2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 13 Jam 58 Menit 22 Detik

Belajar Tips Cara Menggunakan AI ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 24-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-09-2024-04-24-155110_x_Thumbnail800.jpg

Sekarang sedang hangat-hangatnya diperbincangkan oleh banyak orang mengenai chatbot yang mampu menjawab berbagai macam pertanyaan manusia. Teknologi ini bernama Chat GPT, sekarang Chat GPT sudah banyak sekali digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Chatbot ini berasal dari salah satu perusahaan generatif AI, yaitu Open AI yang sudah menjadi alat bantu bagi sebagian besar orang dengan konten-konten yang relevan. Chat GPT juga sudah menjadi alat yang sangat berguna dalam berbagai macam jenis konteks.


Tetapi, tidak bisa kita pungkiri bahwa ada beberapa jawaban yang diberikan oleh Chat GPT yang terkadang kurang memuaskan bagi sebagian pengguna. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa macam faktor, seperti kurangnya update informasi pada Chatbot ini. ataupun model yang masih kurang memahami beberapa jenis konteks tertentu. Nah, maka dari itu, disini kita akan melihat beberapa tips bagaimana cara menggunakan Chat GPT ini untuk memberikan jawaban dari pertanyaan kita. Mari kita simak artikelnya!


1. Buatlah Instruksi yang Jelas Kepada Chat GPT

Tips pertama menggunakan Chat GPT ini adalah membuat instruksi jelas kepada Chat GPT. Ketika kalian membuat sebuah pertanyaan usahakan menggunakan instruksi yang jelas. Kalian bisa coba untuk memberikan contoh dan juga tentukan batas katanya.


Membuat instruksi yang jelas kepada Chat GPT ini adalah salah satu kunci untuk bisa mendapatkan jawaban yang lebih optimal dan sesuai. Sebisa mungkin kalian hindari pertanyaan yang terlalu umum dan berikan konteks yang cukup agar chatbot ini bisa memahami permintaan kalian dengan baik.

Artificial Intelligence


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Selalu Memberikan Teks Referensi

Dengan memberikan teks referensi bisa menjadi salah satu tips menggunakan Chat GPT ini dengan tepat. Memberikan teks referensi adalah salah satu strategi cerdas dalam membuat pertanyaan Chat GPT menjadi lebih efektif. Terkadang model bahasa juga bisa memberikan jawaban tidak sesuai permintaan dari sang pengguna, terutama yang memiliki keterkaitan dengan kutipan atau URL. Dengan menyertakan informasi tambahan yang relevan, kalian bisa memberikan model sebuah panduan yang lebih konkret untuk merespons dan menjawab. 


3. Buatlah Perintah Sederhana

Membuat perintah yang kompleks cenderung memiliki tingkat kesalahan lebih tinggi, dibandingkan dengan tugas yang lebih sederhana. Sehingga tips menggunakan Chat GPT dengan lebih efektif bisa coba untuk membuat perintah sederhana saja. Hindarilah penggunaan kalimat terlalu rumit atau terlalu panjang dan fokuslah pada kejelasan dan kesederhanaan dalam memberikan instruksi. Perintah sederhana bisa memudahkan model untuk mengidentifikasi tujuan atau tugas yang diminta tanpa kebingungan. 

Artificial Intelligence


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Biarkan Chat GPT Untuk Berpikir Sebelum Menjawab

Tips selanjutnya adalah berikan waktu beberapa saat untuk Chat GPT menjawab pertanyaan kalian. Memberikan waktu ekstra untuk chatbot lebih berpikir sebelum memberikan jawaban bisa menjadi langkah bijak dalam membuat perintah Chat GPT secara tepat. Model ini memiliki kapasitas untuk merespons dengan baik ketika diberikan kesempatan untuk memproses informasi dengan lebih mendalam. Maka, dari itu ketika memberikan sebuah perintah, berikanlah waktu cukup sebelum menuntut jawaban yang instan kepada Chat GPT ini.


Pertajam skill data kamu dengan mengikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner untuk kuasai AI agar lebih mahir di bidang Excel. Self learning menyenangkan tanpa khawatir overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login