimpan data sebagai struktur data. Struktur data ini dapat digunakan untuk iterasi dan pengindeksan. Array merupakan struktur data yang dapat menyimpan berbagai macam item yang bersifat tidak unik, yang artinya boleh terdapat dua data yang sama di dalam satu array. 

Salah satu keunggulan array adalah memungkinkan operasi matematika yang lebih baik dibandingkan dengan list. Jika ada operasi tertentu dalam pemrograman yang memerlukan perubahan list menjadi array, ini bisa banget dilakukan dengan Python. Kita bisa menggunakan fungsi Python yaitu Numpy untuk mengkonversi list menjadi array.


Sintaksnya yaitu numpy.array() dan numpy.asarray().

python

Dengan code tersebut, list yang ada telah diubah menjadi array. Contoh fungsi numpy.asarray() seperti berikut:

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


Ingin belajar Python secara otodidak? Atau kalian pemula di bidang data ingin memperdalam skill baru seputar Data Science? Kini Sahabat DQ dapat mengakses DQLab dan tidak perlu bingung lagi. 


Karena dengan belajar Data Science di DQLab, sahabat DQ tidak perlu install software Python loh. Kamu bisa langsung belajar dari sekarang karena dataset yang telah disediakan sudah sudah terintegrasi dengan live code editor.


Jika kamu penasaran dengan Data Science dan ingin belajar Data Science secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya di DQLab.id dan lakukan Sign Up untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar Data Science. 


Akses juga free module Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python untuk menguji kemampuan Data Science kamu secara FREE!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :