PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 20 Jam 54 Menit 5 Detik 

Benefit Eksplorasi Data dengan Excel Apa Saja, Sih?

Belajar Data Science di Rumah 10-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2c0c1be4447d1b398809aa8142fcaf10_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft  Excel  merupakan software spreadsheet yang sangat powerful dikelasnya, tanpa harus memakan banyak space di RAM PC jika dibandingkan dengan software lainnya yang cukup berat. Microsoft excel sangat populer digunakan di bidang akademik dan juga perkantoran untuk melakukan pengolahan data-data. Microsoft  Excel  juga menyediakan banyak fungsi, dan rumus dasar excel hingga advanced serta shortcuts yang bisa digunakan untuk meningkatkan fungsionalitasnya. Oleh karena itu, excel masih menjadi andalan di berbagai kalangan untuk melakukan eksplorasi data. 


Antarmuka microsoft excel yang user friendly dan juga file .xls kompatibel di berbagai program lain membuat excel masih menjadi andalan untuk semua berbagai profesi ataupun kegiatan akademisi. Selain itu juga, microsoft excel memiliki format yang paling populer dan fleksibel diantara berbagai software spreadsheet serupa lainnya. Yuk, simak benefit apa saja yang kita dapatkan dari tools Excel untuk proses eksplorasi data!


1. Menggunakan Conditional Formatting untuk Eksplorasi Data di Excel

  • Pilih cell D2 kolom Temperature. Tekan secara bersamaan ctrl+alt (arah bawah). Pada menu Ribbon Home pilih Conditional Formatting pilih Color Scales & more rules. Format Style : 2-Color Scale Minimum : Type Lowest Value & Color White Maximum : Highest Lowest Value & Color Red Klik Ok


Excel

  • Pilih cell E2 kolom Rainfall. Tekan secara bersamaan ctrl+alt (arah bawah). Pada menu Ribbon Home pilih Conditional Formatting pilih Data Bars & Gradient Fill : light blue data bar.


Excel


  • Pilih semua nilai pada kolom Sales, kemudian klik Conditional Formatting pilih Top/Bottom Rules & Top 10%. Kemudian akan muncul kotak perintah Top 10%, pilih Green Fill with Dark Green Text dan klik OK.  

  • Kemudian scroll ke bawah sehingga muncul sebagai berikut:

Excel


  • Pilih kembali semua nilai pada kolom Sales, kemudian klik Conditional Formatting pilih Top/Bottom Rules & Bottom 10%. Kemudian akan muncul kotak perintah Bottom 10%, pilih Light Red Fill with Dark Red Text dan klik OK. 


Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja

 

2. Manfaatkan Filter Data

Filter data menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk dicoba agar kita bisa menonjolkan data tertentu. Dalam beberapa keadaan, meskipun datanya sudah diringkas dalam bentuk summary dari Pivot, terkadang kita juga butuh untuk melihat satu per satu dari data yang ada.


Excel

Dengan adanya fitur filter yang disediakan Excel, hal tersebut dapat terwujud dengan lebih mudah. Tidak hanya itu, Excel juga menyediakan fitur Slicer yang fungsinya sama dengan filter hanya saja dalam bentuk yang lebih interaktif. Kamu bisa menggunakan kedua hal tersebut untuk membuat visualisasi yang ada semakin jelas.


3. Bagan dan Visualisasi di Power View Excel

Cara menggunakan Power View yang pertama adalah membuat tabel. Pastikan Power View sudah terinstall ya. Langkah-langkah membentuk tabel yaitu sebagai berikut:

  • Klik nama tabel yang dapat kamu cari di toolbar Field List. Power View akan menampilkannya dalam bentuk default.

  • Perluas tabel di Fields Section yang ada di Field List.

  • Pilih Fields Section Only dengan bentuk satu kolom.

  • Klik tanda panah yang ada di Fields Section dan sematkan tabel.

  • Klik, drag, dan seret Fields dari Fields Section untuk field design section.

  • Klik dan seret Fields dari Fields Section ke desain visualisasi yang diinginkan.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


4. Benefit Explorasi Data di Excel

Selain dapat digunakan untuk contoh-contoh yang telah dipaparkan diatas. Adapun benefit lain penggunaan excel untuk eksplorasi data seperti dapat memudahkan dan mempercepat proses transform dan cleaning data sehingga lebih produktif dan efisien untuk mengolah data, serta yang terpenting adalah memudahkan untuk proses visualisasi data. 


Tunggu apalagi buruan gabung sesi live class bersama DQLab. Selain materi tentang visualisasi dan storytelling data kamu juga akan mendapatkan materi Excel lainnya mencakup teknik filtering, rumus Excel sederhana dan advance, bahkan melakukan data explorasi dengan menggunakan dataset Drama Korea, lho. Menarik banget kan?

Excel


Yuk, gunakan waktu weekend kamu untuk upgrade skill data science bersama mentor-mentor DQLab yang kompatibel dibidangnya.Selain itu materi dan video recording yang dapat diakses selamanya membuat belajar kamu makin fleksibel. Caranya mudah cukup:

  • Klik Tombol Daftar Sekarang

  • Selesaikan Pembayaran Melalui Midtrans

  • Kamu akan mendapatkan instruksi untuk mengikuti kelas selambatnya 24 jam setelah pembayaran (mohon cek email & whatsapp untuk informasi lebih lanjut)

  • Hubungi CS DQLab di wa.me/6281399253075 jika mengalami kendala atau belum mendapatkan konfirmasi setelah melakukan pembelian.



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :